15 Ide Lomba 17 Agustus Terpopuler 2022, Anti Mainstream!

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Ide lomba 17 Agustus- Kemeriahan hari kemerdekaan identik dengan perlombaan.  Biasanya lomba 17-an juga sangat beragam, mulai dari panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya. Tapi, apa kamu sedang mencari ide lomba 17 Agustus yang tidak bisa?

Kamu membuka artikel yang tepat! Kali ini KitaLulus akan kasih kamu rekomendasi apa saja lomba 17 Agustus yang anti mainstream yang beda dari yang lain. Coba simak sampai habis, ya!

Ide Lomba 17 Agustus Unik dan Berbeda

Agar keseruan 17 Agustus kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tentu kamu perlu menambahkan beberapa lomba 17 Agustus yang tidak biasa.  Berikut ini beberapa rekomendasi ide lomba 17 Agustus yang bisa kamu coba.

1. Karaoke Sambil Mengangkat Barbel

Lomba 17 agustus unik

Selain anti mainstream, lomba satu ini dijamin bikin kamu ngakak. Jika lomba karaoke sudah biasa, nah agar anti mainstream bagaimana kalau mic-nya kamu digantungkan pada sebuah barbel. Lalu, untuk bisa bernyanyi, peserta perlu mengangkat barbel hingga sejajar dengan mulut mereka.

Tertarik untuk mencobanya? Selesai lomba pasti peserta sudah punya badan seperti ade rai.

2. Lomba Sepeda Lambat

lomba 17 agustus anti mainstream

Kalau biasanya mereka yang tercepat adalah yang menang. Nah, kali ini bagaimana kalau kita balik menjadi yang terlambatlah yang akan menang.

Di lomba ini, peserta dengan sepedanya akan berusaha selambat mungkin dan tidak terjatuh untuk sampai ke garis finish.

Kamu bisa membagi lomba ini dalam beberapa babak, dan setiap babaknya bisa diikuti oleh 5 sampai 10 peserta.

3. Tisu Angin

Ide lomba 17 Agustus anti mainstream ini sekaligus melatih fokus dan kesabaran. Aturan lomba ini sederhana, pemain harus mempertahankan tisu agar tidak jatuh ke tanah dengan cara meniupnya sampai ke garis finish. Jika tisu tersebut jatuh maka peserta tersebut gugur.

4. Lilin Halang Rintang

ide lomba 17 agustus sekolah

Ide lomba ini juga tidak kalah serunya. Peserta harus menjaga api pada lilin untuk terus menyala selama mereka melalui berbagai halang rintang sampai ke garis finish. Jika api tersebut mati, maka peserta harus kembali ke titik awal perlombaan dan begitu seterusnya sampai durasi habis.

5. Topi Kerucut

ide lomba 17 agustus lucu

Dalam perlombaan ini, para peserta akan diminta untuk mengambil objek sesuai yang diarahkan. Tapi tidak semudah itu, karena mereka akan dipakaikan topi berbentuk kerucut, sehingga membuat pandangan mereka terbatas. Di sinilah keseruannya, pasti ada saja peserta yang salah ambil.

6. Tiup Bola Pingpong

ide lomba 17 agustus tiup pingpong

Lomba sepak bola pasti sudah mainstream, bagaimana kalau kita berinovasi sedikit dengan menggantinya dengan lomba tiup bola pingpong?

Cara bermainnya hampir sama dengan sepak bola, di mana peserta harus memasukkan bola ke gawang. Tapi, bukan dengan cara ditendang melainkan di tiup. Peserta yang paling banyak dapat membobol gawang lawan yang akan menang.

Jika ingin mengadakan lomba ini, yang kamu butuhkan hanya gawang yang terbuat dari kertas, papan sebagai arena dan bola pingpong.

Lomba 17 Agustus Kreatif untuk Dilakukan di Kampung

Ingin mengadakan lomba 17-an yang kreatif? Coba beberapa ide berikut ini!

1. Lomba Make Up Mata Tertutup

ide lomba 17 agustus untuk ibu ibu

Lomba satu ini cocok nih diikuti oleh ibu-ibu yang pengen jadi MUA. Lomba ini akan menantang para peserta untuk merias wajah peserta lainnya dengan keadaan mata ditutup. Nah, bagaimana jadinya tuh? Coba sendiri aja.

2. Lomba Lepasin Karet dari Wajah

ide lomba 17-an lucu dan unik

Ide lomba 17 Agustus ini pasti bikin kamu dan para hadirin yang hadir terpingkal-pingkal.

Jadi, peserta akan ditantang untuk menurunkan karet dari wajah mereka sampai leher. Nah, tentu dibutuhkan gerakan wajah dan ekspresi yang tidak biasa untuk bisa melakukannya. Dengan usaha totalitas peserta untuk mengeluarkan karet tersebut, pasti mereka yang menonton akan tertawa terbahak-bahak.

3. Lomba Makan Kerupuk Sambil Tarik-Tarikan

Lomba 17 Agustus kampung unik

Lomba makan kerupuk mungkin sudah biasa, nah gimana kalau kita tingkatkan kesulitannya menjadi makan kerupuk sambil tarik-tarikan. Bagaimana aturan mainnya?

Jadi panitia akan menyiapkan sebuah meja yang di atas nya sudah diletakkan kerupuk. Kemudian, para peserta akan diikat badannya dengan sarung. Mereka harus berusaha maju mendekati meja masing-masing untuk bisa menghabiskan kerupuk.

4. Memindahkan Air dengan Spon

lomba 17 agustus berkelompok

Ide lomba 17 Agustus lainnya yang bisa kamu coba adalah memindahkan air dengan spon. Agar lebih menantang, berikan waktu kepada peserta misalnya 3 menit.

Sebagai panitia, kamu akan menyiapkan air di dalam sebuah baskom. Nah, nantinya peserta harus memindahkan semua isi air tersebut ke baskom lainnya dengan menggunakan spon.

Berikan jarak antara baskom setidaknya 1 meter. Peserta yang mampu memindahkan air paling banyak maka dia keluar menjadi pemenangnya.

Ide Lomba 17 Agustus di Kantor

lomba 17 agustus di kantor

Ingin menyemarakan acara 17-an dengan mengadakan lomba di kantor? Nih, beberapa lomba asik dan seru yang bisa menambah kekompakkan kamu dan tim.

1. Musical Chairs

Lomba ini mungkin sederhana, tapi pasti menyenangkan. Kamu bisa mengajak rekan dari tiap divisi untuk mengirimkan perwakilannya.

Dalam permainan ini, akan diputarkan sebuah lagu, lalu ketika lagu berhenti, peserta harus berebut untuk dapat duduk di kursi kosong tersebut. Peserta yang tidak kebagian kursi dinyatakan gugur dan tersingkir.

2. Fashion Show Bertema 17 Agustus

Ide lomba yang bisa diadakan di kantor kedua adalah mengadakan lomba berbusana. Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh karyawan di kantor. Mereka harus datang ke kantor dengan berpakaian sekreatif mungkin namun tetap dengan unsur semangat 17 Agustus.

3. Tebak Gambar

Lomba ini bisa kamu adakan dengan membentuk beberapa tim yang terdiri dari 5 sampai 7 orang. 

Orang terdepan harus menggambar sesuai dengan apa yang diinstruksikan panitia. Kemudian, peserta lainnya harus menggambar ulang dengan waktu singkat dan menyampaikannya kepada orang di belakangnya.

4. Menghafal Benda Kantor

Lomba ini sangat mudah, yang dibutuhkan hanyalah benda-benda kecil yang ada di sekitar ruang kantor.

Nantinya, para peserta diminta untuk menghafal benda-benda tersebut dalam waktu singkat, kemudian peserta harus harus menuliskannya. Peserta yang mampu menyebutkan daftar barang terbanyak dan benar akan keluar sebagai pemenang.

5. Lomba Hula Hoop

Lomba 17 Agustus di kantor satu ini juga sangat seru. Alat yang kamu perlukan hanyalah beberapa buah hula hoop.  Jadi buat beberapa tim yang terdiri dari 5 sampai 7 orang. Lalu, minta mereka untuk berbaris sambil berpegangan tangan untuk memindahkan hula hoop. Nah, selama proses memindahkan hula hoop antara peserta satu dan lainnya, tangan mereka tidak boleh lepas.

Nah, itu dia ide-ide lomba yang bisa kamu coba untuk memeriahkan 17 Agustus kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah keseruan acara kemerdekaan kamu.

Semangat 17 Agustus semoga juga mengobarkan semangat kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

Tidak perlu bingung, di KitaLulus kamu bisa menemukan 50.000 lowongan dari berbagai industri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Semua lowongan gratis dan terjamin aman.

Tunggu apalagi? Yuk, bangun karirmu dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up