Jangan Salah, Ternyata Begini Cara Bilang Selamat Berbuka Puasa dalam Bahasa Inggris

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Selamat berbuka puasa bahasa inggris– Bulan puasa menjadi momen yang paling pas untuk kita mempererat tali silaturahmi, salah satu caranya adalah mengirimkan ucapan selamat berbuka. Memberi ucapan bahasa Indonesia mungkin sudah mainstream, kamu bisa coba berikan ucapan selamat berbuka puasa bahasa Inggris. 

Namun, saat kamu ingin memberikan ucapan selamat berbuka dalam bahasa Inggris, pastikan lagi penggunaan kata dan struktur kalimatnya tepat. Jika tidak ingin bingung-bingung, intip yuk bagaimana ucapan yang benar beserta contoh ucapan selamat berbuka puasa bahasa Inggris di bawah ini!

Bagaimana Ucapan Selamat Berbuka Puasa Bahasa Inggris yang Benar?

ucapan selamat berbuka yang benar dalam bahasa Inggris

Apakah kamu salah satu yang sering mengucapkan selamat berbuka puasa bahasa Inggris dengan "Happy breakfasting" hingga "Happy fast-breaking!".  Atau bahkan,  secara harfiah mengartikannya dengan "Happy open fasting".

Ada baiknya kamu tidak lagi mengucapkannya, kenapa? Karena dalam aturan bahasa Inggris, semua ucapan itu kurang tepat.

Jika secara gramatikal, fast-breaking mungkin istilah yang masih dianggap benar bila berfungsi sebagai frasa benda. Coba lihat contoh ini, "How was your fast breaking?" ini masih tepat karena fast breaking disana berposisi sebagai kata benda. 

Atau, kamu juga bisa menggunakan frasa kerja seperti "Let's break the fast!"

Namun, kamus besar Oxford dan Cambridge tidak menggunakan keduanya dalam aturan pengucapan berbuka puasa. Native speaker di negara-negara berbahasa Inggris lebih umum menggunakan istilah “iftar” untuk menjelaskan berbuka puasa.

Jadi, jika kamu ingin mengucapkan selamat berbuka puasa, kamu bisa mengucapkannya dengan "Happy iftar!" atau "Enjoy your iftar meal!" ini akan terasa jauh lebih tepat secara gramatikal.

Kata iftar sendiri punya makna “Ramadan dinner” atau makan malam di bulan Ramadan dalam bahasa Arab. Jadi mulai sekarang, kamu bisa gunakan kata "iftar" untuk memberikan ucapan selamat berbuka puasa bahasa Inggris, ya.

BACA JUGA: Apakah Cuti Lebaran 2022 Ada? Simak Informasi Lengkapnya Di Sini!

Kata-kata Ucapan Selamat Berbuka Puasa Bahasa Inggris

Contoh cara mengucapkan selamat berbuka puasa dalam bahasa Inggris

Di atas, kamu sudah tahu bagaimana mengucapkan selamat berbuka dalam bahasa Inggris yang tepat. Tapi, jika kamu tidak ingin repot-repot merangkai kata-kata ucapan untuk dikirim kepada rekan kerja, klien, atau kolega kamu bisa menggunakan kata-kata ucapan berikut ini:

  • Happy Iftar. May Allah accept your fast and continue to bless you in life. (Selamat berbuka puasa. Semoga Allah menerima puasa Anda dan mendapatkan berkah dalam hidup)
  • Iftar Mubarak. I pray and hope Allah showers you and your family with His gracious blessings this sacred month of Ramadan. (Selamat berbuka puasa. Saya berdoa semoga Allah melimpahkan Anda dan keluarga dengan rahmat-Nya di bulan suci Ramadan ini)
  • May your fasting today bring you the best your heart wants. Have a happy Iftar with your family. (Semoga puasamu hari ini memberikan yang terbaik yang diinginkan hatimu. Selamat berbuka puasa bersama keluarga)
  • Happy Iftar! I pray that this time brings numerous blessings to you and your family. (Selamat berbuka puasa! Saya berdoa semoga kali ini membawa banyak berkah bagi Anda dan keluarga)
  • The most awaited moment during fasting in Ramadan is the Iftar moment. Happy Ramadan Iftar! (Momen yang paling ditunggu saat berpuasa di bulan Ramadan adalah momen buka puasa. Selamat berbuka puasa Ramadan!)
  • Fasting tests our patience, and Iftar provides us with immense blessings! Happy Iftar Mubarak! (Puasa menguji kesabaran kita, dan buka puasa memberi kita berkah yang luar biasa! Selamat Berbuka Puasa Mubarak!)
  • Wishing everyone a very happy iftar. I hope Allah blesses you and your family all with happiness throughout the month of Ramadan. (Selamat berbuka puasa untuk semuanya. Saya berharap semoga Allah memberkahi Anda dan keluarga Anda semua dengan kebahagiaan sepanjang bulan Ramadan)

Itulah cara mengucapkan selamat berbuka bahasa Inggris yang benar serta kata-kata ucapan yang bisa kamu kirim ke teman, klien, atau juga kolega.

Sambil nunggu waktu buka puasa, kamu bisa lho ngabuburit sambil melamar pekerjaan tanpa keluar rumah. Caranya gampang, cukup instal aplikasi KitaLulus di HP sekarang!

Yap, di aplikasi KitaLulus kamu bisa #LebihMudah menemukan lowongan pekerjaan hanya lewat HP. Ada ribuan lowongan dari berbagai industri yang tersebar di 15 kota di Indonesia. Bukan cuma lowongan, buat kamu yang masih kurang PD ngadepin tes psikotes, kamu juga bisa latihan di aplikasi KitaLulus. Kerenkan? Yuk, download aplikasinya, sekarang!

Close Pop up