30 Ucapan Perpisahan Rekan Kerja dan Atasan yang Berkesan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Di mana ada pertemuan, di situ ada perpisahan. Tidak terkecuali di perusahaan, akan ada saatnya di mana kita ditinggalkan oleh rekan kerja yang resign atau pensiun. Untuk itu, kita bisa memberikan kata-kata ucapan perpisahan rekan kerja yang berkesan.

Dengan memberikan kartu ucapan perpisahan rekan kerja bisa menjadi solusi kenang-kenangan yang murah meriah.

Lalu bagaimana cara memberi ucapan perpisahan rekan kerja? Ingin tahu tipsnya? Yuk, simak penjelasan yang sudah dirangkum di bawah ini.‍‍

Tips Menyampaikan Ucapan Perpisahan

Tips Menyampaikan Ucapan Perpisahan

Menyampaikan ucapan perpisahan kepada rekan kerja atau atasan menjadi salah satu hal penting yang dilakukan sebelum berpisah. Hal yang biasanya dilakukan pada saat perpisahan adalah makan-makan, memberi farewell gift, hingga memberi kartu ucapan farewell.

Tidak hanya untuk menunjukkan apresiasi atas waktu dan kerja sama yang sudah dilalui, memberikan kata ucapan perpisahan rekan kerja juga bisa membantu kamu untuk saling menjaga hubungan profesional dan personal di masa mendatang.

Berikut tips menyampaikan ucapan untuk teman yang resign agar tidak merasa canggung.

1. Pilih Kata yang Tepat

Pilihlah kata-kata yang tepat untuk diucapkan di kartu ucapan perpisahan teman kerja. Pilih kata-kata yang sekiranya akan membuat rekan kerjamu merasa tersentuh dan tidak melupakan kerjasama kalian selama di perusahaan lama.

2. Stop Bahas Masalah Kantor

Selain menggunakan kata-kata yang tepat, sebaiknya kamu tidak membahas masalah kantor saat mengucapkan perpisahan. Berikan kesan terakhir yang baik untuk rekan kerjamu.

3. Beri Ucapan yang Bermakna

Tips selanjutnya dalam menyampaikan ucapan untuk teman yang resign adalah dengan memberi kata-kata yang bermakna. Ucapkan dan/atau tuliskan kata-kata penyemangat dan motivasi agar rekan kerjamu merasa dihargai.

4. Lakukan Acara Perpisahan dengan Baik-baik

Jika kalian bertemu pertama kali di kantor dengan baik-baik, maka lakukan acara perpisahan juga dengan baik-baik. Kamu juga bisa menuliskan pesan untuk tetap selalu menjaga silaturahmi.

Baca juga: Punya Niat Resign Kerja? Ini Alasan Anti Drama dan Gimana Buat Surat Pengunduran Diri

Cara Menyampaikan Ucapan Perpisahan Teman Kerja dan Atasan

Cara Menyampaikan Ucapan Perpisahan Teman Kerja dan Atasan

Nah, setelah kamu mengetahui tipsnya, sekarang saatnya kamu mengetahui cara menyampaikan ucapan perpisahan untuk atasan maupun teman kerja. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti di antaranya:‍

1. Kartu Ucapan

Memberikan kartu ucapan perpisahan merupakan salah satu bentuk kenang-kenangan yang praktis dan murah meriah. Selain itu, kartu ucapan juga bisa menjadi barang memorabilia bahwa kalian pernah bekerja sama.

Sampaikan ucapan terima kasih, bentuk dukungan, dan selamat tinggal. Jangan lupa tuliskan doa dan harapan untuk kesuksesan rekan kerjamu di tempat baru.

2. Email

Selain memberikan kartu, kamu juga bisa mengirimkan ucapan perpisahan kerja lewat email. Ucapan ini bisa kamu kirimkan sehari sebelum atau di hari rekan kerjamu keluar dari perusahaan.

Kelebihan mengirimkan email dibandingkan kartu ucapan adalah bisa dikirimkan ke banyak orang. Selain bisa menjangkau banyak rekan kerja, email juga bisa menjadi cara lain agar kalian tetap berhubungan.

3. Sampaikan Secara Langsung

Tidak sempat mengirim email atau memberikan kartu ucapan perpisahan teman kerja? Jangan khawatir, kamu masih bisa menyampaikannya secara langsung, kok.

Tentunya kamu harus meluangkan waktu untuk menyampaikan ucapan farewell kepada rekan kerjamu. Cara ini cocok dilakukan jika ada rekan kerja terdekatmu yang keluar dari perusahaan. Tentunya diiringi dengan dukungan, doa, dan harapan.

4. Adakan Acara Perpisahan

Kamu juga bisa mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan, lho! Misalnya dengan acara makan malam bersama, foto-foto, atau sekedar hang out bersama.

Di acara farewell ini biasanya banyak yang memberikan hadiah perpisahan, kartu ucapan, dan masih banyak lagi. Hal ini juga bertujuan untuk pengingat bahwa kedekatan kalian tidak akan berhenti meskipun sudah tidak lagi bersama.

Kumpulan Contoh Ucapan Perpisahan Rekan Kerja

Kumpulan Contoh Ucapan Perpisahan Rekan Kerja

Kamu masih belum menyusun kata-kata ucapan perpisahan untuk teman yang resign?

Tenang, berikut ini ada beberapa contoh ucapan perpisahan rekan kerja yang bisa kamu jadikan referensi.

Ucapan Perpisahan Kepada Rekan Kerja:

  1. Semoga kamu berlayar dengan lancar dan disertai jalan yang penuh suka cita. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan.
  2. Jika pengunduran diri ini membawamu menuju kesuksesan, aku akan berbahagia. Karena kamu pantas mendapatkan yang terbaik dan kamu layak menjadi yang terbaik.
  3. Perpisahan menyimpan rasa manis dan pahit. Pahit untuk perpisahaan saat ini, dan manis untuk kerinduan di masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan dalam waktu singkat.
  4. Prinsip kita selalu “bisnis adalah bisnis”, dan “profesional adalah mutlak”. Namun dibalik semua itu, kepribadian bersahaja dan kekeluargaan menjadi dasar hubungan profesional kita.
  5. Waktu yang kita lewati bersama sangat luar biasa! Terima kasih atas semua bantuan dan dukungan selama bekerja di sini.
  6. Senang bisa mengenal kalian semua. Maafkan segala kesalahan saya selama ini. Semoga kalian sukses terus.
  7. Walau berat ditinggalkan rekan kerja terbaik sepertimu, aku akan mencoba ikhlas. Mari kita jaga silaturahmi kita agar tetap langgeng.
  8. Meski kita sudah berbeda tempat kerja, tapi jangan lupakan saya, ya.
  9. Saya ingin mengucapkan terima kasih telah menjadi teman kantor yang menyenangkan dan selalu membantu saya. Semoga lancar untuk karir barumu di tempat lain.
  10. Aku adalah orang beruntung karena memiliki teman kerja yang menginspirasi sepertimu. Terima kasih atas kenangan indahnya.
  11. Selamat atas pekerjaan barumu! Good luck!
  12. Kami pasti akan rindu dengan ide-ide cemerlangmu.
  13. Harapanku semoga rekan kerjamu di kantor baru sama menyenangkannya seperti aku. Semoga sukses, ya!
  14. Terima kasih untuk semuanya. Kami pasti akan merindukanmu.
  15. Kamu adalah rekan kerja yang sudah kuanggap seperti sahabat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Ucapan Perpisahan untuk Atasan:

  1. Terima kasih karena sudah mau meluangkan waktunya untuk membimbing karyawan biasa seperti saya ini sehingga bisa menjadi lebih cepat tanggap dan berkembang. Sekali lagi, terima kasih.
  2. Perpisahan merupakan bagian dari roda kehidupan. Walaupun berat, saya ucapkan perpisahan kepada mentor terbaik saya yang sudah berperan besar untuk membuat saya seperti saat ini. Semoga kita selalu dapat menjalin tali silaturahmi.
  3. Bapak/ Ibu adalah mentor yang sangat hebat. Saya berharap Anda tak pernah lelah untuk terus mendidik karyawan agar menjadi lebih baik. Semoga lancar di tempat yang baru.
  4. Saya sangat bersyukur bisa kenal Anda di perusahaan ini. Anda mengajarkan banyak hal kepada saya, terutama dalam memanajemen waktu. Semoga kita bisa bertemu di lain kesempatan.
  5. Terima kasih banyak karena bos sudah memberi kesempatan saya untuk bekerja bersama tim Anda. Saya berharap kita bisa tetap berhubungan.
  6. Jujur saya sangat senang dan nyaman bekerja dengan Anda. Semoga sukses di tempat yang baru.
  7. Selamat atas jabatan barunya, Bu. Jangan lupakan kami di sini, ya.

Ucapan Perpisahan Rekan Kerja dalam Bahasa Inggris

  1. You’ll be missed. Good luck with your new career!
  2. I’m so happy for you! Well done on getting your amazing new job.
  3. You did it! congrats on the new role, you’re going to do great!
  4. About time you got off your arse and found a job.
  5. Welcome to the world of work. This is the rest of your life now. Enjoy!
  6. You may be no longer be my mentor or supervisor, but you’ll continue to be my friend and best person. Good luck with your new career.
  7. We wish you boundless success wherever you go.
  8. I’ve really enjoyed working with you. Good luck with your new job.

Kartu Ucapan Perpisahan Rekan Kerja

Sudah menentukan mau menulis apa di kartu ucapan perpisahan rekan kerja? Jika sudah, kini saatnya kamu memilih desainnya.

Kamu juga bisa membeli kartu ucapan di toko buku terdekat atau membeli di e-commerce. Jika kamu jago desain, kamu bisa buat sesuai seleramu sendiri. Jadi lebih praktis dan tentunya hemat biaya.

Berikut beberapa desain kartu ucapan perpisahan rekan kerja. Di antaranya:

Contoh desain 1:

Desain 1

Desain kartu ucapan perpisahan rekan kerja ini cocok untuk kamu berikan kepada rekan kerja terdekatmu. Katakana pada mereka bahwa suasana kantor tidak akan sama lagi tanpa kehadirannya.

Contoh desain 2:

Contoh desain 2

Kalau desain yang kedua ini bisa kamu berikan untuk rekan kerjamu yang sangat bawel dan/atau jutek. Katakan pada mereka bahwa tanpa suara bawelnya yang khas, suasana kantor menjadi berbeda.

Kartu ucapan perpisahan 3:

Kartu ucapan perpisahan 3

Desain selanjutnya bisa kamu berikan untuk rekan kerjamu yang mendapatkan peluang bagus di perusahaan lain. Katakan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan itu jahat. Hehehe.

Kartu ucapan perpisahan rekan kerja 4:

Kartu ucapan perpisahan rekan kerja 4

Desain kartu ucapan perpisahan ini bisa kamu berikan kepada mentor, atasan, atau supervisor. Tentunya dengan berbagai ucapan perpisahan dari rekan satu tim atau mungkin satu lantai. Buat kartu ucapan perpisahannya semenarik dan semeriah mungkin.

Contoh kartu ucapan farewell 5:

Contoh kartu ucapan farewell 5

Nah, desain kartu ucapan perpisahan rekan kerja yang satu ini lebih personal. Kamu bisa menuliskan apa yang ingin kamu sampaikan kepada rekan kerja terdekatmu dengan kartu ucapan perpisahan bernama ini.

Satu lagi nih desain yang bisa kamu berikan ke rekan kerja paling dekat. Sebab, maksud dari ucapan perpisahannya adalah gurauan. Jangan sampai salah kasih, ya!

Demikian kumpulan ucapan perpisahan rekan kerja dan atasan yang bisa kamu gunakan.

Kalau kamu juga ingin mencari peluang kerja baru, kamu bisa cek di aplikasi KitaLulus. Kamu nggak perlu takut bakalan di ghosting sama HRD. Karena kamu akan terhubung langsung dengan WhatsApp HRD perusahaan yang kamu lamar.

Selain itu, KitaLulus juga sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa lho! Tunggu apalagi, download aplikasi KitaLulus dan dapatkan pekerjaan impianmu sekarang juga!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.