Apa Itu Morning Person, Manfaat, Cara Menjadi Salah Satunya

Annissa Manystighosa
Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

Isi Artikel

Pernah dengar istilah morning person? Morning person adalah orang yang identik dengan aktivitas di pagi hari. Misalnya olahraga, sekolah, bekerja, dan lainnya. Apakah kamu salah satunya?

Ternyata ada banyak manfaat menjadi morning person, lho. Artikel di bawah ini telah merangkum sejumlah manfaatnya dan cara menjadi morning person. Yuk simak ulasannya!

Apa Arti Morning Person?

Morning person adalah seseorang yang menyukai rutinitas bangun pagi dan memulai hari lebih awal. Orang-orang ini merasa setelah bangun tidur energinya penuh sehingga siap melakukan kegiatan di pagi hari.

Sedangkan kebalikan dari morning person adalah night owl. Tipikal ini justru merasa lebih bersemangat berkegiatan di malam hari, bahkan menjelang pagi.

Dilansir dari Sleep Foundation, faktor yang bisa mempengaruhi kecenderungan seseorang menjadi morning person atau night owl adalah sirkadian atau siklus alami tubuh dan genetik.

Manfaat Menjadi Morning Person

Manfaat Menjadi Morning Person

Memang bangun di pagi hari bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi mahasiswa atau karyawan yang sering perlu menyelesaikan tugasnya sampai larut malam.

Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa manfaat menjadi morning person. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Produktivitas Meningkat

Manfaat pertama dari morning person adalah meningkatkan produktivitas. Contohnya Tim Cook sebagai CEO Apple mulai mengirim email kantor di pagi hari jam 4.

Sedangkan Leo Babauta, founder Zenhabits terkenal sebagai morning person karena melakukan aktivitas di pagi hari dengan membaca sambil sarapan.

Namun, kamu tidak harus terburu-buru mengikuti kebiasaan orang-orang itu. Menjadi morning person datang dari dalam diri, bukan sebuah keterpaksaan.

Dua tokoh di atas hanyalah contoh generalisasi bahwa orang yang memulai hari lebih awal mampu lebih produktif dan mendapat dukungan mental yang lebih positif.

Kamu juga bisa membuat daftar tugas harian yang diprioritaskan, sehingga dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat.

2. Meningkatkan Rasa Disiplin dalam Diri Sendiri

Disiplin diri adalah kebiasaan yang sulit untuk dipupuk. Menetapkan aturan untuk diri sendiri termasuk hal yang umum, tetapi tidak semua orang bisa menjalankannya.

Salah satu ciri-ciri morning person adalah disiplin. Ini dikarenakan perlu motivasi yang kuat untuk dapat memulai hari lebih awal dengan semangat.

Cobalah mulai secara perlahan. Nantinya setelah terbiasa, kamu dapat memperkuat kemauan dan disiplin diri.

3. Lebih Semangat dan Berenergi

Selain kedua poin di atas, manfaat menjadi morning person adalah membuat kamu jadi lebih semangat dan berenergi. Pasalnya, kamu akan punya waktu untuk memperbaiki dan menerapkan rutinitas pagi yang lebih sehat.

Misalnya kamu bisa olahraga dulu, membaca, menulis jurnal harian, meditasi, dan sebagainya. Hal ini tentu saja dapat menambah rasa semangat dan energi kamu sehingga lebih siap dalam menjalani hari. Kamu pun bisa fokus dalam beraktivitas lantaran memulai hari tanpa gangguan.

Baca Juga: 20 Kata-Kata Motivasi Kerja Terbaik, Bikin Semangat dan Produktif!

4. Meningkatnya Kebahagiaan

Lebih bahagia dengan diri sendiri jika tidak menunda-nunda pekerjaan di pagi hari dan langsung memulai aktivitas juga termasuk manfaat menjadi morning person.

Sederhananya, jika kamu memulai hari lebih awal, kamu memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaan. Oleh karena itu, perasaan puas dan bahagia akan meningkat.

Selain itu, kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang terdekat untuk duduk bersama atau jalan-jalan.

5. Fisik dan Mental Lebih Sehat

Dilansir dari Insider, manfaat menjadi morning person adalah memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Bangun pagi dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan mental.

Karena kamu terbiasa bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, badan akan terasa lebih bugar dan tidur pun lebih nyenyak.

Baca Juga: 10 Kegiatan Minggu Produktif Biar Lebih Siap Menghadapi Senin

Cara Menjadi Morning Person

Cara Menjadi Morning Person

Karena banyaknya manfaat yang didapat dengan menjadi morning person, tidak ada salahnya kamu coba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut cara menjadi morning person:

1. Atur Waktu Tidur Kamu

Jika sebelumnya kamu cenderung tidur larut malam, cobalah atur waktu tidur menjadi lebih awal. Jika kamu ingin mendapatkan waktu tidur 7 hingga 9 jam yang disarankan, sebaiknya hindari tidur di atas jam 10 malam.

Meskipun cukup sulit pada awalnya, lambat laun kamu akan beradaptasi. Selain itu, hindari konsumsi kafein dan batasi bermain gagdet sebelum tidur.

2. Biarkan Cahaya Mentari Menembus Jendela Kamar

Mendapatkan sinar matahari pagi dapat mengatur ulang jam internal tubuh kamu. Jadi, pastikan gorden yang menutupi jendela kamu terbuka agar sinar matahari dapat masuk ke kamar kamu di pagi hari.

3. Pastikan Alarm Berada di Luar Jangkauan Tangan

Jauhkan alarm jika kamu ingin menjadi morning person. Saat mereka berbunyi, kebanyakan orang akan mengklik tombol snooze. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan menyebabkan rasa kantuk saat bangun.

Jadi, gunakan alarm yang tidak bisa kamu matikan dengan mudah dari tempat tidur. Dengan begitu, otak akan terangsang aktif dan mencegah kamu tidur lagi.

4. Lakukan Peregangan Ringan Setelah Bangun Tidur

Berikutnya cara menjadi morning person adalah lakukan peregangan ringan setelah bangun tidur. Selain itu, berolahraga di pagi hari dapat memberi kamu dorongan energi untuk menjalani banyak aktivitas.

5. Konsisten

Menjadi morning person adalah suatu hal yang memang tidak mudah, kamu harus konsisten melakukan rutinitas yang teratur.

Tidur larut malam sesekali mungkin tak menjadi masalah, tetapi jangan terlalu sering karena dapat mengganggu ritme tubuhmu. Kamu akan sulit menjadi morning person jika rutinitas waktu tidurmu kacau.

6. Sesuaikan Waktu Makan Malam dan Waktu Tidur 

Terakhir cara menjadi morning person adalah usahakan untuk menyesuaikan jam makan dengan waktu tidur. Jika ingin tidur dan bangun lebih awal, hindari makan malam mendekati jam tidur. Kemudian jangan mengonsumsi kafein yang jaraknya terlalu dekat dengan waktu tidur.

Itulah penjelasan tentang pengertian, manfaat, dan cara menjadi morning person. Ciri-ciri morning person biasanya cocok dengan pekerjaan kantor yang mengharuskan otak fokus pada jam-jam krusial.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan yang cocok dengan tipikal morning person, gunakan aplikasi KitaLulus. Sebagai platform pencarian kerja teraman di Indonesia, KitaLulus memiliki puluhan ribu loker yang bisa kamu lamar secara gratis.

Terlebih lagi tak ada batasan jumlah lamaran setiap harinya, jadi kamu dapat menyebar CV sebanyak yang kamu mau. Yuk tingkatkan peluang mendapat kerja bersama KitaLulus! Download aplikasinya sekarang juga!

Baca Juga: Yuk, Coba Pengembangan Diri untuk Menggali Potensi Diri yang Berguna Bagi Karirmu!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up