Bingung Kerja Pakai Laptop Atau Komputer? Ini 7 Perbedaan yang Harus Kamu Tahu

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Perbedaan laptop dengan komputer– Apakah kamu masih bingung mau memilih laptop atau komputer kebutuhan sehari-hari? Sudah paham belum tentang perbedaan laptop dengan komputer?

Perbedaan laptop dengan komputer tidak hanya terletak dari fisiknya saja. Tetapi juga dari segi harga, fungsional, hingga cara penggunaannya. Jika kamu bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer, sebenarnya lebih mudah laptop.

Tapi tenang, KitaLulus sudah merangkum perbedaan laptop dengan komputer untuk kamu yang masih ragu. Langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Laptop Lemot? Ini 6 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik 2022

Pengertian Laptop dan Komputer

Pengertian laptop dan komputer

Sebagai generasi yang lahir di tengah-tengah canggihnya teknologi, tentu kamu familiar dengan laptop dan komputer, bukan? Sebagian orang menganggap pengertian laptop dan komputer adalah untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Secara singkat, laptop atau komputer jinjing adalah sebuah komputer pribadi yang memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan dibawa kemana saja.

Sedangkan komputer adalah sebuah alat teknologi yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Perangkat keras ini dibuat memang untuk membantu memudahkan berbagai pekerjaan manusia.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan karyawannya. Tetapi mereka juga menyediakan laptop sebagai fasilitas tambahan. Sehingga karyawannya masih bisa bekerja dimanapun mereka berada.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Keyboard Laptop Eksternal & Tips Memilihnya

7 Perbedaan Laptop dengan Komputer yang Harus Kamu Tahu

perbedaan laptop dan komputer dari segi harga

Sejatinya, laptop adalah bentuk minimalis dari komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Pada dasarnya, cara kerja dan sistem operasi yang dimiliki kedua alat elektronik ini adalah sama.

Perbedaan laptop dengan komputer yang paling signifikan adalah bentuknya. Komputer memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan laptop.

Nah, untuk kamu yang masih ragu ingin pilih laptop atau komputer, berikut beberapa perbedaan laptop dengan komputer yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu:

1. Mobilitas

Perbedaan laptop dengan komputer yang pertama adalah mobilitas. Laptop memiliki komponen bawaan yang sudah menyatu dengan perangkat kerasnya. Hal ini tentu membuat laptop lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dibandingkan komputer.

Sedangkan komputer tidak bisa dibawa kemana-mana. Hal ini karena komputer membutuhkan terminal untuk tetap bisa terhubung dengan perangkat keras pendukung lainnya seperti keyboard, mouse, speaker, dan lain-lain.

2. Power

Perbedaan laptop dengan komputer yang kedua adalah power atau daya. Pada dasarnya, laptop memiliki baterai bawaannya yang bisa diisi ulang dimanapun dan kapanpun. Bahkan bisa tetap digunakan meskipun tidak diarusi listrik.

Lain halnya dengan komputer yang masih membutuhkan arus listrik untuk tetap menyala dan dapat digunakan. Jika dibandingkan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi power, tentu laptop lebih unggul.

3. Kecepatan

beda laptop dan komputer dari segi kecepatan

Kecepatan menjadi perbedaan laptop dengan komputer selanjutnya. Jika kamu mencari yang memiliki kecepatan dan bisa bekerja dengan program software yang berat, maka sebaiknya kamu memilih laptop.

Bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer untuk penggunaan game dan produksi video, komputer jauh lebih unggul dari laptop. Sebenarnya, laptop juga bisa digunakan untuk bermain game atau produksi video. Hanya saja tidak terlalu cepat dan sewaktu-waktu bisa lemot.

4. Spesifikasi

Jika kita berbicara mengenai perbedaan laptop dengan komputer, maka spesifikasi tidak boleh lewat. Pada umumnya, spesifikasi laptop lebih rendah dibandingkan komputer.

Hal ini bisa dilihat dari kecepatan, ruang penyimpanan, ukuran, hingga portabilitas. Jika kamu ingin mencari laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, maka kamu harus bersiap merogoh kocek yang tidak sedikit.

5. Ukuran Layar

Perbedaan laptop dengan komputer berikutnya terletak pada ukuran layar. Umumnya, komputer memiliki layar monitor yang lebih besar dibandingkan laptop. Jika kamu memilih laptop dengan layar yang besar, maka kamu juga harus bersiap dengan membawa beban yang lebih berat.

6. Ruang Penyimpanan

Satu lagi perbedaan laptop dengan komputer adalah ruang penyimpanan. Jika kamu menginginkan ruang penyimpanan untuk data dan memori lainnya yang lebih besar, maka kamu bisa memilih komputer.

Sedangkan laptop memiliki ruang penyimpanan yang tidak begitu banyak. Jika ingin lebih banyak, kamu bisa membeli drive tambahan sebagai ruang penyimpanan eksternal. Jika bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer dari segi ruang penyimpanan, maka komputer lebih unggul.

7. Harga

Perbedaan laptop dan komputer yang terakhir adalah dari segi harga. Faktanya, rata-rata harga komputer lebih mahal dibanding laptop. Akan tetapi, harga laptop juga bisa menyamai atau bahkan lebih tinggi dari komputer jika spesifikasinya sangat tinggi.

Jika kamu bekerja di bidang non-teknologi atau tidak butuh instal aplikasi berat, bekerja dengan laptop seharga Rp3 juta - Rp7 juta sudah cukup kok. 

Itulah penjelasan terkait perbedaan laptop dengan komputer. Kamu bisa bandingkan cara penggunaan laptop dan komputer tergantung pada kebutuhan kamu. Jika kamu ingin yang mudah dibawa kemana-mana, maka laptop adalah jawabannya. Namun jika kamu menginginkan yang memiliki spesifikasi tinggi, maka komputer adalah pilihannya.

Nah, kalau kamu mau mencari kerja di KitaLulus, kamu bisa membukanya lewat ponsel, laptop, atau komputer, lho. Di KitaLulus kamu bisa mencari banyak pekerjaan yang sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Kalau dari ponsel, kamu tinggal download aplikasi KitaLulus di Play Store dengan gratis. Lengkapi profil kamu dan lamar banyak pekerjaan yang tersedia. Bersama KitaLulus, melamar pekerjaan menjadi #LebihMudah karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Close Pop up