10 Buku Self Improvement Recommended Buat Support Karir!

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Rekomendasi buku self improvement Semua orang pasti ingin mengembangkan dirinya lebih positif lagi. Salah satu kegiatan yang bisa membantu kamu melakukannya adalah membaca buku self improvement. Beruntungnya, sekarang rekomendasi buku self improvement sudah banyak, jadi kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Tapi, jika kamu belum tahu apa saja buku pengembangan diri yang patut kamu baca. Tenang saja, KitaLulus sudah siapkan rekomendasi buku-buku self improvement terbaik untuk kamu. Cek di bawah ini, ya!

Rekomendasi Buku Self Improvement Pendukung Karir

Buku self improvement adalah salah satu genre buku yang wajib kamu pertimbangkan untuk dibaca. Mengapa demikian? Hal ini karena buku ini bisa membantu kamu untuk berpikir lebih kritis, mengevaluasi diri, dan mendorong kamu untuk lebih baik.

Di bawah ini rekomendasi buku self improvement terbaik yang wajib kamu baca.

1. Tak Apa-Apa Tak Sempurna - Brene Brown

rekomendasi buku self improvement

Dalam menjalani kehidupan ini kita pasti pernah gagal, patah hati, bahkan merasa begitu susah untuk bangkit. Bukan hanya itu, kita juga pasti pernah merasa kalau kita tidak bisa apa-apa, kemampuan kita masih kurang, tidak layak, dan mengecap diri sendiri rendah.

Jika kamu pernah atau sedang merasakan hal itu, cobalah baca buku ini. Buku karya Brene Brown ini menjelaskan ketidaksempurnaan bukan hal buruk. Kita tidak perlu terlalu memikirkan apa kata orang mengenai diri kita.

Sebaliknya, Brene Brown mengajak pembacanya untuk perlahan belajar menerima kekurangan diri dan memeluknya, apapun yang terjadi.

Buku ini masuk dalam buku paling laris versi New York Times dan sangat direkomendasikan di Goodreads. Apakah kamu tertarik membacanya?

2. The 7 Habits of Highly Effective People- Stephen Covey

Buku self improvement untuk karir

Di buku ini, Stephen Covey selaku penulis menjelaskan tujuh kebiasaan baik yang umumnya dilakukan orang-orang sukses. Sebagai pembaca kamu akan diajak untuk mengikuti tujuh kebiasaan baik ini supaya mencapai apa yang kamu inginkan dalam hidup.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Meningkatkan Value Diri?

3. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

review buku berani tidak disukai

Buku ini memaparkan kepada pembacanya tentang ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalankan hidupnya melalui percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda.

Di dalam buku ini kamu juga akan menemukan jawaban mengenai fenomena di Jepang yaitu mengisolasi diri di kamar hingga bertahun-tahun.

Buku ini terdiri dari lima bab, di mana tiap babnya kamu akan belajar memahami bagaimana masing-masing dari kita bisa dan mampu menentukan arah hidup, bebas dari trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Kamu akan mendapatkan panduan bagaimana cara memanfaatkan diri sendiri, mencintai diri, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak penting.

4. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness - Fellexandro Ruby

buku tentang quarter life crisis

Jika kamu sedang berada di masa quarter life crisis, membaca buku ini akan sangat cocok untukmu. Buku You Do You membahas tentang quarter life crisis yang bagi sebagian orang terasa sangat menakutkan.

Buku ini disampaikan dengan pembahasan yang mudah dipahami dan ilustrasi menarik membuat kamu bisa paham pesan yang disampaikan dalam buku ini dengan mudah.

Semua hal mengenai kehidupan anak muda mulai dari kegalauan karier, keuangan, sampai hubungan semuanya dibahas tuntas dalam buku ini. Ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil termasuk fakta bahwa kebahagiaan yang sebenarnya datang dari diri sendiri, bukan orang lain.

5. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

review buku the subtle art of not giving a fuck

Panggilan untuk semua yang suka overthinking! Menurut penulis buku ini, Mark Manson, cuek dan masa bodoh merupakan salah satu cara agar kita bisa mengembalikan ekspektasi dan memilih mana hal penting dalam menjalankan hidup. Banyak fenomena-fenomena masa kini yang bikin kamu merasa relate di buku ini.

Mark Manson juga memberikan banyak tips bagaimana kamu bisa mendapatkan kebahagiaan dan hidup lebih baik. Ditulis dan diterjemahkan dengan bahasa yang asyik, rekomendasi buku self improvement satu ini menjadi paling fenomenal dan terkenal.

6. Filosofi Teras - Henry Manampiring

rekomendasi buku self improvement terbaik

Buku satu ini menjadi buku self improvement yang mega best seller dan memenangkan penghargaan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. 

Dengan gaya penyampaian yang menarik, buku ini akan membantu kamu menerapkan hidup ala stoisisme. Penyampaian dalam buku ini sangat menyenangkan dan ringan sampai-sampai membuat kamu tidak sadar kalau buku yang kamu baca ini membicarakan filsafat.

Filsafat Stoic sendiri akan membantu kamu untuk mengatasi emosi negatif dan memiliki mental yang lebih tangguh dalam menghadapi dinamika kehidupan.

7. Merawat Luka Batin - Dr. Jiemi Ardian

review buku merawat luka batin

Seperti luka fisik, luka batin juga harus dirawat dan disembuhkan. Tapi sayangnya masuk banyak yang belum tahu bagaimana caranya merawat luka batin.

Nah, Dr. Jiemi Ardian seorang psikiatri sekaligus penulis, lewat bukunya "Merawat Luka Bantin" membagikan ilmu tentang cara menyembuhkan luka batin. Ia mengaitkan luka batin dengan cara berpikir. Ternyata, pola pikir yang selalu positif tidak cukup.

Lewat buku ini, penulis mengajak kita lebih mengenal depresi dan gangguan jiwa. Ia membahas lengkap tentang depresi, baik secara definisi, penyebab, dampak, hingga penyembuhannya.

Selain itu, di buku ini juga menyinggung tentang mitos-mitos gangguan jiwa yang masih dipercaya masyarakat.

Buku ini sangat wajib dibaca siapa saja, terutama untuk mereka yang ingin mengenal lebih jauh tentang depresi dan mereka yang ingin mendampingi orang depresi.

8. Atomic Habits - James Clear

buku self improvement terbaik 2022

Ternyata, kebiasaan kecil yang kita lakukan dapat menjadi hal yang mendatangkan pengaruh besar pada kehidupan. Itulah yang dijelaskan James Clear dalam bukunya.

Buku ini adalah buku self improvement yang akan mengajarkan kepada kamu bagaimana membangun kebiasaan kecil yang baik serta meninggalkan kebiasaan lama yang buruk.

Ada banyak tips dan panduan yang bisa kamu ikuti dalam buku ini. Ada juga kisah-kisan inspiratif para peraih emas olimpiade, CEO terkenal, dan ilmuwan yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan bahagia.

9. Insecurity is My Middle Name - Alvi Syahrin

buku tentang cara menghadapi insecure

Rekomendasi buku self improvement satu ini ditulis oleh penulis lokal yang bukunya masuk ke dalam best seller tahun 2021. 

Buku ini adalah buku self healing pertama yang ditulis Alvi Syahrin namun langsung sukses mencuri hati pembaca. 

Dalam buku ini, penulis membicarakan tentang insecure yang sering menghantui diri ketika melihat pencapaian orang lain. Jika kamu sering merasa insecure, baca ini sangat recomended buat kamu. 

Dengan konsep "Trying to feel something, trying to be something", buku ini akan mengajak kamu untuk berdamai dengan rasa insecure agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

10. The Alchemist - Paulo Coelho

rekomendasi buku self improvement untuk karir

Buku ini termasuk dalam salah satu best selling yang bertemakan perjalanan seorang pengembala. Ada banyak simbol dan analogi dalam buku ini, pesan yang disampaikan penulis dalam buku ini ditujukan agar pembaca terus mencari arti kehidupan.

Simbol pencarian Tuhan di dalam cerita dapat diartikan sebagai tujuan hidup dan fulfillment yang harus dicari dalam hidup.

Nah, itu dia rekomendasi buku self improvement terbaik yang bisa kamu baca. Buku-buku yang ada direkomendasi ini bisa kamu dapatkan di toko buku dan tersedia juga dalam bentuk ebook. Jadi kamu bisa pilih ingin bentuk fisik atau digital.

Tidak hanya diri yang harus berkembang, karir pun juga demikian. Jika kamu tertarik untuk menemukan tantangan karir yang baru, aplikasi KitaLulus bisa membantu kamu. Ada lebih dari 50.000 lowongan dari berbagai perusahaan dan bidang industri yang bisa kamu lamar secara gratis, mudah, dan cepat.

Ayo jemput karirmu dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Close Pop up