Bahasa Inggris Kamu Masih Gagap? Tonton 7 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Ini

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Tidak hanya dengan membaca kamus, ada banyak cara lain yang lebih seru untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya dengan menonton film. Sama seperti saat mendengar lagu, menyaksikan film untuk belajar bahasa Inggris juga akan membantumu menguasai beberapa skill sekaligus, seperti listening, cara menyusun kalimat, dan pronunciation.

Selain skill kebahasaan, menonton film berbahasa Inggris juga akan memberimu wawasan tentang budaya negara lain, lho! Tapi apa saja ya film untuk belajar bahasa Inggris terbaik untuk kamu tonton? Tidak perlu bingung lagi, KitaLulus sudah siapkan daftarnya. Lihat di bawah, ya!

7 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Pemula Terbaik

Sejujurnya, ada sangat banyak film yang bisa kamu jadikan bahan melatih kemampuan bahasa Inggris-mu, mulai dari genre komedi, horor, sampai romantis. Bukan hanya menghibur, lewat film kamu bisa belajar pronunciation, daily conversation, menambah kosakata baru, dan banyak lagi yang bisa kamu pelajari. 

Tapi sebelum memilih film untuk belajar bahasa Inggris paling sesuai, sebaiknya kamu mengenali terlebih dulu level bahasa Inggrismu. Sebagai contoh, film lawas seperti Wuthering Heights dan Gone With The Wind memang bagus. Namun, jika level bahasa Inggrismu masih pemula, kamu mungkin akan kesulitan mengikuti jalan ceritanya, jadi tidak seru, kan?

Maka dari itu, khusus buat pemula, di bawah ini ada beberapa judul film untuk belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa kalian tonton.

1. Toy Story

Toy Story, salah satu film berbahasa Inggris terbaik

Pasti kamu sudah tidak asing dengan film yang menceritakan petualangan para mainan milik Andy ini. Film ini sangat pas untuk digunakan belajar bahasa Inggris karena berisi percakapan ringan dengan banyak kosakata sederhana. Selain itu, film ini juga cocok untuk meningkatkan kemampuan listening kamu, karena pelafalan atau pronunciation para pengisi suaranya cukup jelas.

2. The Social Network

Film untuk belajar bahasa Inggris dengan tema teknologi, The Social Network

Judul film untuk belajar bahasa Inggris terbaik selanjutnya adalah The Social Network, yang terinspirasi dari kisah awal pendirian Facebook. Buat kamu yang suka teknologi atau punya impian bisa bekerja di startup, film ini sangat recommended buat ditonton.

Di film ini, mungkin ada beberapa istilah teknologi berbahasa Inggris yang perlu kamu cek definisinya di kamus. Tapi, sisanya kamu akan mudah memahami karena para aktor menggunakan bahasa sehari-hari.

3. The Sound of Music

Belajar bahasa Inggris klasik dengan menonton The Sound of Music

Belajar bahasa Inggris akan lebih menyenangkan dengan film musikal yang satu ini. Film ini cocok untuk kamu yang ini belajar bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Setiap pemeran berbicara menggunakan bahasa formal dengan artikulasi yang jelas dan  cara bicara para tokohnya dibuat pelan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak mampu menangkap apa yang mereka ucapkan. 

4. Cast Away

Cast Away, salah satu film terunik yang pernah dibuat

Sering bingung dengan pelafalan aktor yang berbeda-beda? Saat menonton Cast Away, kamu dijamin tidak akan mengalami kesulitan tersebut.

Cast Away adalah salah satu sinema unik yang hanya dibintangi satu aktor saja, yaitu Chuck Noland. Hampir keseluruhan film ini hanya berisi monolog dengan pace lambat, sehingga kamu bisa melatih pronunciation dan listening lebih mudah daripada saat menonton film-film lainnya.

5. To All The Boys I’ve Loved Before

Belajar bahasa Inggris gaul Amerika lewat To All The Boys I've Loved Before

Suka nonton film romantis tapi juga lucu? To All The Boys I’ve Loved Before adalah judul film untuk belajar bahasa Inggris yang akan benar-benar menghiburmu. Latar belakang cerita dari film ini adalah kehidupan anak SMA di Amerika. Bahasa yang digunakan adalah bahasa anak muda Amerika sehari-hari, lengkap dengan berbagai slang. Setelah belajar melalui To All The Boys I’ve Loved Before, dijamin bendahara kosakata bahasa Inggris gaulmu akan meningkat.

Baca Juga: 12 Film Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Sekali Seumur Hidup

6. Forrest Gump

Forrest Gump, salah satu film untuk belajar bahasa Inggris terbaik bagi pemula

Jika kamu sering kali merasa kesulitan memahami ucapan bahasa Inggris dari orang lain karena bicara terlalu cepat. Nah, film ini sangat cocok untuk kamu! Dalam film ini, Forrest Gump, sebagai tokoh utama mengalami cacat mental sehingga ia berbicara sangat pelan sekali. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memahami maksud kalimat Gump dan mempelajari pelafalannya.

7.  You’ve Got Mail

You've Got Mail, film bahasa Inggris romantis dengan konsep unik

Film ini bercerita tentang dua orang yang sering bertukar cerita lewat email. Kedua tokoh ini tidak saling mengenal. Lewat komunikasi yang dijalin kedua tokoh di film ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah, karena di film ini, terdapat iringan voice over tiap kali para pemerannya menulis email.


Itulah 7 rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris terbaik buat pemula! Meski tampak susah, kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu skill paling bernilai di mata HRD, lho! Jadi jika kamu berencana kerja secepatnya setelah wisuda, siapkan kemampuan bahasa Inggrismu dari sekarang.

Apa? Belum tahu ingin kerja di mana? Tenang! Saat ini, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus untuk mencari lowongan. Kalau belum cukup, kamu juga bisa mengirim CV dan lamaran ke Whatsapp HRD langsung! Mau bukti? Yuk, coba instal aplikasi KitaLulus sekarang dan rasakan mudahnya mencari pekerjaan paling cocok untukmu!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up