10 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris, Bisa Bikin Kamu Jago!

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Di dunia kerja, bahasa Inggris punya peran penting. Semakin jago bahasa Inggris kandidat, akan semakin tinggi pula nilainya di mata perusahaan. Salah satu cara mempertajam kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan mendengar musik. Oleh karena itu, dalam bahasan kali ini, KitaLulus akan memberikan beberapa rekomendasi judul lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik.

Lewat lagu-lagu di bawah ini, kamu bisa menambah kosakata baru, memperhatikan penggunaan grammar, dan banyak lagi, tanpa takut bosan atau mengantuk! Mau tahu apa saja lagu yang bikin kamu jago bahasa Inggris? Simak daftarnya di bawah ini!

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Musik

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik

Sebelum kita bahasa daftar lagu untuk belajar bahasa Inggris, di bawah ini ada beberapa cara belajar bahasa Inggris lewat musik yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Gunakan Headphone

Agar proses belajar bahasa Inggris lewat musik maksimal, pastikan kamu menggunakan headphone atau sejenisnya. Selain mencegah mispersepsi lirik, headphone atau alat bantu dengar lainnya akan membantumu mendengar artikulasi lagu yang dilantunkan. Akhirnya bukan hanya terhibur, kamu juga dapat mempelajari bagaimana pronunciation sang penyanyi.

2. Ikut Bernyanyi

Agar kamu dapat meningkatkan kemampuan speaking, tidak ada salahnya kamu berlatih menggunakan lirik dan ikut bernyanyi. Kamu bisa belajar dengan video karaoke yang memungkinkan kamu untuk ikut bernyanyi diiringi musik. Bila perlu, siapkan juga lirik lagu yang akan dinyanyikan.

3. Perhatikan Gerakan Lidah dan Bibir Penyanyi

Selain dengan mendengarkan, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan pronunciation atau pelafalan kata dengan menirukan bagaimana sang penyanyi melantunkan lagu. Cukup perhatikan bagaimana dia menggerakkan lidah dan bibirnya. Cara belajar bahasa Inggris satu ini cukup ampuh lho!

4. Ulang Lirik Sulit

Tak dapat dipungkiri, ada banyak lagu berbahasa Inggris yang liriknya penuh metafora, dengan pelafalan sulit atau terlalu cepat (contohnya Rap God dari Eminem). Tapi jangan salah sangka, lirik lagu yang susah dipahami ini justru akan membantu meningkatkan kemampuanmu dengan cepat. Cukup putar berulang-ulang sampai kamu bisa melafalkan liriknya.

5. Ucapkan Lirik secara Normal

Tentu kamu tidak akan bernyanyi ketika diminta berbicara bahasa Inggris, bukan? Jadi setelah kamu mendengarkan lagu, coba cari liriknya dan baca dengan suara seperti sedang membaca buku. Ini akan membantu kamu menggunakan kata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

10 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Setelah tahu tips belajar lewat musik paling efektif, di bawah ini KitaLulus punya beberapa judul lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik. Selain seru, lagu-lagu berikut punya lirik yang mudah dipahami pemula lho, apa saja?

1. Taylor Swift- Begin Again

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu Taylor Swift

Fun fact buat kamu, pada dasarnya hampir semua lagu Taylor Swift bisa jadi lagu untuk belajar bahasa Inggris. Lirik lagu Taylor Swift banyak yang menggunakan bahasa sehari-hari dan memiliki alur cerita yang bisa kamu pahami hanya dengan mendengarkan saja. Seperti salah satunya lagu Begin Again, cobalah dengarkan lagu ini dan baca liriknya. Pasti kamu bisa langsung paham bagaimana cerita dalam lagu ini. 

Jika dalam sekali dengar kamu sudah bisa paham dengan cerita di lagu ini, itu artinya kemampuan listening kamu sudah baik.

2. I Know I'm not The Only One – Sam Smith

Lagu untuk Belajar bahasa Inggris dari Sam Smith

Lagu bertema perselingkuhan dari Sam Smith bisa membantu kamu belajar bahasa Inggris. Terutama belajar grammar Perfect Tense. Ketika kamu mencermati setiap lirik dalam lagu ini, kamu akan banyak menemukan kalimat yang menggunakan grammar Perfect Tense, seperti “I’ve had” dan “you’ve done”.

3. I’ll Be Right Here Waiting For You - Bryan Adams 

Belajar Bahasa Inggris dari Lagu Bryan Adams

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lewat lagu yang punya tempo tidak terlalu cepat, lagu ini pas banget. Bahkan lagu ini sering digunakan oleh tempat les bahasa Inggris untuk menguji kemampuan listening

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lagu ini, cobalah dengarkan kata demi kata dan coba tulis ulang semua lirik yang berhasil kamu dengarkan. Setelahnya, kamu bisa membedah tenses apa yang digunakan dari tiap kalimat dalam lagu tersebut.  

4. My Love- Westlife

Referensi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah lagu-lagu dari Westlife, salah satunya adalah lagu hits mereka yang berjudul My Love. Serius, lagu ini sangat easy listening! Liriknya puitis, tapi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga tetap mudah dipahami.


BACA JUGA: Cari Tahu Kemampuanmu! 11 Situs Tes Bahasa Inggris Gratis Bersertifikat

5. Say You Won’t Let Go – James Athur

Belajar Tenses dari Lagu Sam Smith

Kamu masih kurang paham dalam menyusun kata dalam past tense? Tipsnya adalah kamu perlu juga memperbanyak kosa kata dalam past tense terutama kata kerja tak beraturan (irregular verb). Nah, lagu romantis Say You Wont Let Go dari James Arthur ini bisa membantu kamu. 

Dalam lagu ini kamu bisa menemukan kalimat-kalimat bentuk lampau, dan kata-kata seperti met, made, held, knew yang merupakan irregular verb. Pokoknya recommended deh!

6. Something Just Like This- The Chainsmokers & Coldplay

Belajar Bahasa Inggris dari Lagu Coldplay


Lagu untuk belajar bahasa Inggris satu ini benar-benar favorit! Sama seperti My Love-nya Westlife, lagu ini penuh metafora, tapi tetap menggunakan bahasa sehari-hari. Selain itu, yang membuat lagu dari Coldplay ini makin unik adalah banyaknya vocabulary berkaitan dengan dongeng, seperti myth, legend, testament, atau eclipse. Penguasaan kosakata bahasa Inggris-mu akan bertambah, deh!

7. Shape of You- Ed Sheeran

Lagu Ed Sheeran Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah Shape of You dari Ed Sheeran. Penyanyi satu ini sendiri berasal dari Inggris, sehingga pelafalannya pun aksen British. Jika kamu ingin belajar bagaimana akses British, lagu-lagu Ed Sheeran sangat cocok kamu dengarkan. 

Salah satunya lagu Shape of You, di lagu ini kamu juga bisa menambah kosa kata baru, seperti jukebox yang merupakan mesin pemutar musik. Alatnya sudah tidak banyak digunakan, tetapi kata itu sendiri masih umum didengar.  Atau juga shot yang mempunyai arti berbeda tergantung situasi. Namun dalam lirik Shape of You, shot merujuk pada minuman beralkohol yang diminum sekali teguk.

8. When Will My Life Begin – Tangled

Belajar Bahasa Inggris dari Animasi Tangled

Film kartun Disney juga punya beberapa lagu yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya dari Tangled. Selain punya cerita unik, Tangled juga dikenal sebagai salah satu film Disney dengan koleksi lagu terindah lho, salah satunya adalah When Will My Life Begin.

Lagu yang dinyanyikan Mandy Moore (pengisi suara Rapunzel) ini menceritakan aktivitas sehari-hari Rapunzel, sehingga bahasa Inggris yang digunakan cukup sederhana. Selain itu, pronunciation Mandy Moore dalam lagu ini juga sangat jelas, sehingga kamu takkan kesusahan saat mendengarnya.

9. Secret Love Song – Little Mix ft. Jason Derulo

Latihan Listening dengan Lagu Secret Love Song Little Mix

Lagu untuk belajar bahasa Inggris yang satu ini perlu pemahaman yang ekstrak, karena beberapa lirik punya arti ganda, seperti “I wish that it could be like that” kata that pertama memiliki arti “bahwa”, sedangkan kata that di akhir kalimat memiliki arti “itu”.

Sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris secara lebih dalam, kamu bisa membedah tiap liriknya untuk mengerti apa maksud dari lagu ini.

10. Love Me Now- John Legend

Lagu Terbaik John Legend untuk Belajar Bahasa Inggris

Lagu bergenre pop ini sangat cocok untuk membantu menambah kosa kata baru. Pasalnya, di dalam lagu ini terdapat banyak repetisi atau pengulangan yang membuatmu lebih cepat hafal dengan lirik lagunya. Selain itu, lirik lagu ini juga memiliki banyak ungkapan yang bisa kamu pelajari. Keren, kan?


Itulah daftar rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa kamu dengarkan! Jadi, sudah siap jago bahasa Inggris dan memenangkan hati HRD sekarang juga? Kalau belum tahu mau melamar kemana, yuk instal aplikasi KitaLulus sekarang! Di aplikasi ini, kamu akan mendapat update lowongan kerja terkini dan tentunya cocok buat profilmu!

Bahkan bukan cuma itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan tujuan karir kamu lho. Di komunitas ini, kamu bisa bertemu banyak anak muda seusiamu, berbagi informasi kerja, dan saling share ilmu. Menarik kan? Yuk, langsung download aplikasi KitaLulus di Playstore!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up