Tips Memilih Rangkaian Skincare untuk Kulit Berjerawat, Sudah Tahu?

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Jerawat dan kulit berminyak sepertinya sudah menjadi musuh bebuyutan untuk kulit wajah kita. Sampai-sampai kita tidak akan setengah hati membeli skincare untuk kulit berjerawat.

Faktanya, jerawat biasanya lebih mudah muncul saat wajahmu berminyak. Maka dari itu, selain membeli skincare untuk kulit berjerawat, kamu juga akan membeli rangkaian skincare untuk kulit berminyak.

Ketika kamu membeli rangkaian skincare untuk kulit berjerawat, tidak boleh sembarangan, ya! Hal ini juga berlaku ketika kamu ingin membeli skincare untuk kulit berminyak.

Lalu mengapa kulit bisa berjerawat dan berminyak? Apakah pemakaian skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak saja sudah cukup? Mari kita kupas semua pembahasannya di bawah ini!

Penyebab Kulit Berjerawat dan Berminyak

Penyebab kulit berjerawat dan berminyak

Tahukah kamu bahwa, kulit adalah salah satu bagian yang paling sensitif di tubuh kita? Terutama pada kulit wajah. Masalah umum pada kulit wajah biasanya kulit kering dan kulit berminyak.

Masalah ini bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Jika kamu memiliki masalah kulit berminyak, biasanya akan rentan muncul jerawat. Mulai dari jerawat ringan hingga parah. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, artinya kulit kamu memiliki banyak pori-pori. Hal ini sebenarnya berfungsi untuk mengeluarkan keringat dari tubuh dan tempat keluarnya minyak. Kedua hal ini sangat penting bagi tubuh.

Nah, ketika pori-pori di kulit wajah jarang dibersihkan, maka debu atau kotoran dapat menempel. Ketika minyak di wajah bercampur dengan debu atau kotoran bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Jika hal ini terjadi, maka bisa memunculkan jerawat di wajah. Selain itu, naik turunnya hormon pada wanita saat sedang menstruasi juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

9 Cara Mencegah Kulit Berjerawat dan Berminyak

Cara mencegah kulit berjerawat dan berminyak

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pori-pori kulit yang tersumbat bisa memunculkan jerawat dan berminyak. Selain menggunakan skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak, kamu juga bisa melakukan beberapa pencegahan. Apa saja cara mencegah kulit berjerawat dan berminyak? Ini dia daftarnya:

1. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Selain menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, kamu bisa membersihkan wajah dua kali sehari. Biasakan untuk mencuci wajah di pagi hari sebelum menggunakan rangkaian skincare atau makeup lainnya. Selain itu, kamu juga bisa rutin mencuci wajah sebelum tidur.

Setelah wajah terasa bersih dan segar, kamu bisa menggunakan rangkaian skincare untuk kulit berminyak agar mendapatkan manfaat secara optimal.

2. Rajin Bersihkan Alat Makeup

Selain rajin membersihkan wajah dua kali sehari, kamu juga harus rajin membersihkan alat makeup. Sebab, alat makeup seperti brush, aplikator eyeshadow, hingga sponge beresiko menjadi sarang debu, kotoran, dan kuman.

Maka dari itu, selain menggunakan skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak, kamu bisa mulai dengan rajin menjaga kebersihan alat makeup.

3. Menggunakan Astringent

Cara mencegah kulit berjerawat dan berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan astringent, yaitu jenis skincare mirip toner yang mengandung alkohol pembunuh kuman. Nama lain dari “astringent” adalah penyegar, yang biasanya digunakan setelah memakai pembersih wajah atau cleanser.

4. Pakai Pelembab

Salah satu skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak adalah pelembab. Penggunaan pelembab tidak boleh dilewatkan meskipun kamu memiliki minyak berlebih dan berjerawat.

Sebab, tanpa pelembab kulit wajah bisa kering dan dehidrasi. Meskipun pada kulit wajah berminyak sekalipun. Kamu bisa mencari produk skincare untuk kulit berjerawat yang berbahan dasar air agar tidak menyumbat pori-pori.

5. Lakukan Eksfoliasi Secukupnya

Proses eksfoliasi sangat bermanfaat untuk kondisi kulit yang berjerawat dan berminyak. Namun, sebaiknya jika kulit wajah kamu masih meradang akibat jerawat, hindari penggunaan skincare untuk kulit berjerawat jenis eksfoliasi scrub.

Tahukah kamu bahwa, eksfoliasi yang dilakukan berlebihan bisa berpotensi memicu produksi minyak berlebih, iritasi kulit, dehidrasi, bahkan kulit wajah bisa mengelupas?

Maka dari itu, disarankan untuk melakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. Setelah itu, tutup dengan rangkaian skincare untuk kulit wajah berminyak.

Rangkaian skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak

6. Stop Menyentuh Wajah dengan Tangan!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jerawat bisa muncul karena pori-pori kulit wajah tersumbat debu, kotoran, dan polusi. Nah, selain menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, kamu bisa mulai untuk berhenti menyentuh wajah dengan tangan.

Meskipun kelihatannya bersih, bukan berarti tidak ada kuman yang tidak terlihat bersarang di tangan. Terutama setelah kamu menggunakan rangkaian skincare untuk kulit berminyak. Hal ini bertujuan agar skincare bisa terserap lebih maksimal oleh kulit wajah.

7. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak menjadi solusi lain yang sering digunakan saat emergency selain skincare untuk kulit berminyak dan skincare untuk kulit berjerawat. Tujuannya adalah untuk mengurangi minyak berlebih di wajah dengan menyerapnya di kertas.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu menekankan kertas minyak pada wajah secara perlahan dan biarkan beberapa detik. Hindari menggosok kertas minyak ke wajah, ya! Hal ini bisa membuat minyak menyebar ke area wajah lainnya.

8. Pilih Makanan yang Tepat

Biasanya, selain dengan menggunakan skincare untuk kulit berminyak, orang-orang akan menghindari makanan berminyak. Hal ini dipercaya akan membantu mengurangi kelebihan minyak di wajah. Namun benarkah demikian?

Pemilihan makanan yang tepat bertujuan untuk menjaga gula darah tetap stabil sehingga bisa mengurangi produksi minyak yang menyumbat pori-pori. Cara yang mudah selain menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, bukan?

9. Pilih Produk Skincare yang Sesuai

Pemilihan produk skincare yang sesuai juga berpengaruh pada kondisi kulit wajah kamu, lho. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi kulit kamu sebelum membeli skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak.

4 Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Tips memilih produk skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak

Setelah mengetahui cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, kamu bisa membeli rangkaian skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak.

Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian utama kamu sebelum memutuskan untuk membeli skincare untuk kulit berjerawat dan/atau berminyak, diantaranya:

1. Ketahui Kondisi Kulitmu

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, ketahui dulu kondisi kulit kamu. Penggunaan skincare untuk kulit berminyak pun juga sama. Tidak bisa sembarangan.

2. Pilih Komposisi yang Tepat

Pada umumnya, ada empat produk rangkaian utama dari skincare untuk kulit berjerawat dan/atau skincare untuk kulit berminyak. Semua produk ini juga termasuk ke dalam skincare base routine. Yaitu:

  • Komposisi Sabun Muka: pastikan kamu membeli skincare untuk kulit berjerawat dan/atau skincare untuk kulit berminyak yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide.
  • Komposisi Toner: untuk penggunaan toner, kamu bisa memilih yang cocok untuk jenis kulit kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan toner yang memiliki kandungan astringent sebagai rangkaian dari skincare untuk kulit berjerawat dan/atau skincare untuk kulit berminyak.
  • Komposisi Pelembab: salah satu skincare untuk kulit berjerawat adalah pelembab. Usahakan untuk membeli produk skincare untuk kulit berminyak yang oil-free dan non comedogenic.
  • Komposisi Tabir Surya: bagian dari skincare untuk kulit berjerawat dan/atau kulit berminyak adalah tabir surya. Terutama untuk kamu yang gemar melakukan aktivitas di luar rumah. Usahakan untuk memilih produk tabir surya yang dirancang untuk kulit wajah, seperti face sunscreen yang dibuat tanpa aroma dan sedikit minyak.

3. Periksa Label dan Keamanan Produk

Rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak adalah produk yang non comedogenic. Jangan lupa untuk periksa label setiap produk dengan jenis kulit kamu.

Selain itu, pastikan produk skincare untuk kulit berjerawat dan skincare untuk kulit berminyak yang kamu beli memiliki label BPOM. Artinya, produk yang kamu beli aman digunakan dan sudah diperiksa oleh badan terkait.

4. Kandungan Bahan Aktif di Dalam Skincare

Tips terakhir memilih produk untuk kulit berjerawat atau berminyak: perhatikan kandungan bahan aktif yang ada di dalam rangkaian produk skincare untuk kulit berjerawat/berminyak kamu. Pastikan produk yang kamu gunakan memiliki kandungan seperti di bawah ini:

  • Salicylic acid (beta-hydroxy acid/BHA)
  • Retinol
  • Azelaic Acid atau asam azalea
  • Niacinamide
  • Bakuchiol
  • Willow Bark

Demikian penjelasan mengenai skincare untuk kulit berjerawat, skincare untuk kulit berminyak, cara mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak, serta komposisi bahan aktif yang terkandung.

Nah, untuk menambah pundi-pundi dompet agar bisa membeli rangkaian produk skincare, yuk cari pekerjaan sampingan, freelance, atau pekerjaan full time di KitaLulus! Bukan hanya punya ratusan lowongan kerja dari berbagai daerah, KitaLulus juga punya sistem follow up yang memungkinkanmu chat-chat-an dengan HRD perusahaan! Jadi, jangan tunggu lebih lama lagi! Yuk ke KitaLulus sekarang!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up