Harus Tahu! Ini 10 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Siapa bilang wanita hamil tidak boleh tampil cantik dan melakukan perawatan? Ketika kamu dinyatakan positif hamil, pasti kamu akan bertanya-tanya seputar skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Tapi apa ada skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui? Tentu ada, dong! Ibu hamil dan menyusui juga perlu tampil fresh dan menarik. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare, nih.

Salah satunya adalah kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tahukah kamu bahwa, kandungan yang ada di produk skincare bisa diserap oleh tubuh dan mempengaruhi janin yang dikandung?

Maka dari itu, yuk pahami dulu kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, dan kandungan yang tidak aman. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

6 Masalah Kulit Saat Hamil yang Paling Umum Terjadi

Masalah kulit saat hamil dan menyusui

Saat kamu sedang hamil, perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh bisa mempengaruhi perubahan kondisi kulit, lho. Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah kulit. Maka dari itu, pengguna skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui sangat disarankan.

Pada umumnya, beberapa masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil meliputi jerawat, kulit kering, hingga kulit yang menggelap. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa jadi kurang percaya diri, deh.

Tapi tenang, penggunaan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui secara efektif bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi masalah kulit ini. Berikut masalah kulit yang umumnya dialami oleh ibu hamil:

1. Kulit Sensitif

Saat hamil, kulit lebih cenderung menjadi sensitif. Jika kamu memang memiliki kulit yang sensitif, saat hamil bisa jadi lebih sensitif lagi. Misalnya seperti mudah memerah saat digosok atau jenis iritasi kulit lainnya yang mungkin terjadi.


2. Jerawat

Perubahan hormon yang drastis akan membuat jerawat bermunculan. Masalah ini sering banget dihadapi oleh para ibu hamil. Tapi kamu tidak boleh menggunakan krim jerawat sembarangan, ya! Harus perhatikan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.


3. Kulit Kering dan Gatal

Tidak hanya berubah menjadi sensitif, ibu hamil juga mengalami kulit kering dan gatal. Biasanya hal ini disebabkan karena kamu jarang minum air. Sehingga kulit kamu menjadi dehidrasi.


4. Sensitif Terhadap Matahari

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu hamil adalah, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Perubahan hormon di dalam tubuh bisa membuat kulit kamu rentan terhadap bercak-bercak gelap atau istilah medisnya adalah melasma.


5. Stretch Marks

Perubahan bentuk janin di dalam perut membuat kulit merenggang dan bisa menimbulkan stretch marks. Tapi ada ibu hamil yang tidak mengalami masalah kulit ini. Biasanya hal ini berkaitan dengan potensi genetic seseorang.


6. Ruam Kemerahan

Masalah kulit yang satu ini harus diperhatikan, ya. Sebab jika kamu mengalami gatal dan kulit memerah, bisa jadi itu tanda kolestasis kehamilan. Yaitu suatu komplikasi yang menyebabkan masalah hati pada bayi. Segera lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.


10 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Sejumlah masalah kulit pada ibu hamil bisa menyebabkan insecure dan rasa kurang percaya diri. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Tapi sebelum membeli produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, kamu harus memperhatikan kandungannya, ya! Beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui di antaranya:

1. Salicylic Acid

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama adalah salicylic acid. Kandungan ini aman digunakan untuk pemakaian dua kali sehari. Tapi sebaiknya cari produk yang memiliki kandungan salicylic acid tidak lebih dari 2%, ya.

Salicylic acid pada skincare dapat mengatasi jerawat dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel. Selain itu ada kandungan antibakteri untuk mencegah munculnya komedo dan peradangan pada jerawat.


2. Asam Glikolat

Selain salicylic acid, kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan kandungan asam glikolat. Kandungan ini bisa mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, hingga mengurangi hiperpigmentasi.


3. Klindamisin dan Eritromisin

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui untuk mengatasi jerawat lainnya adalah klindamisin dan eritromisin. Dua kandungan ini diklaim aman untuk digunakan ibu hamil.

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan klindamisin dan eritromisin pada produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini tidak meningkatkan risiko malformasi janin pada ibu hamil di trimester pertama hingga trimester ketiga.


4. Grape Seed Oil

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui selanjutnya adalah grape seed oil. Pada umumnya, kandungan grape seed oil bisa ditemukan di serum wajah dan minyak di tubuh.

Tujuan dari kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini adalah untuk melembabkan. Sebaiknya gunakan produk ini hanya untuk pemakaian luar saat hamil, ya. Lalu sebaiknya kamu harus menghindari mengkonsumsi grape seed oil dalam bentuk suplemen.


5. Niacinamide

Selanjutnya ada kandungan niacinamide di produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Niacinamide aman karena berasal dari vitamin B3. Selain itu ada kandungan antioksidan.

Tujuan dari kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini adalah untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, hingga meningkatkan elastisitas kulit.


6. Titanium Dioxide

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui berikutnya adalah titanium dioxide. Biasanya kandungan ini bisa kamu temukan di produk sunscreen atau tabir surya.

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini bisa menangkal radiasi sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Titanium dioxide bisa melindungi kulit yang sering terpapar matahari secara langsung.


7. Zinc Oxide

Selain titanium dioxide, kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui di produk sunscreen atau tabir surya adalah zinc oxide. Meskipun bisa terserap oleh kulit, kandungan ini tetap ada di permukaan kulit.

Selain itu, jika kamu sering melakukan aktivitas di luar dan terpapar sinar matahari, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan memiliki kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.


8. Vitamin C

Satu lagi kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui adalah vitamin C. Kandungan ini aman sebab berfungsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit.

Fungsi kolagen pada kulit adalah untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti melasma atau kondisi kulit yang menggelap. Maka dari itu, sebaiknya kamu cari produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan kandungan vitamin C, ya!


9. Asam Hialuronat

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, sebaiknya gunakan kandungan asam hialuronat di produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Janin yang dikandung akan mengambil air dari tubuh kamu.

Jika kamu jarang minum, maka bisa jadi kulit kamu akan kering. Maka dari itu, kandungan asam hialuronat di produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ini berfungsi untuk melembabkan kulit dan membantu mengatasi stretch mark.


10. Fragrance-free

Tidak sedikit produk skincare yang memiliki kandungan parfum di dalamnya. Hal ini tentunya bisa menimbulkan risiko bagi ibu hamil. Maka dari itu, disarankan untuk memilih kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan label fragrance-free.

Terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Penggunaan kandungan parfum bisa menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu hormon tubuh. Jadi sebaiknya pilih produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan label fragrance-free, ya!


Kandungan Skincare yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Skincare yang tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui

Setelah kamu mengetahui kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, sekarang saatnya kamu mengetahui kandungan yang tidak aman. Berikut beberapa kandungan yang tidak aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui:

  • Retinoid (retinol, retin-A, retinoic acid)
  • Vitamin A
  • Salicylic acid dengan dosis tinggi
  • Hidrokuinon
  • Ftalat
  • Oxybenzone pada produk sunscreen
  • Benzoil peroksida
  • Paraben (propylparaben, ethylparaben, butylparaben, isopropyl, isobutyl, methylparaben)


Urutan Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

urutan skincare untuk ibu hamil dan menyusui

Selain menggunakan produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, kamu juga bisa melakukan rutinitas perawatan kulit di pagi dan malam hari, lho. Berikut rutinitas perawatan kulit untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa kamu lakukan:

  • Cuci muka dengan air hangat dan pembersih yang ringan
  • Jangan lupa aplikasikan toner pada wajah
  • Kemudian aplikasikan sunscreen atau tabir surya yang memiliki kandungan mineral
  • Oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu
  • Jika dirasa perlu, kamu bisa oleskan krim mata
  • Jangan lupa untuk oleskan pelembab di area perut, pinggul, dan paha untuk mencegah stretch mark
  • Tambahkan serum untuk rutinitas perawatan kulit di malam hari

Demikian penjelasan mengenai kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dan yang tidak. Ketahui penggunaan skincare yang tepat dan perhatikan kandungan didalamnya. Jangan sampai kamu salah membeli kandungan dan berisiko untuk janin yang kamu kandung, ya!

Jika kamu membutuhkan uang tambahan untuk membeli skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, kamu bisa cari pekerjaan baru di aplikasi KitaLulus, lho. Sekarang, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Jadi akan ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang juga dengan gratis dan nikmati kemudahan, keamanan, dan kenyamanan saat melamar kerja!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up