7 Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Starbucks Reserve Dewata Bali

Zaviano YS
Zaviano YS

Cogito ergo sum.

Isi Artikel

Starbucks Reserve Dewata— Bali adalah salah satu destinasi wisata terindah di Asia Tenggara, bahkan dunia. Saking indahnya, tiap bulan ratusan ribu wisatawan domestik dan mancanegara menghabiskan waktu menjelajahi Bali. Tingginya animo wisatawan ini membuat banyak kafe elit berdiri di pulau ini, Starbucks Reserve Dewata salah satunya.

Namun, mengapa dari sekian banyak gerai Starbucks yang sudah membuka cabangnya di Indonesia mereka membuat satu gerai Starbucks di Dewata dengan sebutan “Reserve” dan menjadi yang terbesar se - Asia Tenggara? Simak bahasan lengkap tentang keunikan Starbucks Reserve Dewata berikut ini.

7 Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Starbucks Reserve Dewata Bali

Dengan konsep yang berbeda dari Starbucks pada umumnya, kata “Reserve” adalah sebutan premium untuk sebuah Starbucks. Starbucks Dewata Reserve diusung dengan konsep sanctuary atau langgam tropis modern yang di desain oleh studio arsitek asal Indonesia yaitu Ma-Ru.Co, dengan memadukan salah satu unsur budaya dan kerajinan yang ada di Bali.

Tapi selain dari segi penamaan? Apalagi hal-hal unik yang bisa kamu temukan di Starbucks Reserve Dewata? Ini dia daftarnya.

1. Logo Coffee Shop yang Super Filosofis

Logo Starbucks Reserve Dewata Bali

Sebelum memasuki Starbucks Reserve Dewata, kita diperlihatkan dengan logo bunga lotus yang mempunyai arti simbol kecantikan, kemakmuran dan kesuburan, sekaligus lambang Dewi Laksmi yang sangat dihormati di Bali. Logo ini terinspirasi dari teknik ikat gkamu Geringsing.

Ikat gkamu Bali adalah teknik menenun dalam pembuatan kain Geringsing, yang menurut tradisi membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikannya. Kain tenun ini merupakan pakaian wajib dalam upacara karena diyakini memiliki kekuatan yang luar biasa.

Logo ini pun memiliki 18 kelopak bunga yang melambangkan filsafat Bali yaitu "Tri Hita Karana"tiga penyebab kemakmuran: hubungan yang harmonis antara manusia, lingkungan, dan Tuhan.

2. Interior Vintage dan Futuristik

Review Starbucks Reserve Dewata Bali

Saat kita memasuki ke dalam kita bisa melihat suasana Starbucks yang begitu mewah dan berbeda, dengan dua bar yaitu Reserve Bar dan Core Bar.

Pada bagian atas Reserve Bar terdapat sebuah anyaman besar terbuat dari bambu dengan desain yang sangat indah. Selain itu, meja Reserve Bar didesain dengan lapisan yang terlihat bertingkat. 

Area indoor Starbucks Reserve Dewata

Sedangkan Core Bar atau bar inti adalah tempat kamu memesan menu Starbucks yang biasanya kamu temukan di outlet Starbucks pada umumnya. Di depan bar utama terdapat area penjualan souvenir yang didesain khusus untuk Starbucks Dewata Coffee Sanctuary.

Menu yang disajikan pun tidak jauh berbeda dari Starbucks pada umumnya namun ada menu special beberapanya adalah Dewata Latte, Butterfly Apple Tea, dan masih banyak lagi.

Penyajiannya pun juga berbeda jika kita memesan menu spesial di Starbucks Dewata Reserve, jika biasanya kopi disajikan dengan gelas plastik, maka kalau kita pesan di Reserve Bar akan disajikan seperti di kafe.

3. Tangga dengan Seni Kayu Futuristik

Karya seni di Starbucks Reserve Dewata Bali

Di perjalanan tangga ke lantai kedua, kita akan diperlihatkan dengan ukiran kayu yang sangat besar yang menempel dekat area tangga. Ukuran kayu besar tersebut memiliki ukuran tinggi 30 kaki atau sekitar 2,8 meter.

Saat sudah sampai di lantai dua terdapat tempat outdoor yang bisa untuk merokok dengan suasana yang nyaman. Tempat duduk unik terbuat dengan desain anyaman dari rotan dan atap yang juga unik senada dengan tempat duduknya.

4. Area Semi Outdoor dengan Suasana Khas Bali

Area semi outdoor Starbucks Reserve Bali

Saat masuk ke area semi outdoor di lantai dua, pengunjung Starbucks Reverse Dewata akan disuguhi pemandangan rumah tradisional Bali, kenapa begitu? Karena area plafon menggunakan jerami seperti atap plafon rumah tradisional khas Bali. Atap jerami pada rumah tradisional khas Bali memberikan rasa ruangan yang sejuk walaupun tidak menggunakan AC dan mempunyai bau khas.

5. Kebun Kopi Arabica

Kebun kopi di Starbucks Reserve Dewata

Selain menyediakan tempat untuk nongkrong dan mengobrol bersama kerabat, Starbucks Dewata Reserve mempunyai Kebun Kopi Arabica yang persis dekat pintu masuk. Kebun kopi yang lengkap dengan tanaman peneduhnya, yaitu lamtoro. Tanaman-tanaman ini memiliki buah kopi yang siap dipetik pada saat musim panen.

Luas kebun tersebut adalah 10 x 10 meter persegi, kebun kecil ini serupa dengan milik para petani di seluruh Indonesia. Fun fact, 90 persen kopi di indonesia ditanam di kebun-kebun kecil di halaman para petani.

6. Zoetrope dan Ruang Animasi

Di tengah-tengah kebun kopi Starbucks Reserve Dewata, terdapat Zoetrope atau perangkat animasi untuk melihat proses bagaimana biji kopi yang digunakan Starbucks tumbuh dari tunas sampai siap dipanen.

Zoetrope di tengah Starbucks Reserve Bali

Zoetrope ini dibuat dari batang pohon palma alami dan sintetis, atau rotan, dan bahan-bahan daur ulang yang dilapisi dengan anyaman tradisional Bali.

Tidak hanya itu saja, di Starbucks Reserve Dewata ada Ruang Media Center yang bertujuan untuk menceritakan tentang Starbucks Farmer Support Center (SFSC). Disitu ditayangkan sebuah video tentang kegiatan Starbucks bekerjasama dengan para petani di Indonesia. Uniknya, video tersebut disorotkan dengan proyektor pada dinding yang terbuat dari anyaman rotan yang berbentuk melengkung.

Studio animasi Starbucks Bali

Lalu setelah dari Ruang Media Centre yang terletak di lantai dua, kamu bisa ke lantai satu untuk melihat Media Interaktif yang bisa dijalankan dengan menekan, memutar, atau menggeser berbagai tombol yang berbentuk biji kopi, buah kopi, tuas penggiling, dan lainnya.

Media Interaktif ini bertujuan untuk edukasi dan mengenalkan perjalanan proses pembuatan kopi, maka di lantai satu disediakan dinding digital yang menggambarkan penanaman, panen, hingga pengolahan kopi.

7. Dewata Coffee Experience Center

Dewata Coffee Experience Center Starbucks

Dari semua tempat unik yang ada di Starbucks Dewata Reserve kamu bisa mampir ke Dewata Coffee Experience Centre, tempat di mana kamu akan dikenalkan oleh berbagai macam jenis biji kopi dan diajarkan oleh barista lokal maupun internasional. Terdapat beberapa kelas yang bisa kamu pilih di Dewata Coffee Experience Centre mulai dari Latte Art Experience, Harmony of Coffee & Food, Dewata Coffee Tour, The Art of Coffee Pairing, Latte Art & Espresso Basic, Beverages Adventure Tour, dan Coffee Tasting Flight.

Bagian dalam Dewata Coffee Experience Center Starbucks Bali

Semua kelas itu dimulai dari harga Rp.100.000 hingga Rp.500.000. Setelah kamu mengikuti kelas di Dewata Coffee Experience Centre, kamu akan berkesempatan untuk dapat In-house Whole Bean, Enamel Pin, Coffee Passport, Erasable Pen, Memo Pad, dan yang paling keren adalah Exclusive Dewata Apron jika persediaan masih ada dan tiap kelas mungkin akan berbeda-beda.

Begitulah suasana dan tempat yang bisa kita dapat jika kita datang ke Starbucks Reserve Dewata Bali. Masih banyak lagi yang bisa kalian dapatkan yaitu kita bisa menemukan benda-benda menarik di gerai ini, seperti cinderamata Starbucks bernuansa Bali, suasana gerai yang menyenangkan, para barista yang ramah, dan tentunya kopi Starbucks yang nikmat.

Ingin menabung supaya bisa bebas bertamasya di Starbucks Reserve Dewata? Yuk, cari kerja dulu bareng KitaLulus! Di KitaLulus, proses pengolahan data lamarannya cepat dan dijamin aman, kok. Jadi, sekali kamu melamar, kamu tidak perlu khawatir terjebak penipuan atau di-ghosting HRD.

Terlebih lagi, setelah mengirim lamaran di KitaLulus, kamu juga bisa follow up langsung ke HRD perusahaan tempatmu melamar via fitur Whatsapp HRD, lho! Seru dan menyenangkan, bukan? Jadi, yuk daftarkan diri di KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.