5 Tips Skincare Cowok Terbaik, Mudah dan Anti Ribet, Kok!

Zaviano YS
Zaviano YS

Cogito ergo sum.

Isi Artikel

Selama ini, istilah “skincare” selalu dikaitkan dengan perawatan wajah dan kulit untuk wanita. Padahal kenyataannya, bukan hanya wanita saja lho yang membutuhkan perawatan kulit, pria juga membutuhkannya. Meski demikian, skincare cowok tidaklah rumit, kok! Cukup dengan melakukan beberapa perawatan kulit rutin, kamu sudah bisa menjaga wajah tetap segar dan cerah.

Dear cowok, dalam bahasan kali ini, KitaLulus akan memberimu beberapa rekomendasi skincare pria terbaik. Ingin tahu selengkapnya? Langsung scroll ke bawah, ya!

5 Tips Skincare Cowok Terbaik dan Mudah Dilakukan

Faktanya, skincare tidak melulu tentang paket kosmetik lengkap seperti toner, serum, face mask, dan berbagai jenis produk kecantikan lainnya. Lebih dari itu, skincare atau perawatan yang terpenting adalah dengan menjaga agar wajahmu tetap bersih, segar, dan enak dipandang.

Di bawah ini, ada beberapa tips skincare cowok sederhana yang bisa kamu terapkan agar appearance goal-mu tercapai, di antaranya:

1. Mencuci Wajah dengan Air Dingin

Tips skincare cowok dengan mencuci wajah

Tips skincare cowok pertama adalah mencuci wajah dengan air dingin dan bersih. Meski sederhana, manfaat mencuci wajah sangat besar, lho. Dengan rutin mencuci wajah, pori-porimu akan mengecil dan sumbatan-sumbatan kotoran di dalamnya juga akan hilang.

Manfaat lain mencuci wajah dengan air dingin adalah mencegah penuaan dini. Suhu dingin air dapat mengencangkan kulit wajah, meredakan efek sunburn atau terbakar matahari, serta membuat wajah tampak lebih muda. 


2. Jangan Menggosok Wajah dengan Handuk Secara Kasar

Cara mencegah jerawat untuk pria

Setelah kita melakukan cuci muka, kita sebaiknya jangan menggosokan kulit wajah dengan handuk dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, serta bisa menyebabkan iritasi pada kulit. 

Selain itu, sebaiknya handuk untuk wajah dan badan jangan dijadikan satu karena bakteri badan bisa jadi bercampur dengan bakteri di muka. Hal ini bisa menimbulkan wajah berjerawat, permukaan wajah menjadi kasar, dan masih banyak lainnya.

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan adalah jangan meletakkan handuk di tempat lembab karena itu juga dapat mengakibatkan perkembangbiakan bakteri dan yang parah lagi bisa mengakibatkan penyakit-penyakit lainnya. Supaya lebih aman lagi, jemur handuk dengan rutin setelah dipakai dan cuci tiap 3 - 4 hari sekali.


3. Mencukur Jenggot dan Kumis dengan Benar

Tips mencukur jenggot dan kumis

Tips skincare cowok yang berikutnya adalah dengan mencukur kumis dan jenggot secara rutin. Tempat kumis dan jenggot tumbuh notabene adalah area kulit sensitif, sehingga jika kamu tidak mampu merawatnya, sebaiknya hindari menumbuhkan bulu di sana.

Setelah mencukur kumis dan jenggot, jangan lupa mengenakan cairan atau gel aftershave, ya! Hal ini perlu kamu lakukan supaya bekas cukuran kumis atau jenggot tidak mengalami infeksi (seperti bengkak atau jadi merah) setelah proses pencukuran.


4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Tips skincare pria terbaik

Sinar UV yang terdapat dalam radiasi matahari punya dampak berbahaya bukan hanya bagi kulit, tapi bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Bukan hanya membuat kulit jadi lebih hitam dan kering, sinar UV juga berpotensi menimbulkan kanker mematikan.

Supaya terhindar dari ancaman ini, upaya perawatan kulit atau skincare yang bisa kita lakukan adalah mengaplikasikan sunscreen pada kulit kita sebelum beraktivitas di luar dengan menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, hindari juga mengenakan pakaian berwarna gelap atau hitam saat keluar rumah, supaya sinar matahari tidak mudah terserap ke kulit.

Jika kita sedang berada di pantai dan harus membuka baju, kita bisa menggunakan sunblock supaya tidak mengalami sunburn atau kulit terbakar karena matahari.

FYI, sunblock itu berbeda dari sunscreen, ya! Sunblock adalah produk skincare untuk mencegah sinar UV terserap kulit. Sementara itu, sunscreen adalah produk yang bisa menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi zat tidak berbahaya.


5. Membeli Produk Skincare Sesuai Karakter Kulit Kita

Skincare pria untuk kulit berminyak dan berjerawat

Tips skincare pria yang terakhir adalah memilih produk skincare sesuai karakteristik kulit kita. Sama seperti cewek, cowok juga punya kulit dengan kondisi beragam. Ada yang mudah berjerawat dan ada pula yang mudah terluka alias sensitif. 

Produk skincare pria untuk kulit berminyak dan berjerawat biasanya yang tidak mengandung minyak atau oil-free. Sementara itu, kalau kulit kamu sensitif, kamu bisa menghindari skincare cowok yang mengandung alkohol atau fragrance (pengharum).

Jika kamu ingin meningkatkan tone warna kulit, kamu juga bisa menggunakan produk skincare pria untuk memutihkan wajah. Akan tetapi, pastikan produk skincare tersebut tidak mengandung bahan berbahaya (seperti merkuri), supaya kulitmu tidak mudah iritasi atau rusak karena bahan kimia.

5 Rekomendasi Skincare Pria dan Urutan Pakainya

Rekomendasi skincare pria dan urutannya

Setelah tahu bagaimana tips skincare cowok sederhana, di bawah ini ada beberapa rekomendasi skincare cowok dalam bentuk produk sesuai urutan pakainya, apa saja?

1. Face Cleanser

Rekomendasi skincare pria terbaik dan yang paling utama adalah face cleanser atau sabun pembersih wajah. Produk satu ini harus kamu bawa ke manapun di dompet atau jok motormu, supaya bisa digunakan kapan saja saat wajahmu kotor. 


2. Moisturizer

Setelah wajah dibersihkan, urutan skincare cowok selanjutnya adalah moisturizer atau pelembab wajah. Tujuan pemakaian produk skincare ini adalah untuk menjaga wajahmu tetap lembab dan tampak segar.


3. SPF atau Sunscreen

Selain face cleanser, kamu juga wajib bawa sunscreen ke mana-mana. Produk skincare ini jadi makin penting kalau kamu tipikal cowok yang suka beraktivitas di luar rumah. Kalau kamu tidak mau wajah cakepmu digosongkan matahari, jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen tiap 4 - 6 jam!


4. Retinol

Urutan skincare pria berikutnya yang bisa kamu pakai adalah retinol atau vitamin A. Dengan rutin memakai retinol minimal satu kali sehari, otot wajah kamu akan lebih kencang dan awet muda, karena retinol membantu mempercepat produksi kolagen di wajah.


5. Eye Cream

Rekomendasi skincare cowok yang terakhir adalah eye cream atau krim penghilang lingkaran hitam di kantung mata. Produk skincare satu ini utamanya penting buat kamu yang sering begadang.



Jadi, segitu aja tips-tips untuk menjaga kulit untuk pria. Jika sebenarnya kamu sudah mulai rajin menjaga kulit kamu, pasti kamu akan merasa lebih happy dan nyaman di setiap harinya karena kalau kulit kita bersih, pasti kita akan merasa aman dan nyaman. 

Jika kamu sudah siap dan percaya diri, kamu bisa cari pekerjaan baru di aplikasi KitaLulus! Sekarang, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Jadi akan ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang juga dengan gratis dan rasakan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan saat melamar kerja!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up