Deadline:
3 Mei 2023
Negara:
Australia

Australia Awards Scholarship (AAS) 2023

australia awards scholarship
Isi Artikel

Australia Awards Scholarship (AAS) memberikan kesempatan bagi warga negara dari negara partisipan untuk menempuh studi sarjana atau pascasarjana penuh waktu di institusi Australia.

Program ini dibiayai penuh oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia. Syarat pendaftaran beasiswa, tata cara, hingga jadwalnya akan dijelaskan dalam ulasan berikut.

Mengenal Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship adalah sebuah program beasiswa long-term yang disediakan oleh Department of Foreign Affairs and Trade Australia. Program ini diberikan kepada mahasiswa dari berbagai negara dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antar negara dan perjanjian regional Australia dengan negara terkait.

Mereka memberikan kesempatan bagi orang-orang dari negara-negara berkembang, khususnya yang terletak di kawasan Indo-Pasifik, untuk melakukan studi sarjana atau pascasarjana penuh waktu di universitas Australia yang berpartisipasi dan lembaga Pendidikan Teknik dan Lanjutan (TAFE).

Peluang studi dan penelitian yang disediakan oleh Beasiswa Australia Awards diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan individu untuk mendorong perubahan dan berkontribusi pada pembangunan di negara mereka sendiri.

Benefit Australia Awards Scholarship

Apa saja yang akan didapat ketika kamu berhasil lolos program beasiswa AAS ini?

Kamu tentu saja akan menerima uang tunjangan hidup per bulan sebesar AUD2250 atau sekitar Rp22.161.501 untuk kurs sekarang.

Nominal ini tergolong tinggi dan cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup di Australia yang rerata menghabiskan AUD1500-2000 per bulannya.

Selain itu, benefit lain yang akan kamu dapatkan ketika lolos program beasiswa ini adalah sebagai berikut.

  1. Biaya kuliah penuh
  2. Uang transport dari dan ke Australia untuk keperluan pendidikan
  3. Tunjangan kedatangan, biaya akomodasi PP di awal, buku materi, dan bahan belajar
  4. Bantuan biaya hidup selama belajar di Australia
  5. Pelatihan sebelum keberangkatan, program wajib sebelum dimulainya studi akademik formal yang mencakup informasi tentang tinggal dan belajar di Australia
  6. Asuransi kesehatan selama masa beasiswa
  7. Kursus bahasa Inggris yang ditangani trainer khusus dari Australia
  8. Support pendidikan tambahan
  9. Kerja lapangan untuk program PhD dan Master

Baca Juga:

Siapa yang Bisa Mendaftar Beasiswa AAS?

Ada dua kategori yang dapat mendaftar program beasiswa ini, yaitu:

  1. Equity Target Groups (ETG), yang terdiri dari:
  • Penyandang disabilitas
  • Perempuan
  • Masyarakat dari daerah NTT, NTB, Maluku, Maluku utara, Papua, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Lampung
  1. Pegawai pemerintahan daerah hingga pusat

Syarat Daftar Beasiswa AAS

Untuk syarat mendaftar program beasiswa ada perbedaan bagi yang mengambil program S-2 dan S-3. KitaLulus sudah merangkumkannya di bawah ini sesuai dengan program pendidikan yang akan kamu ambil.

Syarat Daftar Program S-2

  • Memilih bidang studi yang termasuk dalam area prioritas pembangunan, yaitu health security; stability; atau economic recovery.
  • Memiliki gelar sarjana S-1 yang dapat dibuktikan dengan ijazah.
  • Nilai IPK minimal 2,9 (dengan skala maksimal 4) di jenjang pendidikan terakhir. Untuk pelamar dari Area Fokus Geografis dan pelamar difabel mempunyai IPK minimal 2,75 (dengan skala maksimal 4) di jenjang pendidikan terakhir.
  • Memiliki nilai IELTS minimal 5.5, TOEFL ITP minimal 525, TOEFL iBT minimal 69, atau PTE minimal 46. Untuk pelamar program Master dari Area Fokus Geografis dan pelamar difabel harus memiliki skor IELTS minimal 5,0, TOEFL ITP minimal 500, TOEFL ITP minimal 59, TOEFL iBT minimal 38, atau PTE akademik minimal 38. Hasil nilai adalah maksimal 2 tahun dari lembaga yang terverifikasi.
  • Diprioritaskan bagi yang berprofesi sebagai staf di universitas, institusi pendidikan tinggi, institusi penelitian, pembuat kebijakan, dan yang bekerja di lembaga mitra Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia. 

Syarat Daftar Program S-3

  • Memilih bidang studi yang termasuk dalam area prioritas pembangunan, yaitu health security, stability, atau economic recovery.
  • Memiliki gelar magister S-2 yang dapat dibuktikan dengan ijazah.
  • Nilai IPK minimal 2,9 (dengan skala maksimal 4) di jenjang pendidikan terakhir. Untuk pelamar dari Area Fokus Geografis dan pelamar difabel mempunyai IPK minimal 2,75 (dengan skala maksimal 4) di jenjang pendidikan terakhir.
  • Memiliki nilai IELTS minimal 6.0, TOEFL ITP minimal 550, TOEFL iBT minimal 79, atau PTE minimal 54. Hasil nilai adalah maksimal 2 tahun dari lembaga yang terverifikasi.
  • Melampirkan bukti komunikasi dengan kandidat pembimbing di universitas Australia terkait bidang studi dan proposal penelitian.
  • Sebaiknya telah menyelesaikan program Master dengan minimal 25% komponen penelitian.
  • Diprioritaskan bagi yang berprofesi sebagai staf di universitas, institusi pendidikan tinggi, institusi penelitian, pembuat kebijakan, dan yang bekerja di lembaga mitra Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia.

Dokumen Pendaftaran Beasiswa AAS

Sesuai dengan ketentuan syarat Australia Awards Scholarship di atas, kamu harus melampirkan dokumen pendaftaran seperti detail berikut ini.

  • Salinan akta kelahiran
  • Bukti kewarganegaraan seperti KTP atau halaman informasi pada paspor
  • Daftar riwayat hidup terbaru
  • Salinan ijazah perguruan tinggi resmi (yang dilegalisir)
  • Salinan transkrip nilai perguruan tinggi resmi (yang dilegalisir)
  • Hasil tes bahasa Inggris IELTS atau TOEFL atau PTE akademik terbaru (dokumen asli) atau hasil tes yang  diperoleh dalam jangka waktu 2 tahun terakhir
  • Pelamar beasiswa Master harus melampirkan salinan ijazah/transkrip D-3 yang dilegalisir jika menggunakan ijazah/transkrip D-4 atau Sarjana Ekstensi
  • Pelamar beasiswa PhD harus melampirkan salinan ijazah/transkrip Sarjana yang dilegalisir
  • Referensi akademik dari pembimbing magister bagi pelamar program Doktor
  • Pelamar program PhD dan magister yang studinya akan mencakup sekurang-kurangnya lima puluh persen penelitian wajib melengkapi rincian proposal penelitian pada  formulir aplikasi

Cara Melamar Australia Awards Scholarship

Seluruh syarat dan dokumen harus kamu siapkan dan lampirkan. Jangan ada satupun syarat atau dokumen yang tidak terpenuhi karena kamu bisa terkena diskualifikasi atau gagal dalam proses seleksinya. 

Untuk melamar program beasiswa ini, segera apply paling lambat tanggal 3 Mei 2023. Kamu bisa melamar melalui website OASIS di https://oasis.dfat.gov.au/

Kamu bisa membaca user guide jika merasa kesulitan dalam melamar program beasiswa di website OASIS.

Langganan Info Beasiswa

Mau dapatkan informasi terupdate tentang beasiswa dalam negeri dan luar negeri? Subscribe sekarang!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!