Deadline:
10 Jan 2024
Negara:
Perancis

Beasiswa Eiffel Excellence 2024

beasiswa eiffel excelence
Isi Artikel

Menempuh pendidikan di Prancis menjadi impian banyak orang. Apalagi jika seluruh biayanya ditanggung karena mendapat beasiswa Eiffel Excellence 2024. Tertarik untuk mendaftar beasiswa ini? Simak syarat dan cara daftarnya berikut ini, ya.

Apa Itu Beasiswa Eiffel Excellence?

Beasiswa Eiffel Excellence bekerja sama langsung dengan pemerintah Perancis. Oleh Kementerian Luar Negeri Prancis, beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Jenjang pendidikannya adalah pascasarjana, yaitu Magister dan Doktoral dengan tiga program yang diterima, yaitu: Master’s degree program, Engineering program, dan Joint-doctoral program.

Untuk bidang studinya adalah:

  1. Biology and health
  2. Ecological transition
  3. Mathematics and digital sciences
  4. Engineering sciences
  5. History, French language and civilization
  6. Law and political science
  7. Economics and management

Baca Juga: 

Benefit Beasiswa Eiffel Excellence 2024

Bagi kamu yang nantinya diterima dalam program beasiswa Eiffel Excellence 2024, kamu harus berkomitmen untuk menyelesaikan kuliah dengan durasi:

Program Master

  • M2: maksimal 12 bulan
  • M1: maksimal 24 bulan
  • Teknik: maksimal 36 bulan

Program Doktoral: 6 hingga 36 bulan, mulai tanggal 1 September pada tahun beasiswa diberikan

Adapun benefit dari beasiswa ini di antaranya:

  1. Tunjangan per bulan sejumlah €1,181 atau sekitar Rp20.240.026 untuk penerima beasiswa Master dan €1,700 atau sekitar Rp29.134.669 untuk penerima beasiswa Doktoral
  2. Biaya visa pelajar
  3. Tiket pesawat PP Indonesia–Perancis
  4. Biaya transportasi lokal
  5. Asuransi kesehatan
  6. Bantuan akses prioritas terhadap pencarian tempat tinggal
  7. Akses ke aktivitas-aktivitas kebudayaan

Syarat Pendaftaran Beasiswa Eiffel Excellence 2024

  1. Warga Negara Indonesia. Kandidat dengan kewarganegaraan ganda, di mana salah satunya adalah Prancis, tidak memenuhi syarat.
  2. Berusia maksimal 25 tahun untuk pelamar program Master atau maksimal 30 tahun untuk pelamar program Doktoral terhitung dari pembukaan program di tahun 2024.
  3. Pengajuan beasiswa tidak diajukan oleh pelamar sendiri tetapi diajukan oleh institusi pendidikan tinggi Prancis yang telah menyetujui pendaftaran perkuliahan anda. Berkas yang dikirim di luar mekanisme di atas, tidak akan diterima. Kandidat yang mencalonkan diri di lebih dari satu institusi, akan ditolak berkasnya secara otomatis.
  4. Beasiswa ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar program Master, Sekolah Teknik, maupun untuk mahasiswa Doktoral yang akan melakukan penelitian di Prancis sebagai bagian dari joint-doctoral program.
  5. Para pelamar yang telah mendapatkan beasiswa Pemerintah Prancis dari program beasiswa lain tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel.
  6. Jenis program yang dibiayai oleh beasiswa Eiffel adalah program yang terakreditasi oleh pemerintah Prancis, program yang memberi ijazah master, termasuk di dalamnya sekolah teknik (école d’ingénieur). Pelatihan dari institusi Prancis yang ditawarkan di luar Prancis tidak termasuk ke dalam kategori ini. Demikian juga untuk pelatihan dalam kerangka contrat d’apprentissage atau profesionalisasi.
  7. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh program studi dan universitas di Prancis yang dipilih.

Cara Mendaftar

Batas waktu pendaftaran beasiswa Eiffel 2024 adalah 10 Januari 2024. Langkah-langkah mendaftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran tidak diajukan sendiri oleh pelamar, melainkan oleh institusi pendidikan tinggi Perancis yang dituju.
  2. Pelamar dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu pada universitas dan program studi yang dipilih (informasi pilihan universitas dapat dilihat pada website resmi, pada bagian Temukan Program Studi masukkan jenjang program yang dituju kemudian klik tulisan Temukan dalam Katalog). Ikuti langkah-langkah pendaftaran pada program studi yang ingin dituju (biasanya bisa dilihat di website resmi kampus yang dituju).
  3. Setelah diterima dan mendapatkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA), pelamar dapat meminta pada pihak universitas untuk diajukan sebagai peserta beasiswa.
  4. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 1 April 2024.

Jika ada pertanyaan seputar beasiswa Eiffel Excellence 2024 yang lain, kamu bisa mengirimkan surat ke alamat:

Campus France – Programme Eiffel 28 rue de la Grange-aux-Belles 75010 Prancis

Atau kirim email ke: candidatures.eiffel@campusfrance.org

Good luck untuk kamu yang mendaftar beasiswa Eiffel Excellence. Untuk kamu yang ingin mencoba mendaftar beasiswa lainnya, yuk langsung saja akses blog KitaLulus. Ada banyak info beasiswa yang beragam, baik beasiswa pendidikan di dalam maupun luar negeri.

Langganan Info Beasiswa

Mau dapatkan informasi terupdate tentang beasiswa dalam negeri dan luar negeri? Subscribe sekarang!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!