PPPK

Bang Lulus Menjawab: Sistem Kontrak PPPK Guru 2021

Sistem Kontrak PPPK Guru 2021
Ingin tahu sistem kontrak PPPK guru 2021? Di artikel Bang Lulus Menjawab kali ini, Bang Lulus akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait sistem kontrak PPPK guru 2021. Ayo, simak pembahasannya!

Halo Dik Lulus! Menjelang pendaftaran PPPK, pasti Dik Lulus memiliki banyak pertanyaan ya. Karena itu, untuk menjawab pertanyaanmu seputar CPNS dan PPPK, Bang Lulus akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan Dik Lulus ke Bang Lulus lewat artikel Bang Lulus Menjawab.  

Di artikel Bang Lulus Menjawab kali ini, Bang Lulus akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait sistem kontrak PPPK guru 2021. Yuk, simak jawabannya!

Sistem Kontrak PPPK Guru 2021

1. Jika saya sudah lolos seleksi dan resmi menjadi PPPK, apakah saya akan seterusnya menjadi PPPK? Apakah kontrak saya akan terus berjalan?

Setelah lolos jadi PPPK, Dik Lulus akan diberi kontrak kerja. Di dalam kontrak kerja tersebut akan ada ketentuan yang harus dipenuhi agar kontrak kerja terus diperpanjang. Secara umum, kontrak kerja PPPK akan terus diperpanjang sampai umur 60 tahun, secara berkala 5 tahun sekali. 

2. Apakah saya bisa dipecat sebagai seorang PPPK? 

Bisa saja, jika kinerjanya tidak baik dan tidak sesuai prosedur yang dianjurkan instansi maupun pemerintah. Khusus untuk guru PPPK, kinerja dan prosedur kerja ditentukan oleh Kemdikbud. Sebagai referensi, ketentuan pemutusan hubungan perjanjian kerja diatur di PP no 49 tahun 2018.

3. Berapa lama kontrak saya sebagai seorang PPPK? 

Kontrak PPPK bervariasi tergantung masing-masing instansi yang dituju. Durasi kontrak PPPK minimal 1 tahun, maksimal sampai usia pensiun.

4. Jika saya sudah menjadi seorang PPPK di tahun ini, namun ingin mengikuti seleksi CPNS di tahun berikutnya, apakah bisa?

Masih bisa. Bahkan jika Dik Lulus sudah lulus PPPK tahun ini,  Dik Lulus punya kesempatan yang lebih besar untuk lulus seleksi CPNS di tahun berikutnya karena pemerintah memprioritaskan peserta (yang berusia kurang dari 35 tahun) yang sudah lulus PPPK di tahun sebelumnya.

Itulah penjelasan seputar sistem kontrak PPPK guru 2021. Nah, agar kamu lulus seleksi PPPK Guru 2021, jangan lupa untuk mempelajari materi seleksi PPPK Guru. Kamu bisa ikut kelas PPPK Lulus Baru Bayar dari KitaLulus lho. Tak perlu lagi khawatir soal biaya, karena kelas ini bisa dibayar setelah kamu lulus. Yuk, daftar kelasnya dengan WhatsApp Bang Lulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play