CPNS

CPNS 2022, Apakah Ada? Simak Penjelasan Menpan RB!

Close Pop up
cpns 2022 apakah ada
CPNS 2022, apakah ada? Cek penjelasan Menpan RB di artikel ini!

Isi Artikel

Tahap seleksi CPNS 2021 masih berlangsung, tapi sudah banyak Dik Lulus yang bertanya-tanya CPNS 2022 kapan dibuka dan menunggu informasi CPNS 2022 apakah ada.

Apa lagi belum lama ini beredar kabar di media sosial bahwa pemerintah tidak akan membuka seleksi CPNS 2022. Pasti kabar ini mengagetkan semua Pejuang ASN yang masih berharap bisa menjadi CPNS di tahun 2022. Tapi, apakah kabar tersebut benar adanya? Nah, kali ini Bang Lulus coba bocorkan untuk kamu, simak ya!


CPNS 2022, Apakah Ada?

Setiap tahunnya, kabar mengenai pembukaan pendaftaran CPNS selalu dinantikan oleh masyarakat. Mengingat CPNS adalah salah satu pekerjaan impian seluruh masyarakat di Indonesia. Maka ketika beredar kabar bahwa CPNS 2022 tidak dibuka, kabar ini pun langsung menjadi buah bibir.

Kabar bahwa penerimaan CPNS 2022 ditiadakan dengan cepat menyebar di kalangan Pejuang ASN. Isu ini awalnya bermula dari akun TikTok Milli Unri, yang menunjukan screenshot akun Instagram PLT Kepala Badan Kepegawaian Negeri, Bima Haria Wibisana. 

Dalam unggahannya, Bima menyebutkan bahwa CPNS 2022 tidak ada yang akan dibuka hanya PPPK saja.

“2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat-sangat sedikit. Yang banyak PPPK. PNS hanya untuk posisi pengambilan kebijakan. Di masa depan Total ASN itu idealnya 20 persen PNS dan 80 persen PPPK. Kesejahteraan sama,” tulis akun tersebut.

Ditambah lagi dengan post dari akun resmi Kejaksaan RI @biropegkejaksaan, yang menerangkan bahwa pada tahun depan Kejaksaan tidak akan melakukan perekrutan CPNS. 

"Mengingat tidak adanya seleksi untuk CPNS tahun depan, maka buat yang gagal tahun ini jangan menyerah, coba lagi untuk seleksi PPPK Kejaksaan RI tahun depan," tulis akun tersebut.

Tentunya ini semakin menguatkan bahwa CPNS 2022 tidak akan dibuka.

Apakah benar demikian atau ini hanya hoax?

Kabar ini sendiri sudah dikonfirmasi langsung ke Bima, dan ia membenarkan berita yang beredar tersebut. Bahwa CPNS 2022 tidak ada yang hanya ada seleksi PPPK. 

"Tahun depan hanya PPPK saja," kata Bima, dikutip dari Kompas.com yang coba mengkonfirmasi kabar ini pada Kamis, 9 Desember 2021.


Kabar CPNS 2022 Apakah Ada Dari Menpan RB

Namun, berbeda dengan pernyataan dari Bima, selaku penentu kebijakan terkait pengadaan CPNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapan bahwa pembukaan CPNS 2022, bukan tidak ada. Tapi pembukaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kalau tahun depan pengertian tidak ada, itu bukan nggak ada sama sekali, tapi pengurangan sesuai kebutuhan, 'Oh, kantor saya perlu tenaga analis, tenaga komputer,'" ungkap Tjahjo dikutip dari Detik.com.



Bagaimana maksudnya?

Jadi maksudnya, pembukaan formasi tidak akan lebih dari kebutuhan. "Butuh 5 ya 5, tidak boleh lebih. Dulu meninggal 5 masuk 100," jelas Tjahjo Kumolo. 

Namun, Tjahjo Kumolo juga membenarkan bahwa pada tahun 2022, pemerintah akan lebih banyak melakukan penerimaan pegawai dengan sistem PPPK daripada CPNS 2022. Tjahjo berharap dengan semakin banyaknya kuota yang tersedia untuk PPPK, tidak ada lagi tenaga honorer karena semua direkrut menjadi PPPK. Apalagi pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan yang sama, dari segi gaji PPPK dan tunjangan.

"Termasuk tenaga honorer, sudah mulai tidak ada dan sebagainya. Ke depan akan lebih banyak yang PPPK ini. Toh, kebijakannya juga sama kok, gaji, tunjangan sama," kata Tjahjo.


BACA JUGA: Apa itu PPPK untuk Guru?


Pengadaan PPPK 2022 Akan Dimaksimalkan

Pada tahun ini, jumlah formasi yang dibuka untuk seleksi PPPK untuk guru adalah sebanyak 1.000.000 formasi. Namun setelah melalui seleksi, hanya ada 507.848 formasi guru PPPK. Sehingga, sisa formasi yang ada akan dibuka kembali di tahun depan, dan akan untuk diusulkan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Lalu, formasi guru agama pada PPPK 2022 di sekolah negeri akan dibuka sebab tahun 2021 hanya dialokasikan sekitar 22.000 formasi. Kebijakan PPPK juga akan disesuaikan kemungkinan dialokasikan bagi THK-II yang memenuhi syarat dengan kebijakan afirmasi lebih berpihak kepada guru THK-II dibandingkan guru honorer lainnya. Dan menyesuaikan kembali seleksi kompetensi.

“Misalnya dengan tidak mensyaratkan seleksi kompetensi teknis, atau cukup dengan seleksi kompetensi manajerial, sosiokultural, dan wawancara sehingga peluang kelulusannya sangat besar,” jelas Tjahjo dikutip dari Kontan.co.id.


Nah, sudah jelas ya Dik Lulus, jadi CPNS 2022 tetap ada hanya saja pembukaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan artinya persaingan akan semakin ketat, artinya kamu harus benar-benar menyiapkan diri dengan matang. 


Beruntungnya sekarang untuk belajar latihan soal CPNS sangat mudah dan bisa dimana saja kapan saja. Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store dan nikmati ratusan soal latihan CPNS ter-update. Bahkan tidak hanya belajar persiapan CPNS, kamu juga bisa menemukan lowongan kerja yang sesuai denganmu. Aplikasinya gratis lho, yuk download sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Temukan karier impianmu dengan aplikasi KitaLulus!

KitaLulus Andoid App available on Google Play