CPNS

Patut Dicoba Biar Peluang Lulus Besar, Ini Daftar Formasi Paling Sedikit Peminat CPNS

Close Pop up
formasi paling sedikit peminat CPNS
Ingin memperbesar peluang lulus CPNS? Kamu bisa mendaftar ke formasi paling sedikit peminat CPNS. Berikut daftar formasi yang kurang populer. Siapa tahu rezekimu di formasi ini!

Pemilihan formasi juga bisa menentukan kesempatan kita untuk bisa lolos CPNS lho. Yap, formasi menentukan pesaing kita, jika formasi sedikit peminatnya tentu jumlah pesaing kita juga tidak terlalu banyak. Taktik memilih formasi paling sedikit peminat CPNS bisa kamu gunakan, dan berikut ini beberapa instansi yang kurang diminati oleh pendaftar.

Formasi Paling Sedikit Peminat CPNS

Bisa lolos CPNS tentu impian semua orang. Tapi, seleksi CPNS itu punya persaingan yang sangat ketat, ditambah lagi tingkat kesulitan untuk masuk dalam formasi pilihan juga menjadi tantangan tersendiri.

Bila kamu belum menentukan formasi secara pasti namun punya keinginan yang besar untuk lolos, memilih formasi paling sedikit peminat CPNS bisa menjadi opsi untuk memperbesar peluang. Di tahun ini, beberapa formasi yang pada tahun-tahun sebelumnya sepi peminat juga dibuka. 

Berikut ini kami rangkum, instansi dan formasi yang sepi peminatnya:

1. Dokter Spesialis

Formasi paling sedikit peminat CPNS yang pertama adalah dokter spesialis, bisa dibilang untuk formasi ini memang selalu sepi peminat. Apalagi untuk dokter spesial gigi, dan spesialis jantung. 

2. Pengawas Olaharaga

 Di tahun 2019, formasi ini bukan lagi dikatakan sepi peminat, melainkan tidak ada yang memilih. Olah karena itu, bila kamu belum memutuskan formasi mana yang ingin kamu lamar, pengawas olahraga bisa jadi pilihan yang membesar harapan kamu untuk lulus.

3. Analisis Konten Media Sosial

Di era ini, kita tidak lepas dari teknologi dan informasi termasuk di media sosial. Untuk itu, formasi analisis konten media sosial semakin penting, namun sayangnya formasi ini paling sedikit peminatnya. 

Jika kamu punya minat besar atau juga punya latar belakang teknologi dan informasi, kamu bisa melamar di formasi satu ini di CPNS 2021.

4. Analisis Informasi Kebudayaan

Sama seperti formasi pengawas olahraga, formasi analisis informasi kebudayaan juga tidak ada yang memilih di CPNS 2019 lalu. 

Jika kamu ingin lolos CPNS 2021 dan belum menentukan formasi, kamu bisa melamar untuk formasi ini. 

5. Penyusun Kebutuhan dan Perlengkapan Jalan

Formasi penyusun kebutuhan dan perlengkapan jalan juga bisa jadi opsi formasi yang kamu pilih untuk menghindari persaingan yang ketat. Penyusun kebutuhan dan perlengkapan jalan menjadi formasi paling sedikit peminat CPNS bahkan tidak ada yang mendaftar di tahun sebelumnya.

Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk lolos di tahun ini.

6. Pengelola Pemeliharaan Laboratorium

Di tahun lalu, formasi ini tidak ada yang mendaftar. Jika di 2021 formasi ini kembali dibuka, kamu bisa masuk ke formasi ini untuk membuka peluang kamu lolos.

7. Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian

Bila kamu seorang lulusan teknik elektro atau lulusan transportasi sejenisnya dan berminat untuk ikut seleksi CPNS, formasi satu ini bisa kamu jadikan pilihan karena formasi paling sedikit peminat CPNS. 

8. Pengadministrasian Izin Kawin dan Izin Cerai

Formasi paling sedikit peminat CPNS juga dialami formasi pengadministrasian izin kawin dan izin cerai. Bila kamu belum menentukan pilihan formasi dan latar belakang pendidikan kamu sesuai dengan persyaratan, tidak ada salahnya untuk memilih formasi ini agar bisa lolos CPNS 2021.

9. Asisten Ahli-Dosen

Posisi asisten ahli untuk CPNS dosen berbagai jurusan pada pendaftaran tahun lalu teramat sepi peminat, padahal di tahun lalu formasi yang disediakan lumayan banyak. Beberapa formasi asisten ahli dosen yang sepi peminat CPNS antara lain:

  • Asisten Ahli - Dosen Arkeologi : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Asas-Asas Kebudayaan Islam : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Audit Perbankan Syari`Ah : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Bahasa Cina : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Bahasa Pali : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Biostatistik : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Diksi : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Estetika Musik : 0 orang
  • Asisten Ahli - Dosen Etnomusikologi : 0 orang

10. Pengelola Pengembangan Sumberdaya Pendidikan Anak Usia Dini

Ini juga salah satu formasi yang sepi peminat pada CPNS di tahun-tahun sebelumya. Bagi Dik Lulus yang mungkin mempunyai minat di bidang pendidikan anak dan ingin lolos CPNS di tahun ini, formasi satu ini bisa jadi pilihan.

Instansi Paling Sepi Peminat CPNS

Selain formasi paling sedikit peminat CPNS, ada juga beberapa instansi yang juga kurang diminati pada tahun 2019, berikut ini daftarnya:

1. Kementerian Riset dan Teknologi, 43 pelamar

2. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, 94 pelamar

3. Setjen KOMNAS HAM, 117 pelamar

4. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, 133 pelamar

5. Kementerian Koordinator Bidang Polkumham, 184 pelamar

6. Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, 192 pelamar

7. Kementerian Koordinator Bidang PMK, 215 pelamar

8. Kementerian Pemuda dan Olahraga, 225 pelamar

9. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, 268 pelamar

10. Sekretariat Jenderal MPR, 281 pelamar


Itulah daftar formasi paling sedikit peminat CPNS yang bisa memperbesar peluang kamu lolos dan juga memiliki sedikit pesaing. Jika kamu sudah memutuskan formasi, jangan lupa juga untuk mempelajari soal-soal yang akan di ujikan. Kamu bisa menemukan ribuan soal dengan mendownload aplikasi KitaLulus. Tidak hanya ada ribuan soal CPNS, tapi kamu juga bisa mendapatkan materi pembahasan yang disampaikan oleh tutor profesional dengan cara yang asik.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play