CPNS

Daftar Ratusan Formasi CPNS Bogor 2021 Tingkat Kota dan Kabupaten

Close Pop up
formasi cpns bogor 2021
Kabar baik untuk warga Bogor, ratusan formasi CPNS Bogor 2021 sudah diumumkan, nih! Yuk, cek informasi selengkapnya di artikel ini.

Isi Artikel

Di pendaftaran CPNS tahun ini, kota hujan Bogor juga membuka pendaftaran CPNS lho, Dik Lulus. Tidak hanya pada tingkat kota Bogor tapi juga pada tingkat Kabupaten Bogor. Jumlah formasi CPNS Bogor 2021 terbuka untuk semua kalangan. Yuk tengok informasi lengkapnya di bawah ini!


Formasi CPNS Bogor 2021

Pada seleksi CPNS 2021, kota Bogor mengalokasikan 257 formasi yang terbagi menjadi 211 formasi untuk tenaga kesehatan, 46 formasi untuk tenaga teknis. Seperti yang tertuang dalam surat pengumuman nomor 800/ 3335-BKPSDM/2021 tentang penerimaaan pegawai aparatur negara di lingkungan pemerintah kota bogor tahun anggaran 2021.

Tidak hanya pada tingkat pemerintahan kota, kabupaten Bogor juga membuka formasi untuk CPNS, dengan jumlah 472 formasi,terdiri dari  tenaga kesehatan 375 formasi, 97 formasi tenaga teknis

Berikut ini rincian formasi CPNS Bogor 2021 baik tingkat pemerintahan kota maupun kabupaten.


Formasi CPNS Kota Bogor 2021

CPNS kota Bogor terbuka untuk semua kalangan, dengan kualifikasi pendidikan mulai dari D3, D4, dan S1 terbuka untuk formasi umum, formasi cumluade, formasi disabilitas.

Nantinya, CPNS Bogor akan ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan kota Bogor, seperti UPTD Puskesmas, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Keuangan dan Aset Kota Bogor, dan lainnya.


Tenaga Kesehatan

1. Ahli Pertama - Apoteker

Ada 11 penempatan unit kerja untuk Ahli Pertama Apoteker, salah satunya akan ditempatkan di Direktur RSUD Kota Bogor, yang mendapatkan jatah 6 formasi. Kualifikasi pendidikan Apoteker.

Jumlah formasi secara keseluruhan untuk Ahli Pertama Apoteker berjumlah 16 formasi untuk 10 penempatan unit kerja.


2. Ahli Pertama - Dokter

Kota Bogor juga membuka banyak formasi untuk dokter, untuk memenuhi kebutuhan dokter di tingkat UPTD Puskesmas. Salah satunya adalah UPTD Puskesmas Sempur, tersedia 2 formasi terbagi untuk 1 formasi cumlaude, 1 formasi umum. Kualifikasi pendidikan Dokter.

Total keseluruhan kebutuhan Ahli Pertama Dokter pada CPNS kota Bogor 2021 ada sebanyak 14 formasi dengan 12 penempatan unit kerja.


3. Ahli Pertama - Dokter Gigi

Sama halnya dengan Ahli Pertama Dokter, kebutuhan CPNS kota Bogor terhadap dokter gigi juga tinggi terutama untuk UPTD Puskesmas. Total 9 formasi yang akan mengisi di 9 penempatan unit kerja. Salah satunya adalah UPTD Puskesmas Gang Kelor yang membuka 1 formasi.


4. Ahli Pertama - Entomolog Kesehatan

Tersedia 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan D4 Kesehatan dan 2 formasi untuk kualifikasi S1 Kesehatan Masyarakat (Epidemiologi).  Penempatan unit kerja Dinas Kesehatan Kota Bogor.

5. Ahli Pertama - Nutrisionis

Ada 1 formasi untuk kualifikasi pendidikan S1 Nutrisionis dan akan ditempatkan di RSUD Kota Bogor.


6. Ahli Pertama - Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Kualifikasi pendidikan S1 dan D4 Promosi Kesehatan, tersedia 1 formasi untuk penempatan unit kerja Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Selain itu juga ada beberapa lainnya yang akan ditempatkan di 13 UPTD Puskesmas di wilayah kota Bogor, dengan total formasi ada 13 formasi.


7. Ahli Pertama - Perawat

Dibuka 10 formasi, untuk kualifikasi pendidikan Ners, penempatan unit kerja RSUD Kota Bogor.


8. Terampil Asisten Apoteker

Dibuka untuk 13 penempatan unit kerja, total formasi 25 formasi, Salah satu penempatan unit kerja adalah RSUD Kota Bogor dengan 10 formasi terdiri dari 1 formasi cumlaude dan 9 formasi umum


Tenaga Teknis

1. Ahli Pertama - Analis Ketahanan Pangan

Ada 1 formasi, untuk penempatan unit kerja Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Bogor, dengan kualifikasi pendidikan S1 Teknologi Pertanian, D4 Teknologi Pertanian, S1 Teknologi Pangan, D4 Teknologi Pangan.


2. Ahli Pertama - Pengelola Pengadaan Barang/Jasa

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 Hukum dan S1 Teknik Sipil, terbuka 2 formasi yang akan ditempatkan di Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kota Bogor , Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kota Bogor.


3. Ahli Pertama - Pekerja Sosial

Penempatan unit kerja Dinas Sosial, tersedia 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan S1 Kesejahteraan Sosial, D4 Kesejahteraan Sosial.


4. Ahli Pertama - Assessor SDM Aparatur

Disediakan 1 formasi untuk kualifikasi pendidikan S1 Psikologi, D4 Psikologi. Penempatan unit kerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor.


5. Analisis Olahraga

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan S1 Kepelatihan Olahraga, ada  1 formasi untuk penempatan Dinas Pemuda Dan Olahraga ,Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga , Seksi Promosi Olahraga Dan Prestasi.


Daftar lengkap formasi CPNS Bogor 2021 bisa kamu lihat pada link berikut ini


Formasi CPNS Kabupaten Bogor 2021

CPNS kabupaten Bogor membuka formasi untuk umum, cumlaude dan juga disabilitas. Sama seperti kota Bogor, CPNS akan mengisi beberapa penempatan unit kerja dilingkungan pemerintahan kabupaten Bogor seperti Puskesmas, RSUD, Inspektorat Kabupaten Bogor, dan beberapa penempatan unit kerja lainnya.

Untuk tenaga kesehatan, dialokasikan 12 jabatan, sedangkan tenaga teknis ada 10 jabatan dengan jenjang pendidikan mulai dari D3 hingga S1.


Tenaga Kesehatan

1. Ahli Pertama - Apoteker

Formasi ini akan ditempatkan di 16 Puskesmas di daerah kabupaten Bogor, jumlah total formasi inu Ahli Pertama Apoteker ada sebanyak 17 formasi yang terbagi untuk 11 formasi umum, 5 formasi disabilitas, 1 formasi cumlaude. Kualifikasi pendidikan Apoteker.

Salah satu penempatan unit kerja ada di Puskesmas Pabuaran Indah, dengan 2 formasi, 1 formasi disabilitas, 1 formasi cumlaude.


2. Ahli Pertama - Dokter

Total formasi yang dibutuhkan ada sebanyak 43 formasi. Penempatan unit kerja di 26 Puskesmas, 4 RSUD. Kualifikasi pendidikan Dokter.


3. Ahli Pertama - Dokter Gigi

Dialokasikan sebanyak 14 formasi yang akan ditempatkan di 14 Puskesmas salah satunya Puskesmas Sukajaya. Kualifikasi pendidikan Dokter Gigi.


4. Ahli Pertama - Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Ada 2 formasi terbuka untuk kualifikasi pendidikan D4 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat. Penempatan unit kerja Puskesmas Cilebut 1 formasi, Puskesmas Bojong 1 formasi.


5. Terampil Bidan

Total formasi sebanyak 23 formasi, untuk 22 penempatan unit kerja di Puskesmas. Kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan.


Tenaga Teknis

1. Ahli Pertama - Analis Kebakaran

Ada 2 formasi untuk 2 penempatan unit kerja, Dinas Pemadam Kebakaran Bidang Penanggulangan Kebakaran Seksi Operasi Pemadaman 1 formasi, Dinas Pemadam Kebakaran Bidang Penanggulangan Kebakaran Seksi Penyelamatan Dan Pertolongan Darurat 1 formasi.. 

Kualifikasi pendidikan S1 Planologi, S1 Geografi, D4 Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, S1 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.


2. Ahli Pertama - Auditor

Total 4 formasi terbagi atas 3 formasi umum, 1 formasi khusus cumlaude. Ada 4 penempatan unit kerja Inspektorat Kabupaten Bogor Inspektorat Pembantu III ada 1 formasi umum, Inspektorat Kabupaten Bogor Inspektorat Pembantu I, 1 formasi khusus cumlaude, Inspektorat Kabupaten Bogor Inspektorat Pembantu II, 1 formasi, Inspektorat Kabupaten Bogor Inspektorat Pembantu IV, 1 formasi  umum.

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk posisi ini adalah S1 Hukum, S1 Keuangan, S1 Teknik Sipil.


3. Ahli Pertama - Penggerak Swadaya Masyarakat

Dialokasikan sebanyak 43 formasi untuk 43 penempatan unit kerja di tingkat Kecamatan. Kualifikasi pendidikan  yang bisa melamar untuk jabatan ini adalah D4 Kesejahteraan Sosial, S1 Kesejahteraan Sosial, S1 Ekonomi Pembangunan.  


4. Ahli Pertama - Pengawas Lingkungan Hidup 

Ada 3 formasi terdiri dari  1 formasi cumlaude, 2 formasi umum untuk kualifikasi pendidikan S1 Manajemen Lingkungan, S1 Teknik Lingkungan. Penempatan unit kerja Dinas Lingkungan Hidup/Bidang Pengendalian Pencemaran Dan Kemitraan/Seksi Pengendalian Pencemaran, 1 formasi umum, Dinas Lingkungan Hidup/Bidang Penataan Hukum Dan Pemulihan Lingkungan /Seksi Penegakan Hukum Lingkungan, 1 formasi cumlaude, Dinas Lingkungan Hidup/Bidang Pengendalian Pencemaran Dan Kemitraan/Seksi Pengelolaan B3 Dan Limbah B3, 1 formasi umum. 


5. Ahli Pertama Pengawas Koperasi

Ada 2 formasi umum untuk 2  penempatan unit kerja, Dinas Lingkungan Hidup/Bidang Pengendalian Pencemaran Dan Kemitraan/Seksi Pengendalian Pencemaran 1 formasi, Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Bidang Kelembagaan Dan Pengawasan /Seksi Pengembangan, Penguatan Dan Perlindungan Koperasi 1 formasi. Kualifikasi pendidikan untuk posisi ini adalah S1 Manajemen, S1 Hukum, S1 Ekonomi, S1 Akuntansi.


Untuk formasi lainnya bisa kamu lihat di link berikut.


Persyaratan Peserta Formasi CPNS Bogor 2021

Baik untuk CPNS Bogor dan CPNS Kabupaten memiliki ketentuan persyaratan bagi para pelamar. Berikut ini poin persyaratan CPNS Bogor dan Kabupaten Bogor.


Persyaratan Umum Formasi CPNS Bogor dan Kabupaten Bogor 2021

1. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi Pegawai ASN;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

5. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.


Persyaratan Khusus Formasi CPNS Bogor dan Kabupaten Bogor  2021

1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar, dikecualikan bagi pelamar untuk Jabatan dan kualifikasi pendidikan dokter dan dokter Gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar;

2. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan:

     a. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;

     b. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia;

     c. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah. Jika tanggal kelulusan dalam masa jeda akreditasi, menggunakan akreditasi yang berlaku sebelumnya; dan

     d. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas/sederajat harus memiliki ijazah sekolah menengah atas/sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan/atau Kementerian Agama.

3. Pelamar yang melamar pada kebutuhan jenis Jabatan tenaga kesehatan yang mensyaratkan Surat Tanda Registrasi (STR) harus melampirkan STR (bukan internship) sesuai Jabatan yang dilamar.

     a. STR dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

     b. STR harus masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR.

     c. STR diunggah pada SSCASN dan dilakukan validasi terhadap kesesuaian STR.

4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan persyaratan nilai:  Pendidikan D3, D4, S1, Profesi minimal = 2,75 pada skala 4

5. Lulusan pendidikan D4 (Diploma IV) tidak bisa mendaftar pada formasi dengan kualifikasi pendidikan S1 (Strata 1) dan sebaliknya. Kecuali pada kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan terdapat pilihan tanda garis miring. Contoh: S1 Teknologi Hasil Perikanan / D4 Teknologi Hasil Perikanan.

6. Bagi penyandang disabilitas yang mendaftar formasi khusus disabilitas dan formasi umum, wajib melampirkan:

     a. Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

     b. Menyampaikan link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.

7. Formasi cumlaude dapat dilamar oleh pelamar dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, dengan persyaratan sebagai berikut:

     a. Mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata Satu (S1), tidak termasuk Diploma Empat (D4)

     b. Perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “dengan pujian”/cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; dan

     c. Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri, dapat melamar pada kebutuhan khusus cumlaude, setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.



Dokumen Persyaratan Formasi CPNS Bogor 2021

Ada beberapa dokumen yang perlu kamu unggah saat melakukan pendaftaran, baik kamu akan melamar formasi CPNS Bogor atau CPNS Kabupaten Bogor. Berikut ini persyaratannya.


Dokumen Persyaratan CPNS Kota Bogor

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

2. Surat lamaran ditujukan kepada Wali Kota Bogor, diketik menggunakan komputer, dan ditandatangani  bermaterai Rp. 10.000  dengan pena bertinta hitam (format dapat diunduh di sini);

3. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk:

4. Transkrip Nilai asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk:

5. STR bagi tenaga kesehatan sesuai dengan keahliannya

6. Pas foto close up terbaru berwarna, tampak depan berlatar belakang merah. 

7. Surat Pernyataan 6 poin (format dapat diunduh di sini)

8. Dokumen pendukung lainnya (sertifikat, akreditasi program studi dan perguruan tinggi)

9. Bagi formasi khusus disabilitas melampirkan surat dari dokter yang menjelaskan keadaan disabilitas, dan video melakukan aktivitas sehari-hari. 

Setiap dokumen persyaratan wajib dokumen asli, terlihat dan terbaca dengan jelas dengan cara di scan kemudian di unggah melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan format dan ukuran/size sesuai dengan ketentuan.



Dokumen Persyaratan CPNS Kabupaten Bogor 

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

2. Surat lamaran ditujukan kepada Bupati Bogor, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format dapat diunduh di sini);

3. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk:

4. Transkrip Nilai asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk:

5. STR bagi tenaga kesehatan sesuai dengan keahliannya

6. Pas foto close up terbaru berwarna, tampak depan berlatar belakang merah.

7. Surat Pernyataan 6 poin (format dapat diunduh di sini)

8. Dokumen pendukung lainnya (sertifikat, akreditasi program studi dan perguruan tinggi)

9. Bagi formasi khusus disabilitas melampirkan surat dari dokter yang menjelaskan keadaan disabilitas, dan video melakukan aktivitas sehari-hari. 

Setiap dokumen persyaratan wajib dokumen asli, terlihat dan terbaca dengan jelas dengan cara di scan kemudian di unggah melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan format dan ukuran/size sesuai dengan ketentuan.


Tata Cara Pendaftaran Formasi CPNS Bogor 2021

Kamu masih punya kesempatan untuk mendaftar hingga 26 Juli 2021. Baik formasi CPNS Bogor dan Kabupaten Bogor dapat langsung melamar melalui portal website sscasn.bkn.go.id dimana kamu pertama-tama harus membuat akun SSCANS. Untuk membuat akun kamu wajib mengisi NIK, nomor KK, data diri, dan mengunggah swafoto.

Jika sudah berhasil membuat akun, selanjutnya kamu bisa log in dan memilih instansi CPNS Bogor atau CPNS Kabupaten Bogor dan formasi yang sesuai dengan kamu. Jangan lupa juga unggah semua dokumen yang diperlukan.

Cek kembali semua data diri dan juga dokumen-dokumen yang diunggah sebelum kamu mencetak kartu.

Jika kamu sudah mendaftar, manfaatkan waktu kamu sebelum tes SKD dengan belajar latihan soal CPNS. Kamu bisa belajar melalui aplikasi KitaLulus, ada ribuan soal beserta pembahasannya. Tidak cuma bisa latihan soal, kamu juga bisa ikut kelas online agar belajar kamu lebih intens. Semuanya cukup di satu aplikasi saja. Yuk, buruan download!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play