CPNS

Formasi CPNS 2021 Jawa Timur Sudah Diumumkan, Ada Formasi untuk Lulusan SMK Lho!

Close Pop up
formasi cpns 2021 jawa timur
Formasi CPNS 2021 Jawa Timur sudah diumumkan, nih! Apa saja ya? Yuk cek detailnya di artikel ini!

Isi Artikel

Jumlah alokasi CPNS untuk Jawa Timur mengalami penambahan. Dan Dik Lulus tau gak? Untuk sementara ini formasi CPNS 2021 Jawa Timur adalah salah satu yang menjadi terfavorit lho di tingkat instansi daerah. Jika kamu salah satu yang mengincar formasi di Jawa Timur, perlu simak beberapa info di bawah ini, ya sebelum melamar!


Formasi CPNS 2021 Jawa Timur Instansi Daerah Terfavorit

Berdasarkan pantauan dari BKN per 19 Juli 2021 pukul 15.41 WIB, jumlah pelamar CPNS dan PPPK 2021 di Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencapai 39.800. Jumlah ini bahkan mengungguli pelamar formasi CPNS 2021 Jawa Barat lho.


Jumlah Formasi CPNS 2021 Jawa Timur

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh BKD Jawa Timur melalui akun Instagramnya. Jumlah formasi CPNS 2021 Jawa Timur adalah 1.480 formasi, jumlah ini sendiri bertambah dari alokasi semula yang sebanyak 1.390. 

Dari 1.480 formasi yang dibuka, terbagi atas 1.365 formasi umum, 28 formasi disabilitas, 15 formasi cumlaude. Dengan pembagian untuk dua jabatan fungsional, tenaga kesehatan 665 formasi, dan tenaga teknis 743 formasi.  

Kesempatan untuk melamar formasi CPNS 2021 Jawa Timur ini terbuka untuk siapapun, mulai dari lulusan SMK, Diploma,  dan Sarjana.

Berikut ini rincian beberapa formasi CPNS 2021 Jawa Timur yang tersedia.


1. Ahli Pertama - Pekerja Sosial

Formasi ini salah satu yang banyak dibutuhkan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur membuka 4 formasi umum untuk posisi ini, dan akan ditempatkan di beberapa unit kerja yaitu Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur | UPT Perlindungan Dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Situbondo.


2. Ahli Pertama - Administrator Database Kependudukan

Posisi ini dibuka 1 formasi. Kualifikasi pendidikan yang dicari dalam formasi ini adalah S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informatika.

Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur | Bidang Kependudukan Dan Pencatatan Sipil | Seksi Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil.


3. Ahli Pertama - Analis Pasar Hasil Perikanan

Posisi ini tersedia untuk 2 penempatan unit kerja, yaitu:

  1. Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur | Bidang Pengolahan Dan Pemasaran Produk Kelautan Dan Perikanan | Seksi Akses Pasar, Promosi Dan Logistik, ada 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan / S1 Teknologi Hasil Perikanan / S1 Agrobisnis Perikanan.
  2. Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur | Bidang Pengolahan Dan Pemasaran Hasil | Seksi Pengembangan Usaha Dan Pemasaran, dengan kualifikasi pendidikan S1 Teknologi Hasil Pertanian/ S1 Teknologi Industri Pertanian / S1 Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian,tersedia 1 formasi. 

4. Ahli Pertama - Analis Perdagangan

Ada 1 formasi, kualifikasi pendidikan S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen. Dengan penempatan unit kerja Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Bidang Pengembangan Industri Dan Perdagangan | Seksi Pengembangan Perdagangan. 

5. Ahli Pertama - Assessor SDM Aparatur

Ada 2 formasi umum, 1 formasi cumlaude dengan total 3 formasi, untuk kualifikasi pendidikan S1 Psikologi. Penempatan unit kerja posisi ini adalah Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur | Kelompok Jabatan Fungsional.

6. Ahli Pertama - Mediator Hubungan Industrial

Kualifikasi pendidikan yang dicari untuk formasi ini adalah S1 Ilmu Hukum dan juga S1 Hukum. Jumlah formasi 3 formasi. Nantinya akan ditempatkan di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur | Bidang Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial.

7. Ahli Pertama - Pengantar Kerja

Dibuka 4 formasi umum, 1 formasi disabilitas, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan S1 Kesejahteraan Sosial, penempatan unit kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur | Bidang Penempatan Dan Perluasan Kesempatan Kerja.

8. Ahli Pertama - Pengawas Ketenagakerjaan

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 Hukum dan S1 Ilmu Hukum. Total ada 12 formasi, terbagi menjadi 11 formasi umum, 1 formasi disabilitas. Penempatan unit kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur | Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.

9. Analis Rencana Induk Jaringan Transportasi Darat

Formasi ini terbuka untuk kamu dengan kualifikasi pendidikan D4 Manajemen Transportasi/ S1 Manajemen Transportasi, ada 1 formasi, untuk penempatan unit kerja di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur | Bidang Lalu Lintas Jalan | Seksi Prasarana Lalu Lintas.

10. Terampil Pustakawan

Total ada 6 formasi, terbagi atas 4 formasi umum, 2 formasi disabilitas. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk formasi ini adalah D3 Perpustakaan, D3 Ilmu Perpustakaan, D3 Perpustakaan dan Informasi. Penempatan unit kerja Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Jawa Timur | Bidang Pelayanan Perpustakaan Dan Informasi | Seksi Pelayanan Perpustakaan.

11. Ahli Pertama Dokter

Dibuka banyak sekali formasi untuk posisi ini dengan penempatan di beberapa rumah sakit. Salah satunya adalah di RSUD. Dr Soedono Madiun, terbuka 5 formasi.

12. Pemula Mutu Pakan

Di tahun ini Pemprov Jatim menyediakan banyak alokasi formasi untuk lulusan SMK. Setidaknya ada sebanyak 127 formasi. 

Dari 127 formasi tersebut, terbagi untuk beberapa posisi, salah satunya adalah Pemula Mutu Pakan, dengan jumlah formasi 2 formasi, untuk 2 penempatan. Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur | Upt Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Di Jember | Seksi Produksi Upt Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Di Jember dibutuhkan 1 formasi dengan kualifikasi SMK Peternakan.

Lalu, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur | Upt Pembibitan Ternak Dan Kesehatan Hewan Di Madura | Seksi Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Upt Pembibitan Ternak Dan Kesehatan Hewan Di Madura, 1 formasi. Kualifikasi pendidikan SMK Peternakan.

Masih ada banyak formasi lainnya yang dibuka oleh Pemprov Jatim, informasi tersebut bisa kamu baca di sini!

Persyaratan Pelamar Formasi CPNS 2021 Jawa Timur

Pemprov Jawa Timur membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi para pelamar untuk mendaftar, selama dia memenuhi persyaratan berikut ini.

Persyaratan Umum

1. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi Pegawai ASN;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

5. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

6. Pelamar hanya dapat melamar pada 1 (satu) instansi dan 1 (satu) Jabatan; dan

7. Dalam hal pelamar diketahui melamar lebih dari 1 (satu) instansi dan/atau 1 (satu) jenis Jabatan dan/atau jenis jalur kebutuhan PNS atau PPPK atau menggunakan 2 (dua) Nomor Induk Kependudukan yang berbeda, pelamar dinyatakan gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

8. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar, dikecualikan bagi pelamar untuk Jabatan dan kualifikasi pendidikan dokter dan dokter Gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar;

9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan:

10. Pelamar CPNS yang melamar pada kebutuhan jenis Jabatan Tenaga Kesehatan yang mensyaratkan Surat Tanda Registrasi (STR) harus melampirkan STR (bukan internship) sesuai Jabatan yang dilamar:

      a. STR dikeluarkan oleh instansi yang berwenang;

      b. STR harus masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR;

      c. STR diunggah pada SSCASN dan dilakukan validasi terhadap kesesuaian STR;

11. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan persyaratan nilai:

      a. Pendidikan D3, D4, S1, Profesi, S2 minimal = 3,00 pada skala 0 - 4,00; dan

      b. Sekolah Menengah Atas/sederajat: kumulatif transkrip nilai rata-rata minimal = 7,00 pada skala 0 - 10,00.

12. Lulusan pendidikan D4 (Diploma IV) tidak bisa mendaftar pada formasi dengan kualifikasi pendidikan S1 (Strata 1) dan sebaliknya. Kecuali pada kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan terdapat pilihan tanda garis miring/ Contoh: S1 Teknologi Hasil Perikanan / D4 Teknologi Hasil Perikanan;

13. Pelamar Formasi Jabatan Pemula – Pengendali Ekosistem Hutan, Pemula - Polisi Kehutanan dan Petugas Aviation Security (AVSEC), mensyaratkan:

       a. Laki-laki dengan tinggi badan minimal 160 cm;

       b. Perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm; dan

       c. Berat badan proporsional.

       d. Syarat tersebut dibuktikan dengan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang diunggah di SSCN;

14. Bagi penyandang disabilitas yang mendaftar formasi khusus disabilitas atau formasi umum, wajib melampirkan:

       a. Surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

       b. Menyampaikan link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.

15. Bagi pelamar formasi cumlaude dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, dapat dilamar dengan persyaratan sebagai berikut:

       a. Mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata Satu (S1), tidak termasuk Diploma Empat (D4);

       b. Perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “dengan pujian”/cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; dan

       c. Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri, dapat melamar pada kebutuhan khusus cumlaude, setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dokumen Persyaratan Formasi CPNS 2021 Jawa Timur

Setiap pelamar, tanpa kecuali wajib melengkapi beberapa dokumen persyaratan yang nantinya perlu kamu unggah pada saat melakukan pendaftaran. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan.

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

2. Surat lamaran ditujukan kepada Ibu Gubernur Jawa Timur di Surabaya, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format dapat diunduh di sini)

3. Pas foto close up terbaru berwarna tampak depan berlatar belakang merah;

4. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan. Tambahan khusus untuk:

5. Transkrip Nilai asli sesuai kualifikasi pendidikan. Tambahan khusus untuk:

6. Melampirkan surat pernyataan bersedia mengabdi pada Instansi Pemerintah yang bersangkutan saat melamar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat sebagai PNS (format bisa diunggah di sini);

7. STR bagi tenaga kesehatan sesuai dengan keahliannya, berkas tersebut diunggah bersamaan dengan dokumen ijazah dalam 1 file format .pdf; dan

8. Khusus Pelamar Jabatan Pemula – Pengendali Ekosistem Hutan, Pemula - Polisi Kehutanan dan Petugas Aviation Security (AVSEC), melampirkan surat keterangan Tinggi Badan dan Berat Badan proporsional, berkas tersebut diunggah bersamaan dengan dokumen ijazah dalam 1 file format .pdf (format surat bisa diunggah di sini).

Dokumen persyaratan dengan dokumen asli, terlihat dan terbaca dengan jelas dengan cara di scan kemudian di unggah melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan format dan ukuran/size sesuai.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran CPNS dan PPPK masih terbuka hingga 26 Juli 2021, setelah BKN mengumumkan perpanjangan jadwal CPNS 2021. buat kamu yang belum daftar, bisa langsung mendaftarkan diri melalui portal sscasn.bkn.go.id. Pertama jangan lupa kamu perlu membuat akun SSCASN dengan menggunakan NIK KTP, nomor KK, dan beberapa data diri lainnya. Jangan lupa juga unggah swafoto sesuai ketentuan.

Jika sudah, kamu bisa log in dan memilih instansi Pemprov Jawa Timur dan memilih formasi yang sesuai denganmu. Isi semua data diri dengan sebenar-benarnya, dan juga unggah semua dokumen yang dibutuhkan.

Jika kamu tertarik untuk melamar di formasi CPNS 2021 Jawa Timur, persiapan kamu harus ekstra, belajar juga harus ekstra. Nah, jika kamu butuh belajar ekstra, aplikasi KitaLulus, siap membantu kamu, ada ribuan latihan soal lengkap dengan pembahasan. Selain itu juga ada kelas online dengan tentor profesional dan metode belajar yang menyenangkan. Pastinya bikin kamu jadi ekstra siap!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play