CPNS

Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan D3, Emang Ada Apa Aja?

Close Pop up
formasi cpns untuk lulusan d3
Berikut ini formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini. Formasi apa yang kamu incar?

Cuma lulusan D3, emang bisa jadi CPNS di tahun ini? Ya, bisa banget dong! Jangan sedih dulu, Formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 tersedia di beberapa instansi pemerintahan. Bahkan kamu juga bisa melamar di instansi favorit lho! Penasaran gak formasi apa saja yang tersedia untuk lulusan D3? Yuk, di baca sampai bawah, ya Dik Lulus!

Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan D3

Di tahun ini, formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 juga cukup banyak lho. Apa kamu sudah tahu?

Berikut ini beberapa instansi yang membuka kesempatan untuk kamu para lulusan Diploma 3.

1. Kejaksaan Agung

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 pertama adalah dari instansi Kejaksaan Agung. Pada CPNS tahun ini membuka cukup formasi untuk D3 hal ini diumumkan langsung melalui akun Instagram resmi @biropegkejasaan.

Inilah beberapa formasi CPNS untuk lulusan D3 di Kejaksaan Agung.. 

A. Pengolah Data Intelijen

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 yang dibuka Kejaksaan Agung pertama adalah pengolah data intelijen. 

Apa sih tugasnya? 

Nah, untuk tugasnya sendiri kamu akan membantu Kejaksaan Agung menjalankan perannya sebagai bagian dari intelijen  penegak hukum dengan berperan secara aktif melakukan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan dalam rangka mencapai tertib hukum. Selain itu, kamu juga akan melakukan pengamanan proyek strategis pemerintah.

Formasi ini dibuka sebanyak 432 untuk beberapa lulusan D3 seperti D3 Komputer, D3 Sistem Informatika, D3 Manajemen Informatika, dan D3 Administrasi Perkantoran.

B. Pengelola Pengaduan Publik

Formasi untuk lulusan D3 yang kedua adalah pengelola pengaduan publik. Jumlah formasi yang dibuka untuk formasi ini adalah sebanyak 141 untuk beberapa lulusan D3 dari jurusan komunikasi, administrasi, teknik informatika, teknik komputer.

Seperti namanya, nantinya kamu punya peran dalam mengelola aduan publik yang masuk di Kejaksaan Agung, baik itu pelayanan maupun individu pegawai kejaksaan agar bekerja sesuai koridor yang digariskan.

C. Pengolah Data Perkara dan Putusan

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 ini terbuka untuk kamu yang lulus dari jurusan administrasi pemerintahan, teknik informatika, manajemen informatika, administrasi perkantoran, dan manajemen. Total ada 495 formasi untuk jabatan ini.

Jika kamu bertanya apa tugasnya seorang pengolah data perkara dan putusan. Jangan salah, kamu nantinya akan punya peran penting dalam keberhasilan penanganan perkara, dari mulai penyelidikan, penyidikan, penentuan keputusan sampai dengan eksekusi.

D. Pranata Barang Bukti

Jabatan ini membuka 527 formasi untuk lulusan D3 dari jurusan administrasi, komputer, perkantoran, manajemen, sekretaris.

Seperti yang kita tahu, kejaksaan adalah lembaga penuntut yang berwenang dalam eksekusi barang bukti maupun barang rampasan, nah di sinilah peran penting kamu nantinya sebagai pranata barang bukti sangat dibutuhkan. 

2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Selain Kejaksaan Agung, instansi lainnya yang setiap tahunnya juga membuka formasi untuk lulusan Diploma 3 adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jika kamu berminat, kamu bisa melamar di formasi pengendali ekosistem hutan, atau juga polisi kehutanan terampil. Kedua formasi tersebut dibuka untuk lulusan D3.

3. Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan, salah satu instansi yang menjadi idola setiap peserta CPNS ternyata juga membuka lowongan untuk lulusan D3 lho, Dik Lulus. Yap, beberapa formasi di KemenKeu juga tersedia untuk lulusan D3 dari berbagai latar belakang pendidikan sepert:

  • D3 desain grafis untuk formasi operator komputer grafis;
  • D3 farmasi, analisis farmasi, farmasi industri untuk formasi peneliti laboratorium;
  • D3 teknik kimia, teknik mineral, pertambangan logam untuk formasi penelitian laboratorium
  • D3 akuntansi mengisi formasi pengelola barang milik negara
  • D3 perpajakan, manajemen, akutansi formasi pengelola data dan perpajakan
  • dan masih banyak lagi

4. Kementerian Hukum dan HAM

Bagaimana dengan KemenkumHAM, apa ada juga formasi untuk lulusan D3? Ada dong!

Untuk kamu yang tertarik menjadi CPNS di Kemenkumham tapi hanya lulusan D3, jangan berkecil hati dulu, ya. Karena masih ada beberapa formasi kok yang tersedia untuk lulusan D3 seperti:

A. Pengelola Barang Milik Negara 

Pertama formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 di KemenkumHAM adalah formasi pengelola barang milik negara. Formasi ini terbuka untuk lulusan D3 komputer akuntansi, dan akuntansi.

B. Pengelola Keamanan dan Ketertiban

Lalu, kamu juga bisa melamar untuk formasi di jabatan pengelola keamanan dan ketertiban. formasi ini terbuka untuk Dik Lulus pemegang ijazah D3 administrasi publik, administrasi pemerintah, dan administrasi negara.

C. Pranata Laporan Keuangan

Jabatan lainnya yang bisa dilamar oleh CPNS D3 adalah pranata laporan keuangan. Formasi ini dibuka untuk lulusan D3 program studi akuntansi dan komputer akuntansi.

D. Pranata Sidik Jari

Lulusan D3 sistem informasi, teknologi informasi, manajemen informatika, bisa diterima di posisi ini. Jika tertarik, kamu bisa memilih formasi ini nanti.

Syarat CPNS Lulusan D3

Setelah kamu mengetahui formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3, kamu juga perlu mengetahui apa syarat untuk melamar CPNS bagi lulusan D3.

Persyaratan umum yang perlu kamu ketahui adalah IPK kamu setidaknya adalah 2,75 dan kampus kamu sudah terakreditasi oleh BAN PT pada saat kamu melamar. Selain persyaratan umum tersebut, nantinya juga akan ada persyaratan khusus yang ditetapkan oleh instansi yang kamu lamar. 

Tiap instansi menerapkan persyaratan yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu selalu memperbarui informasi mengenai pendaftaran CPNS 2021.


Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri, mulailah berlatih belajar soal CPNS 2021. Sekarang untuk belajar soal CPNS tidak perlu repot, kamu bisa lho belajar dari smartphone, caranya kamu cukup install aplikasi KitaLulus. Kamu bisa menemukan ribuan latihan soal lengkap dengan pembahasannya, ada juga kelas online untuk kamu yang ingin belajar dengan intensif bersama tentor profesional. 

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play