CPNS

Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan S1, Ini Daftarnya!

Close Pop up
formasi cpns 2021 untuk lulusan s1
Di tahun ini, bagaimana ya... jumlah formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1? Mari simak dalam artikel di bawah ini!

Selain mengenai jadwal CPNS, salah satu yang membuat penasaran adalah mengenai formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1. Seperti yang kita ketahui, formasi CPNS untuk strata 1 memang  yang sangat mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pelamar. Di tahun ini, bagaimana ya... jumlah formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1? Mari simak dalam artikel di bawah ini!

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1

Di 2021, kebutuhan ASN adalah sebanyak 1,3 juta yang terbagi untuk instansi pusat sebanyak 83.669 formasi dan instansi daerah sebanyak 1.191.718 formasi. Apa semuanya untuk lulusan S1? Oh, tentu saja tidak, jumlah formasi yang dibuka ini diperuntukan juga untuk lulusan tingkat pendidikan lainnya seperti SMA atau sederajat, atau juga untuk Diploma. 

Lalu, seperti apa sih formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1, instansi mana saja yang menerima dan terbuka untuk para sarjana S1?

1. Kejaksaan Agung

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 pertama dari instansi Kejaksaan Agung. Yap, di tahun ini sendiri KejaGung membuka formasi sebanyak 4148 untuk berbagai jenjang pendidikan dan salah satunya juga untuk lulusan S1. 

Beberapa formasi formasi cpns 2021 untuk lulusan S1 di Kejaksaan Agung antara lain:

A. Ahli Pertama Pranata Komputer 

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 komputer juga dibutuhkan di Kejaksaan Agung lho! Untuk kamu yang seorang lulusan S1 komputer, S1 teknik informatika, S1 sistem informasi. Kejaksaan Agung siap menyambut kamu untuk bergabung. 

Setidaknya ada 179 formasi yang dibuka untuk ahli pranata komputer.

Jabatan fungsional ini akan membantu Kejaksaan Agung melaksanakan tugas teknologi informasi berbasis komputer, mulai dari tata kelola dan tata laksana teknologi informasi, infrastruktur teknologi informasi, serta sistem informasi multimedia. 

B. Analisis Forensik Digital

Untuk formasi analis forensik digital dibuka sebanyak 140 formasi. Formasi ini diperuntukan untuk kamu dengan ijazah S1 teknologi informasi, S1 teknik elektro, S1 teknik informatika.

Jabatan ini, nantinya kamu akan membantu Jaksa untuk mengungkap kebenaran dari barang bukti elektronik dan digital. Kamu akan bertugas menganalisis dan menelaah yang selanjutnya kamu tuangkan dalam bentuk laporan hasil pemeriksaan forensik. 

C. Ahli Pertama Penilai Pemerintah

Formasi ketiga, juga bisa kamu lamar sebagai lulusan S1. Jika kamu berlatar belakang pendidikan S1 ekonomi, S1 manajemen, S1 teknik sipil. Kamu sangat bisa mengambil formasi ini saat mendaftar CPNS 2021 nanti. 

Jumlah formasi yang dibutuhkan sendiri ada sebanyak 43 formasi.

Ahli pertama penilai pemerintah sendiri mempunya tugas fungsional yang melakukan kegiatan penilaian aset (properti atau bisnis). Dan akan menjadi garda terdepan Kejaksaan Agung dalam upaya pemulihan aset secara nasional. 

Penilaian aset sendiri meliputi berbagai macam aset yang pernah hilang akibat tindak pidana korupsi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

D.  Analisis Rancangan Naskah Perjanjian

Untuk kamu lulusan S1 hukum, atau ilmu hukum, bila kamu tertarik untuk berkarir di Kejaksaan Agung. Kamu bisa memilih formasi analisis rancangan naskah perjanjian di pendaftaran CPNS tahun ini. Formasi ini dibuka sebanyak 77 formasi.

Analisis rancangan naskah perjanjian sesuai namanya mempunyai peran untuk menganalisis dan juga penelaah dalam rangka penyusunan rekomendasi dibidang naskah perjanjian. Dan nantinya dapat berkolaborasi dalam mendukung Jaksa Pengacara negara untuk mewakili kepentingan negara.

E. Jaksa

Formasi khusus untuk para sarjana hukum ini di tahun ini dibuka sebanyak 1000 formasi. Hal ini sendiri tidak terlepas dari masih kurangnya jumlah jaksa yang dimiliki saat ini.

Untuk petualangan karir kamu sebagai jaksa sendiri akan dimulai dari CPNS Kejaksaan RI, selanjutnya kamu akan diangkat menjadi PNS dengan status calon jaksa yang akan bertugas di seluruh wilayah Indonesia. Lalu, kamu akan mendapatkan pelatihan pembentukan jaksa (PPPJ). 

Namun perlu Dik Lulus ketahui juga, jumlah formasi ini masih bersifat sementara. Sebab masih ada 1.234 formasi yang belum diumumkan oleh Kejaksaan Agung, Mari kita tunggu bersama informasi selanjutnya, ya!

2. Jabatan untuk Lulusan S1 Berbagai Jurusan

Selain kejaksaan agung formasi CPNS untuk lulusan S1 juga tersedia untuk berbagai jurusan lainnya di berbagai instansi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Penyuluh sosial
  2. Auditor
  3. Peneliti
  4.  Widyaiswara
  5. Penggerak swadaya masyarakat
  6. Perekayasa
  7. Pemeriksa
  8. Pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah
  9. Perencana
  10. Analisis kebijakan
  11. Pekerja sosial

Tentunya, akan masih banyak lagi formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 yang akan dibuka dan diumumkan oleh masing-masing instansi. 

Link CPNS untuk Lulusan S1

Untuk link pendaftaran CPNS, hanya menggunakan satu portal saja yaitu sscasn.go.id.bkn . Portal ini diklaim lebih aman, praktis, dan juga transparan. 

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 masih akan kita tunggu bersama-sama, seperti apakah lengkapnya. 

Itulah semua informasi seputar formasi CPNS 2021 untuk lulusan S1 yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu dengan berlatih soal-soal CPNS bersama KitaLulus! KitaLulus menyediakan Program Intensif Online SKD CPNS. Dengan bimbingan tentor profesional, kamu akan mempelajari soal-soal CPNS yang paling menantang, agar semakin mahir sebelum hari ujian. Tunggu apa lagi, daftarkan dirimu sekarang juga dengan menghubungi Bang Lulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play