CPNS

Formasi CPNS 2021 Yogyakarta Sudah Keluar, Jumlahnya Bikin Terkejut!

formasi CPNS 2021 yogyakarta
Seperti apa formasi CPNS 2021 Yogyakarta? Bagaimana alur pendaftarannya? Ayo, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Dik Lulus yang punya ketertarikan untuk dapat bekerja dan tinggal di Yogyakarta, tidak ada salahnya loh mendaftar dalam formasi CPNS 2021 Yogyakarta. Yap, Yogyakarta di tahun ini juga membuka beberapa formasi untuk CPNS, bukan hanya tingkat pemerintahan provinsi saja lho, tapi juga ada formasi CPNS Pemkot Yogyakarta juga. 


Formasi CPNS 2021 Yogyakarta

Pemerintah Provinsi Daerh Istimewa Yogyakarta membuka sejumlah formasi untuk CPNS di tahun ini. Hal ini tertuang dalam surat pengumuman dengan nomor 810/0380 Tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan Dan Tenaga Teknis Di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Formas! Tahun 2021.

Dalam surat tersebut diketahui Pemprov DIY mengalokasi 56 formasi untuk CPNS bidang tenaga teknis.


Rincian Formasi CPNS 2021 Yogyakarta

Dari 56 formasi, 54 formasi umum dan 2 formasi disabilitas dan akan ditempatkan di beberapa unit kerja di lingkungan Pemprov DIY.  Formasi CPNS 2021 Yogyakarta terbuka untuk kualifikasi pendidikan mulai dari D3, D4, S1. Berikut ini rincian pembagian formasi CPNS 2021 Yogyakarta. 


1. Analis Apresiasi Karya Seni

Dibuka untuk kualifikasi pendidikan S1 Seni Teater, tersedia 1 formasi, untuk penempatan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bidang Pemeliharaan Dan Pengembangan Adat Tradis, Lembaga Budaya Dan Seni, Seksi Seni.


2. Analis Bahan Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja

Dibuka 1 formasi  untuk kualifikasi pendidikan S1 Sosiologi. Penempatan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Bidang Perlindungan Dan Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi, Seksi Perlindungan Dan Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja.


3. Penyusun Program Anggaran Dan Pelaporan

Disediakan 1 formasi disabilitas, dengan kualifikasi pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat. Penempatan unit kerja Dinas Kesehatan,  Balai Pelatihan Kesehatan Subbagian Tata Usaha.


4. Penyusun Promosi Dan Kerjasama

Dibuka untuk kualifikasi pendidikan:

- S1 Administrasi Negara

- S1 Administrasi Publik

- S1 Manajemen Dan Kebijakan Publik

Terbuka 1 formasi.  Penempatan Badan Pendidikan Dan Pelatihan, Bidang Pengembangan Kemitraan Dan Kerjasama, Sub Bidang Kerjasama Dan Kepesertaan.


5. Penyuluh Kepemudaan

Ada 2 formasi umum, kualifikasi pendidikan S1 Sosiologi. Penempatan unit kerja Dinas Pendidikan,Pemuda Dan Olahraga, Balai Pemuda Dan Olahraga, Seksi Pemuda. 


6. Penyuluhan Pariwisata

Dibuka 1 formasi diperuntukan untuk lulusan S1 Pariwisata. Penempatan unit kerja Dinas Pariwisata Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata, Seksi Sumber Daya Manusia Pariwisata.


7. Penyusun Promosi Dan Kerjasama

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk posisi ini adalah S1 Administrasi Negara, S1 Administrasi Publik, S1 Manajemen Dan Kebijakan Publik, terbuka 1 formasi umum. Penempatan unit kerja Badan Pendidikan Dan Pelatihan, Bidang Pengembangan Kemitraan Dan Kerjasama, Sub Bidang Kerjasama Dan Kepesertaan.


8. Penyuluh Lingkungan Hidup

Ada 1 formasi, untuk kualifikasi pendidikan S1 Teknik Lingkungan Hidup. Penempatan unit kerja Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Bidang Penataan,Pengkajian Dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidupiseksipengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup.


9. Penyuluh Penanganan Masalah Sosial

Penempatan unit kerja Dinas Sosial Bidang Penanganan Fakir Miskin, Seksi Penyuluhan Sosial, terbuka 1 formasi umum, untuk kualifikasi pendidikan S1 Sosiologi.


10.  Penyusunan Rencana Tata Ruang 

Ada 1 formasi umum, terbuka untuk kualifikasi pendidikan S1 Kartografi dan Penginderaan Jauh. Penempatan unit kerja Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Serta Tata Sasana), Bidang Pengaturan Dan Pembinaan Tata Ruang, Seksi Pengaturan Tata Ruang. 


Beberapa formasi lainnya yang tersedia antara lain:

  • Pengelola Sarana Prasarana Rumah Tangga Dinas
  • Pengelola Retribusi Daerah
  • Pengawas Transportasi
  • Analis Tenaga Kerja
  • Analis Tata Ruang


Untuk formasi lainnya bisa kamu lihat di sini.


Rincian Formasi CPNS 2021 Yogyakarta Tingkat Pemerintahan Kota

Selain tingkat Provinsi, Yogyakarta juga membuka formasi CPNS pada tingkat kota. Dengan jumlah formasi sebanyak 546 formasi terbagi atas 545 formasi umum dan 1 formasi disabilitas. CPNS di tingkat Pemkot Yogyakarta sendiri diperuntukan untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis. Berikut ini rinciannya.


1. Ahli Pertama - Administrator Kesehatan

Dibuka 8 formasi dan akan ditempatkan di Dinas kesehatan. Formasi ini terbuka untuk kualifikasi pendidikan D4 Gizi, S1 Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat.


2. Ahli Pertama - Dokter

Akan ditempatkan di Puskesmas Gedongtengen, dibuka 2 formasi. Lalu, di Puskesmas Mergangsan 1 formasi, Puskesmas Danurejan II 1 formasi, 1 formasi di Puskesmas Gondokusuman I, Puskesmas Jetis 2 formasi. Kualifikasi pendidikan Dokter.


3. Terampil - Bidan

Ada 10 formasi dan dibagi untuk 6 penempatan yang berbeda-beda.

  1. UPT Rumah Sakit Pratama, 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan.
  2. Puskesmas Tegalrejo, 2 formasi kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan
  3. Puskesmas Danurejan I, 1 formasi kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan.
  4. Puskesmas Pakualaman, 1 formasi kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan.
  5. Puskesmas Umbulharjo II, 2 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan.
  6. Puskesmas Gedongtengen, 1 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Kebidanan, D3 Bidan.

4. Terampil - Perawat

Dibuka 20 formasi untuk penempatan UPT Rumah Sakit Pratama, dengan kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.

Selain itu, formasi Terampil-Perawat juga terbuka untuk beberapa penempatan unit kerja, seperti:

  1. Puskesmas Mantrijeron, 1 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.
  2. Puskesmas Jetis, 2 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.
  3. Puskesmas Pakualaman, 1 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.
  4. Puskesmas Umbulharjo II, 2 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.
  5. Puskesmas Tegalrejo, 2 formasi, kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.


5. Ahli Pertama - Pamong Budaya

Dibuka 7 formasi, dengan kualifikasi pendidikan S1 Sejarah, S1 Ilmu Budaya, D4 Sejarah, penempatan di Dinas Kebudayaan.


Kamu bisa mengetahui rincian formasi dan juga persyaratan lebih lanjut di sini


Persyaratan Pendaftaran Formasi CPNS 2021 Yogyakarta

Berikut ini sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi untuk dapat melamar dalam formasi CPNS 2021 Yogyakarta. 

1. Warga Negara lndonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar (pendaftaran online);

3. Memiliki ijazah sesuai dengan formasi yang dilamar dengan ketentuan:

     a. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,85 dari skala 4, dibuktikan dengan transkrip nilai. 

     b. Ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/ Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; dan

     c. Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.


Dokumen Persyaratan Formasi CPNS 2021 Yogyakarta

Ada beberapa dokumen yang perlu kamu lengkapi dalam proses pendaftaran formasi CPNS 2021 Yogyakarta, dokumen ini harus kamu scan asli tidak berbentuk fotocopy hitam putih. Berikut ini beberapa dokumennya.

1. Scan asli Surat lamaran sesuai dengan format yang sudah ditentukan. dengan ketentuan diketik/ ditulis tangan dengan menggunakan tinta hitam dituju kepada Gubernur DIY ditandatangani (lihat format surat di sini).

2. Scan asli KTP atau surat sudah melakukan perekaman data diri dari Disdukcapil.

3. Scan asli ijazah (surat keterangan lulus tidak berlaku) sesuai dengan jenjang pendidikan.

4. Scan asli Surat sehat jasmani tertanggal Mei-Juli 2021 dan ditandatangani dokter dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah atau Swasta.

5. Scan asli transkrip nilai.

6. Tangkapan layar (screenshot)  sertifikat akreditasi program studi/perguruan tinggi yang diperoleh dari:

     a. pangkalan data pendidikan tinggi yang dikelola oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi; atau

     b. Pangkalan data (database) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

7. Scan asli Surat sehat rohani tertanggal Mei-Juli 2021 dan ditandatangani dokter spesialis jiwa dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah atau Swasta.

8. Scan asli Surat pernyataan sesuai dengan format yang sudah ditentukan yang diketik/tulis tangan, bermaterai 10.000 dan ditandatangani, berisi 6 hal (lihat format surat di sini):

     a. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

     b. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

     c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri/pegawai swasta;

     d. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah lkatan Dinas Pemerintah;

     e. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

     f. Bersedia ditempatkan pada instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah lstimewa Yogyakarta dan tidak mengajukan pindah sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.

9. Scan asli pas foto setengah badan, latar belakang merah.

10. Bagi pelamar formasi disabilitas perlu melampirkan beberapa dokumen:

      a. Scan Asli surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintahi Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

      b. Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.

      c. Dalam hal pelamar penyandang disabilitas tidak melampirkan dokumen/surat keterangan yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya, serta tidak melampirkan video yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar sampai batas akhir masa sanggah pengumuman hasil akhir seleksi,pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dibatalkan  kelulusan/keikutsertaan dalam seleksi.

      d. Bila ingin melamar dalam formasi umum, maka harus menyertakan:

           i. Scan asli dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

           ii. Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.

           iii. Dalam hal pelamar penyandang disabilitas tidak melampirkan dokumen/surat keterangan yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya, serta tidak melampirkan video yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar sampai batas akhir masa sanggah pengumuman hasil akhir seleksi,pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dibatalkan  kelulusan/keikutsertaan dalam seleksi.


Tata Cara Pendaftaran Formasi CPNS 2021 Yogyakarta

Pendaftaran formasi CPNS 2021 Yogyakarta bisa kamu lakukan melalui portal website sscasn.bkn.go.id. Di sana kamu pertama-tama diharuskan membuat akun SSCASN dengan menggunakan NIK, nomor KK, mengisi data diri, dan mengunggah swafoto.

Jika sudah berhasil lalu kamu log in menggunakan akun SSCASN tersebut, lalu memilih instansi Pemerintahan Provinsi Yogyakarta, dan memilih formasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Unggah semua dokumen yang menjadi syarat, dan isi data diri dengan sebenar-benarnya.

Jangan lupa untuk mengecek semua data sebelum kamu mencetak kartu, karena data sudah tidak bisa diubah setelah kartu dicetak.


Setelah melakukan pendaftaran online, persiapkan juga diri kamu untuk menghadapi tes SKD, dengan belajar latihan soal CPNS di aplikasi KitaLulus. Di sana kamu bisa temui ribuan latihan soal yang lengkap dengan pembahasannya, ada juga kelas online yang membuat kamu bisa belajar lebih intensif. Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play