CPNS

Simak Jumlah Formasi CPNS dan PPPK Non Guru di Tahun Ini, Bagaimana Ya…

formasi cpns dan pppk non guru sudah diumumkan
Pemerintah buka seleksi 1.275.387 CPNS 2021, berikut adalah beberapa formasi yang paling banyak dibutuhkan saat ini.

Akhirnya, setelah lama menunggu, pemerintah resmi mengumumkan pendaftaran CPNS dan PPK non guru yang akan diselenggarakan pada bulan Mei hingga Juni. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pasti Teman Lulus penasaran sekali kan, bagaimana sih formasi CPNS di tahun ini? Yuk, jawab rasa penasaran Teman Lulus di artikel ini!


Formasi CPNS

Pemerintah menekankan bahwa pada tahun ini penerimaan CPNS lebih kepada tenaga yang bisa langsung turun ke lapangan yang kuotanya lebih diperbanyak. (Unsplash/Husniati Salma)


Pada tahun ini, pemerintah mengeluarkan formasi CPNS yang terdiri dari 56 kementerian dan lembaga, 34 pemerintahan provinsi dan 504 pemerintahan kabupaten dan kota. Selain itu juga, ada 8 sekolah kedinasan yang melakukan penetapan formasi.

Perlu Teman Lulus ketahui juga bahwa di tahun ini, pemerintah menyediakan setidaknya 1.275.387 kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) untuk pemerintah pusat maupun daerah. Jumlah itu termasuk guru PPPK, PPPK non guru dan CPNS.


Jumlah Formasi untuk Kementerian dan Pemerintahan

Berdasarkan  data update per 7 April 2021, dari 56 kementerian dan lembaga ditetapkan jumlah formasi sebanyak 69.684. Jumlah ini terdiri dari 61.129 untuk formasi kementerian dan lembaga dan sebanyak 8.555 untuk penetapan formasi melalui sekolah kedinasan.

Sementara total kebutuhan CPNS pemerintah daerah yang sudah ditetapkan pada 7 April lalu sebanyak 1.191.718 yang ditempatkan untuk 652.803 formasi dengan rincian:

  1. Pemerintah provinsi 139.443 formasi 
  2. Pemerintah kabupaten/kota 513.360 formasi.

Lalu, seperti apa pembagian untuk tiap-tiap formasinya?


1. Formasi Guru, Non Guru 

Ditingkat provinsi, formasi untuk guru sebanyak 128.656 dan 10.787 untuk non guru. 

Sedangkan di tingkat kabupaten kota, 418.370 formasi untuk guru dan non guru mendapatkan formasi 94.990.


2. Formasi PPPK

Tidak hanya membuka formasi CPNS loh, untuk Teman Lulus, bisa juga mengikuti jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPK). Di tahun ini, total rencana untuk penetapan guru jalur PPPK di daerah cukup besar yaitu sebanyak 547.026, baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. 

Sedangkan untuk PPPK non guru ditetapkan 21.495 formasi di daerah.

Jika tidak ada perubahan jadwal, Teman Lulus yang ingin mengikuti pendaftaran PPPK untuk guru di bulan Mei sampai Juni. Kamu akan diberikan kesempatan untuk mengikuti tiga kali seleksi pada rentang waktu Agustus hingga Desember 2021.


3. Formasi Terbanyak CPNS 2021

Dari data yang ada di tangan Panitia Seleksi CASN 2021, formasi terbanyak ditingkat pemerintahan provinsi untuk tenaga kesehatan adalah perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis dan apoteker. 

Sedangkan, untuk kebutuhan jabatan teknis pada tingkat provinsi adalah pranata komputer, polisi hutan, pengawas benih tanam, pengelola keuangan dan juga pengelola pengadaan barang dan jasa.

Di tingkat kabupaten kota formasi yang banyak dibuka adalah untuk posisi pranata laboratorium kesehatan. Untuk jabatan teknis tingkat II terbanyak adalah penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa, pengelola keuangan, dan verifikator keuangan.


4. Formasi Khusus

Pendaftaran CPNS 2021 juga membuka lowongan untuk formasi khusus loh Teman Lulus. Nah, karena namanya formasi khusus tentu formasi ini berbeda, formasi ini hanya dibuka untuk penerimaan CPNS dan PPPK non guru saja.

Jenis formasi khusus yang dibutuhkan untuk pemerintah pusat terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude) sesuai kebutuhan, penyandang disabilitas minimal 2% dari formasi dan juga untuk diaspora sesuai dengan K/L masing-masing.


Pendaftaran 

Setelah tahu formasi yang dibuka, pasti Teman Lulus mau tahu juga kan mengenai pendaftarannya?

Nah, kalau untuk yang ini sabar dulu ya karena untuk pendaftaran CPNS, PPPK dan PPPK non guru akan diumumkan pada kesempatan terpisah.

Untuk seleksi sendiri, di tahun ini akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang dikoordinasikan oleh BKN, sementara untuk guru PPPK akan menggunakan UNBK dari Kemendikbud.


Oh iya, Teman Lulus harus selalu waspada dan jangan mudah tergiur ya oleh orang atau kelompok yang menjanjikan kamu bisa lulus seleksi CASN dengan iming-iming membayar sejumlah uang. Ingat, seluruh proses seleksi CASN ini terbuka dan bebas KKN.

Update terus informasi kamu seputar pendaftaran CPNS di tahun ini bersama Kita Lulus. Tidak hanya akan mendapatkan update informasi, tapi kamu juga bisa mengikuti bimbel interaktif bersama profesional yang sudah berpengalaman sehingga kamu lebih siap untuk mengikuti seleksi. 

Sekarang Kita Lulus juga sudah ada aplikasinya lho di Play Store. Kamu bisa klik link ini untuk download.


Bergabung Yuk !
Belajar bersama BangLulus dan teman seperjuangan untuk bersama lulus dalam
seleksi tes CPNS!
Cek Paket CPNS
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on FacebookKitaLulus on Instagram

Tingkatkan Peluangmu Untuk Menjadi PNS!

Daftar Sekarang