PPPK

Kemdikbud Merilis Program Guru Belajar dan Berbagi

Program Guru Belajar dan Berbagi 2021
Simak program baru dari Kemdikbud, “Guru Belajar dan Berbagi” yang memfasilitasi para guru untuk meningkatkan kemampuan diri dan bertukar pikiran dengan rekan sejawat di artikel ini!

Halo Dik Lulus, ada kabar baik nih untuk Dik Lulus yang saat ini berprofesi sebagai guru nih!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis sebuah program baru, yang bernama Program Guru Belajar dan Berbagi di kemdikbud go id.

Program ini dibuat oleh Kemdikbud untuk memberikan sebuah wadah bagi para guru dari seantero Nusantara untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai tenaga pendidik generasi muda bangsa dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan seprofesi.

Program ini dibagi menjadi dua, yaitu Ayo Guru Belajar dan Ayo Guru Berbagi.

Yang paling menarik, di program Ayo Guru Belajar, Dik Lulus bisa mendapatkan latihan soal-soal untuk PPPK guru secara resmi dari Kemdikbud, lho!

Yuk, simak pembahasan lengkap tentang program terbaru Kemdikbud ini!

Program Guru Belajar dan Berbagi, Wadah Para Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Program Ayo Guru Belajar

Ayo Guru Belajar merupakan program untuk para guru yang ingin meningkatkan kemampuan diri mereka sebagai pendidik. 

Program ini menawarkan 5 seri belajar di berbagai bidang, mulai dari keterampilan hidup baru, pendidikan inklusif (untuk siswa berkebutuhan khusus), pembelajaran jarak jauh (untuk pembelajaran di masa pandemi COVID-19), asesmen mandiri, dan yang paling menarik bagi Dik Lulus: belajar mandiri untuk calon guru ASN PPPK baru.

 

1. Seri Pendidikan Keterampilan Hidup Baru

Seri ini merupakan program pembelajaran yang dirancang bagi Guru SMP dan SMA/SMK untuk membantu dan membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 yang bermanfaat untuk masa depan mereka, seperti mengembangkan kemampuan belajar dan menggali potensi diri. Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF.

2. Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Baru

Seri ini merupakan program pembelajaran yang memfasilitasi calon guru ASN yang hendak mengikuti seleksi PPPK guru. Program ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme seorang calon guru dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal.

3. Seri Pendidikan Inklusif

Seri ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengedukasi para guru tentang pendidikan inklusif. Dikhususkan untuk para pendidik yang terlibat dalam proses belajar mengajar peserta didik berkebutuhan khusus, program ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Saat ini, seri pembelajaran ini masih di dalam tahap pengembangan dan akan dirilis segera oleh Kemdikbud.

4. Seri Masa Pandemi Covid-19 Selesai

Seri ini memfasilitasi guru untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh dalam masa pandemi COVID-19. Tujuan dari program ini adalah untuk menyiapkan guru agar para guru mampu memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan belajar mandiri selama pembelajaran jarak jauh.

5. Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Seri ini merupakan program pembelajaran yang dirancang bagi guru dan kepala Sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat lebih mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

 

Program Ayo Guru Berbagi

Ayo Guru Berbagi merupakan sebuah program yang memfasilitasi para guru untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan sejawat. 

Sejatinya, program ini adalah gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bergotong royong berbagi ide dan praktik, melalui:

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Dengan fitur ini, para guru bisa mendapatkan inspirasi dari guru-guru lainnya untuk melakukan pengajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar para murid.

2. Artikel

Untuk mendapatkan inspirasi, para guru juga bisa membaca tulisan guru-guru lain tentang pengalaman mengajar, yang bisa membantu guru untuk menerapkan ide-ide baru dalam mengajar.

3. Video Pembelajaran

Selain mempelajari RPP dari guru lain atau artikel yang merupakan hasil pemikiran guru lain, para guru juga bisa mempelajari hal-hal baru lewat video-video. Dengan begini, para guru bisa terus mengikuti berita terbaru dalam dunia pendidikan.

4. Webinar

Guru-guru juga bisa mengikuti webinar-webinar menarik seputar dunia pendidikan, untuk menambah wawasan para guru tentang proses belajar mengajar.


Itulah semua hal yang perlu Dik Lulus tahu tentang program Guru Belajar dan Guru Berbagi yang baru saja dirilis oleh Kemdikbud. 

Dengan adanya program ini, Dik Lulus yang berprofesi sebagai guru memiliki kesempatan yang sangat luas untuk mengembangkan kompetensi diri dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan sejawat, secara mudah dan gratis. 

Menarik sekali, bukan?


Jangan ketinggalan info terbaru seputar CPNS dan PPPK dari KitaLulus. Ikuti media sosial KitaLulus di Instagram, Facebook, dan Telegram sekarang juga. Ingin langsung mendaftarkan diri di kelas PPPK Guru KitaLulus untuk mempersiapkan diri untuk seleksi PPPK? Hubungi Bang Lulus sekarang juga lewat WhatsApp


Selamat belajar, persiapkan diri bersama Bang Lulus agar #KitaLulus bersama!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play