CPNS

Ketahui Seluk Beluk hingga Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara SKB CPNS Kemenkumham

Close Pop up
SKB CPNS Kemenkumham
Yuk, simak semua hal yang kamu ketahui tengan SKB CPNS Kemenkumham di sini!

Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS menjadi seleksi ketiga sekaligus seleksi terakhir dari penerimaan CPNS. Untuk SKB CPNS Kemenkumham sendiri, ada beberapa materi dalam SKB yang harus kamu lalui. Apa kamu sudah tahu? 

Simak yuk, jadwal dan materi apa saja yang akan kamu hadapi dalam SKB Kemenkumham agar bisa mempersiapkan diri sematang mungkin dan lolos menjadi ASN.


Jadwal SKB CPNS Kemenkumham

Jika tidak ada perubahan, Kemenkumham akan mengumumkan peserta yang bisa mengikuti SKB pada tanggal 17- 18 Oktober 2021 lalu selanjutnya, BKN akan mengumumkan kapan pelaksanaan SKB di tanggal 19 Oktober-1 November 2021. Untuk pelaksanaan rangkaian tes SKB akan dilaksanakan pada 8 hingga 29 November 2021.

Agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai jadwal tes, jangan lupa juga untuk selalu memantaunya baik melalui website resmi atau juga media sosial.


Materi SKB CNPS Kemenkumham

Bagi kamu yang melamar di formasi Kemenkumham, ada beberapa materi SKB yang akan kamu lalui. Materi SKB CPNS Kemenkumham sendiri berbeda-beda untuk tiap jenis kebutuhan formasi, materi SKB sebagai berikut:


1. SKB Formasi Umum, Lulusan Terbaik dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Bagi formasi umum, dengan jenjang pendidikan Strata 2/S2, Dokter, Strata 1/S1 dan Diploma III/ D3, materi SKB terdiri dari:

  • Substansi jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 60%
  • Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 40%


Namun, khusus jabatan Pranata Komputer dan Dosen , Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari:

  • Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%;
  • Praktik kerja komputer (untuk jabatan Pranata Komputer) dan praktik kerja mengajar (untuk jabatan Dosen) dengan bobot 25%;
  • Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 25%


2. SKB Formasi Disabilitas

Pelamar Diploma III/D3 dan Strata 1/S1 yang melamar dalam formasi disabilitas, kecuali kebutuhan jabatan Pranata Komputer, materi yang akan kamu hadapi dalam SKB antara lain:

  • Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 75%;
  • Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 25%.


3. SKB Kualifikasi SMA

Seperti yang kita tahu, Kemenkumham membuka banyak formasi untuk lulusan SMA, terutama untuk mengisi jabatan Penjaga Tahanan dan Jabatan Pemeriksa Keimigrasian/Pemula. Bila kamu berhasil lulus di SKD dan melanjutkan SKB, dalam seleksi nanti ada beberapa materi yang perlu kamu persiapkan, antara lain:

  • Kesamaptaan dengan bobot 45%;
  • Wawancara dengan bobot 30%;
  • Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 25%.

Namun, sebelum kamu melaksanakan SKB, kamu terlebih dahulu akan melalui pengukuran tinggi badan, bila saat pengukuran kamu dinyatakan tidak memenuhi persyaratan, kamu tidak dapat mengikuti tahap SKB Kesempatan dan tahap seleksi SKB lainnya. 


Wawancara SKB CPNS Kemenkumham Berbasis Teknologi

Tahukah kamu, pada pelaksanaan wawancara CPNS 2019, sistem wawancara yang dilaksanakan Kemenkumham berbasis teknologi Informasi dengan standar nilai terukur dan hasil yang diumumkan pada hari yang sama. 

Ini merupakan langkah Kemenkumham dalam mewujudkan pelaksanaan seleksi CPNS yang transparan dan bebas KKN. 

Teknologi tersebut adalah e-wawancara. Di dalam aplikasi ini akan tampil pertanyaan inti dan pertanyaan pilihan beserta kalimat kunci dari setiap aspek. Penguji memberikan nilai dari setiap aspek yang diujikan diantaranya tentang motivasi, ketangguhan, konsep diri, dan performance.

Mekanisme penilaian yang akan diberikan oleh penguji itu terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya:

Tinggi     : 82-90

Sedang   : 72-80

Rendah   : 62-70

Buruk      : <60 

Kisi-Kisi Materi Wawancara SKB CPNS Kemenkumham

Dalam acara Online Expo yang diadakan KitaLulus, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H., M.Hum., Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, menjelaskan bahwa dalam tahap wawancara Kemenkumham, ada beberapa hal yang menjadi penilaian. Pertama, pertanyaan akan menilai kedisiplinan kita jika nanti sudah menjadi ASN Kemenkumham. Kedua, pertanyaan akan dibuat sedemikian rupa untuk mengukur bagaimana dedikasi kita, lalu yang ketiga mengenai loyalitas. 

 Tidak lupa juga, Prof. Eddy menambahkan, yang terpenting dan yang utama adalah integritas. 

“Karena ketika integritas itu teruji dengan beberapa pertanyaan yang diberikan, kemudian yang kedua tadi disiplin, lalu ada dedikasi, dan loyalitas. Pada ujungnya akan menciptakan seorang aparatur sipil negara yang profesional," jelas Prof. Eddy.

Kisi-kisi ini bisa menjadi bekal kamu untuk mempersiapkan diri dengan berbagai pertanyaan. Jawablah dengan lugas, dan jangan terlalu bertele-tele sehingga menghilangkan esensi dari jawaban kamu.


Ketentuan Peserta SKB CPNS Kemenkumham

Kamu wajib mengetahui apa saja ketentuan ketika akan mengikuti tes SKB, antara lain:

  • Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian asli (menggunakan barcode yang dicetak melalui akun masing-masing peserta pada laman https://sscasn.bkn.go.id) dan e-KTP asli/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan asli; 
  • Peserta Formasi Umum dan Formasi Khusus dengan kualifikasi pendidikan Non-SLTA (Dokter, Strata 1 dan Diploma III) memakai pakaian dengan ketentuan: Baju kemeja lengan panjang berwarna putih polos tanpa corak; 
  • Celana panjang/rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans); 
  • Jilbab berwarna hitam polos (bagi yang menggunakan jilbab); 
  • Sepatu tertutup berwarna hitam; 
  • Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Jika diperlukan, penggunaan pelindung wajah (face shield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan;
  • Membawa alat tulis berupa pensil kayu (bukan mekanik);
  • Peserta yang mengikuti SKB wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN);
  • Peserta wajib hadir 90 menit sebelum pelaksanaan SKB dimulai Seluruh peserta yang telah mengikuti SKB CAT, Ujian Praktik atau Tes;
  • Kesamaptaan akan mengikuti Tes Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan yang jadwal hari, tanggal, waktu dan lokasi pelaksanaan tes diumumkan lebih lanjut.


Jika kamu dari jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri dengan aplikasi KitaLulus, pastinya persiapan yang kamu lakukan sudah matang! Aplikasi KitaLulus selalu setia memberikan bimbingan kepada seluruh pejuang ASN hingga akhirnya bisa mewujudkan mimpi menjadi abdi negara.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play