CPNS

Ketahui Seperti Apa Jadwal Tes CPNS Kemenkumham 2021 dan Lokasi Tesnya

Close Pop up
Jadwal Tes CPNS Kemenkumham 2021
Cek jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021 di artikel ini agar kamu bisa melewati semua proses seleksi ASN Kemenkumham di tahun ini!

Alur seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham 2021 telah melewati proses seleksi administrasi. Saatnya move on, dan bersiap mengikuti serangkaian tes lainnya yaitu SKD dan SKB.  Sebagai pejuang ASN, penting untuk kamu mengetahui jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021.

Mengetahui jadwal tes ini sangat penting, agar kamu bisa menyiapkan diri dari jauh-jauh hari. Tentunya, menyiapkan diri dari jauh hari lebih baik daripada yang dadakan! Karena itu, simak artikel ini sampai habis ya.


Jadwal Tes CPNS Kemenkumham 2021

Kemenkumham telah mengumumkan nama-nama peserta yang lulus masa sanggah. Pengumuman tersebut dikeluarkan pada Minggu 15 Agustus 2021. Ada sebanyak 1.060 pelamar CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang sebelumnya gagal dalam seleksi administrasi dinyatakan lulus dalam masa sanggah. 

Keputusan ini termuat dalam Pengumuman nomor: SEK-KP.02.01-556 Tentang Hasil Verifikasi Masa Sanggah Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2021. 

Namun, dalam pengumuman tersebut juga ada 4 nama yang dari awalnya lulus seleksi administrasi berubah menjadi tak lulus.

Pada pengumuman sebelumnya, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Sutrisno mengatakan, jumlah total yang lulus administrasi untuk pelamar kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 35.878 orang dan pelamar untuk kualifikasi pendidikan SLTA sejumlah 280.676 orang.

Diketahui Kemenkumham membuka sebanyak 4.558 formasi. Di antaranya dialokasikan untuk kualifikasi SMA sederajat sebanyak 3.971 formasi.

Jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 20 September 2021 dan akan berlangsung hingga bulan Oktober 2021 mendatang. Kamu bisa cek jadwal SKD Kemenkumham beserta lokasi ujiannya secara langsung di laman website CPNS Kemenkumham.

Lalu, pada bulan November akan diumumkan jadwal seleksi kompetensi bidang (SKB), dan pelaksanaan tes SKB.

Namun, melihat situasi pandemi, jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021  ada kemungkinan akan molor. 

BKN sendiri sudah memberikan surat kepada Tim Gugus COVID-19 tentang apakah tes seleksi SKD bisa dilaksanakan apa tidak. Rekomendasi Tim Gugus COVID-19 akan sangat menentukan apakah tes seleksi bisa dilaksanakan sesuai jadwal awal atau tidak.


Lokasi Pelaksanaan Tes CPNS Kemenkumham 2021

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, kamu selanjutnya akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) yang akan diadakan di 33 kantor wilayah Kemenkumham yang tersebar di seluruh Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat (jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian), lokasi pelaksanaan seleksi sesuai dengan domisili pada e-KTP atau surat keterangan domisili;
  2. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat (jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian) kebutuhan Putra Putri Papua dan Papua Barat, lokasi pelaksanaan seleksi yaitu Papua atau Papua Barat sesuai dengan domisili pada e-KTP atau surat keterangan domisili;
  3. Bagi pelamar selain dari kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat (jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian), lokasi pelaksanaan seleksi sesuai dengan kota provinsi yang dipilih sebagai lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada di laman https://sscasn.bkn.go.id.


Informasi Jadwal Tes CPNS Kemenkumham 2021

Mengingat situasi pandemi seperti saat ini, bukan tidak mungkin akan ada beberapa perubahan dan penyesuaian jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021. Oleh karena itu, terus ikuti perkembangan informasi terkini seputar jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021 melalui media resmi berikut ini:


Jangan sampai kamu mendapatkan informasi yang salah dan justru menyesatkan sampai akhir-akhirnya merugikan kamu sebagai peserta seleksi ASN Kemenkumham.


Selagi kamu menunggu jadwal tes CPNS Kemenkumham 2021, yuk latihan soal SKD bersama aplikasi KitaLulus. Kamu bisa belajar latihan soal try out SKD CPNS sesuai dengan kisi-kisi terbaru.  Latihan soal juga sudah dilengkapi dengan pembahasan soal. Bila kamu ingin belajar lebih intensif, bisa juga ikut kelas online-nya. Yuk, langsung download aplikasinya di PlayStore.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play