CPNS

Laris Manis! Ini Dia Formasi Paling Banyak CPNS Minati, Apa Saja?

formasi paling banyak CPNS
Pendaftaran CPNS sudah semakin dekat. Sudahkah kamu memilih formasi sasaranmu? Atau kamu masih memilih? Buat kamu yang masih bingung, yuk simak daftar lengkap formasi paling banyak CPNS minati!

Buat kamu yang akan ikut CPNS 2021, tentunya mulai mempertimbangkan formasi mana yang akan dipilih, sebab kamu hanya bisa memilih satu. Nah, di tahun sebelumnya ada beberapa formasi paling banyak CPNS minati. Beberapa formasi primadona ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan mendaftar.

Formasi Paling Banyak CPNS

Buat kamu yang sedang mempertimbangkan formasi mana yang akan dipilih untuk seleksi CPNS di tahun ini, atau juga untuk kamu yang ingin menghindari persaingan yang ketat, berikut ini beberapa formasi paling banyak CPNS di tahun-tahun sebelumnya baik ditingkat pusat maupun tingkat daerah.

1. Penjaga tahanan

Formasi paling banyak diminati di CPNS 2019 adalah penjaga tahanan. Formasi ini jadi rebutan terutama bagi lulusan SMA dan sederajat. Tercatat, di tahun 2019 saja ada sebanyak 304.247 pelamar penjaga tahanan pria dan untuk penjaga tahanan wanita sebanyak 142.080. 

2. Pemeriksaan Keimigrasian

Masih formasi yang diperuntukan untuk lulusan SMA sederajat, yaitu pemeriksaan keimigrasian. Memang setiap tahunnya, formasi yang berada di bawah naungan Kemenkumham ini selalu banyak peminatnya. Mungkin di tahun ini juga akan demikian. 

3. Pelaksana/Terampil - Bidan

Pendaftar formasi bidan juga jadi yang laris manis di CPNS 2019. Tercatat ada sebanyak 183.223 pelamar di posisi ini. Padahal Kemenkes hanya membuka 7 formasi. Terbayang bukan seketat apa persaingan di formasi satu ini?

4. Pelaksana/Terampil - Perawat

Untuk formasi paling banyak CPNS berikutnya ada perawat

5.  Pelaksana/pemula Pemeriksa Keimigrasian 

Formasi yang terbuka untuk CPNS lulusan SMA dan sederajat ini juga menjadi primadona. Ada sebanyak 96.598 pelamar untuk formasi keimigrasian. Formasi ini sendiri dibuka oleh Kemenkumham, di mana memang salah satu instansi yang menjadi idaman pelamar.

Instansi yang Paling Diminati Peserta CPNS

Ada formasi yang paling diminati, tentunya ada juga instansi yang juga paling diminati. Berikut ini instansi yang memiliki banyak peminat di CPNS sebelumnya. 

  1. Kementerian Hukum dan HAM (708.488 peserta), 
  2. Kementerian Agama (222.511 peserta),
  3. Kejaksaan Agung (78.332 peserta), 
  4. Mahkamah Agung RI (58.320 peserta), 
  5. Pemerintah Provinsi Jawa Timur (57.314 peserta), 
  6. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (53.908 peserta), 
  7. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (50.528 peserta), 
  8. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (41.722 peserta), 
  9. Kementerian Perhubungan (38.780 peserta), 
  10. Kementerian Kesehatan (34.892 peserta).

Itu dia daftar formasi paling banyak CPNS minati di tahun sebelumnya, bagaimana apakah ada formasi yang jadi incaran mu? Kalau ada, berarti kamu harus menyiapkan diri dengan ekstra karena persaingan yang ketat. Aplikasi KitaLulus bisa membantu kamu melakukan persiapan untuk seleksi CPNS dengan sebaik-baiknya. Dengan ribuan contoh soal yang didukung dengan materi pembahasan interaktif dari para tutor profesional. 

Tunggu apalagi, persiapkan dirimu dengan mendownload aplikasi KitaLulus, sekarang!

Bergabung Yuk !
Daftar
Belajar bersama BangLulus dan teman seperjuangan untuk bersama lulus dalam
seleksi tes CPNS!
Undah di Google Play

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on FacebookTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play