CPNS

Lulusan Apa Pun Bisa Ikut! Ini Dia Formasi CPNS yang Menerima Semua Jurusan

formasi cpns yang menerima semua jurusan
Penasaran apa saja formasi CPNS yang menerima semua jurusan? Cek daftar lengkapnya di sini!

Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di kepala Diki Lulus, apakah ada formasi CPNS yang menerima semua jurusan? Jawabannya, ternyata ada lho, baru tahukah? Ternyata ada formasi yang bisa dilamar oleh semua jurusan. Bila kamu tertarik atau juga sejauh ini tidak menemukan formasi yang terbuka untuk jurusan kamu, simak dalam artikel ini, formasi mana saja yang terbuka untuk semua jurusan!


Formasi CPNS yang Menerima Semua Jurusan

Sejak CPNS 2014, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan formasi CPNS yang menerima semua jurusan dengan jumlah sebanyak 5 persen dari keseluruhan formasi. Formasi CPNS yang menerima semua jurusan diperuntukan untuk jabatan di bidang birokrasi.

Langkah ini juga diambil BKN karena melihat Sumber Daya Manusia yang dirasa berkualitas yang sayangnya berasal dari jurusan-jurusan tertentu yang tidak disediakan pada formasi CPNS. Tentunya ini sangat disayangkan, dan merugikan beberapa pihak yang dirasa seharusnya bisa memiliki hak yang sama untuk jadi bagian dari abdi negara.

Sebetulnya jabatan birokrasi  bukanlah jabatan yang spesifik seperti dokter, hakim, jaksa, yang memang membutuhkan kriteria pendidikan dan jurusan yang khusus. 

Jabatan pelayanan publik merupakan jabatan yang tidak membutuhkan jurusan spesifik, karena memang tidak ada jurusan spesifik yang mempelajari mengenai pelayanan publik, jadi apapun jurusannya tentu saja bisa, semua pembelajaran mengenai pelayanan publik akan mereka dapatkan saat turun langsung di pemerintahan.


Jabatan untuk Formasi CPNS yang Menerima Semua Jurusan

Ada beberapa jabatan yang dibuka untuk dapat dilamar oleh semua jurusan. Buat kamu yang mungkin berminat, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa jabatan ini.

Jabatan di pemerintahan yang terbuka untuk sarjana semua jurusan itu adalah:

  • Analis Kebijakan, 
  • Perencana, 
  • Auditor, 
  • Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah, 
  • Penggerak Swadaya Masyarakat, 
  • Widyaiswara, 
  • Peneliti, 
  • Pekerja sosial, 
  • Penyuluh sosial, 
  • Perekayasa, dan 
  • Pemeriksa.  

Setidaknya ada 11 jabatan yang nantinya akan dialokasikan sebanyak 5 persen untuk semua jurusan. 


Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

Setelah sebelumnya mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS batal dibuka  pada 31 Mei 2021. Pemerintah mengupayakan akan membuka pendaftaran CPNS pada akhir bulan Juni 2021. Sejauh ini juga sudah banyak instansi pemerintahan dan daerah yang mengumumkan jumlah formasi CPNS 2021. 

Beberapa instansi tersebut di antaranya, Kemenpan-RB, Kemenhub, Kejaksaan, Basarnas, BPK,  Kepolisian, hingga DPR.

Proses seleksi CPNS nantinya akan menggunakan portal sscasn.bkn.go.id. Secara keseluruhan, proses seleksi CPNS nanti akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni seleksi administrasi, seleksi komputer dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Melihat pendaftaran CPNS yang semakin dekat, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Apalagi seleksi CPNS dikenal sangat ketat. Salah satu cara kamu untuk mempersiapkan diri adalah dengan latihan soal CPNS yang sesuai dengan kisi-kisi materi terbaru. Untuk itu pastikan kamu download aplikasi KitaLulus di Playstore. 


Di KitaLulus kamu bisa menemukan ribuan soal SKD yang dilengkapi dengan pembahasan dalam bentuk teks dan video. Kamu juga bisa mengikuti try out berbasis CAT. Satu aplikasi, untuk gapai mimpimu, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play