CPNS

Panduan dan Kisi-Kisi Materi Wawancara SKB CPNS, Apa Saja?

Close Pop up
wawancara SKB CPNS
Dalam mempersiapkan diri untuk wawancara SKB CPNS, apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, simak panduan, kisi-kisi, dan kiat-kiat wawancara SKB CPNS di artikel ini!

Wawancara SKB CPNS menjadi tantangan tersendiri bagi para pejuang ASN, banyak dari mereka yang gagal. Terlalu gugup dan tanpa persiapan yang matang membuat mereka tidak bisa memberikan jawaban terbaik saat ditanya.

Untuk itu, agar wawancara tidak lagi jadi mimpi buruk buat kamu. Baca yuk, panduan hingga kisi-kisi materi wawancara SKB CPNS!


Tujuan Wawancara SKB CPNS

Wawancara merupakan salah satu tes yang masuk dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2021. Tes ini sendiri bisa ada atau juga tidak, tergantung dari instansi itu sendiri.

Tidak jauh berbeda dengan wawancara kerja pada perusahaan-perusahaan tertentu yang mungkin pernah kamu hadapi, wawancara pada seleksi CPNS ini juga mengacu pada pertanyaan seputar tugas jabatan.

Tujuan dari wawancara SKB CPNS ini adalah untuk melihat pribadi kamu sebagai calon ASN dan sejauh mana kamu bisa berkontribusi pada instansi yang kamu tuju. 

Karena bagian dari SKB, jadwal pelaksanaannya pun akan mengikuti jadwal SKB yaitu diselenggarakan pada 8 hingga 29 November 2021.


Panduan  Menghadapi Wawancara SKB CPNS

Bang Lulus punya beberapa panduan bagaimana menghadapi wawancara SKB CPNS dengan lancar. Panduan ini langsung Bang Lulus dapatkan dari Adita Irawati, Staf Ahli Kementerian Perhubungan lho. Ada beberapa panduan bagaimana menghadapi wawancara SKB CPNS yang diberikan Adita saat menjadi pembicara di acara Online Expo KitaLulus, antara lain: 


1. Perhatikan Penampilan

Tips pertama untuk menghadapi wawancara adalah perhatikan penampilan. salah satunya adalah dengan memperhatikan penampilan.

Ya, mungkin beberapa dari kamu menganggap penampilan bukanlah segala-galanya selagi kamu punya pengetahuan yang luas. Ets, tapi bagaimana kamu ingin meninggalkan kesan yang baik pada pandangan pertama jika kamu tidak memperhatikan penampilan?

Seperti yang dikatakan Adita, penampilan yang rapi dan enak dipandang memberikan impresi yang mendalam kepada interviewers. Jadi siapkanlah fisik dan penampilan terbaikmu dalam sesi wawancara.

“Yang rapi, ya tidak perlu terlalu dandan yang menor-menor amat juga enggak, tapi enak dilihat,” jelas Adita.


2. Gestur Tubuh

Berikutnya, selain penampilan yang tidak kalah penting adalah gestur tubuh kita ketika menjawab pertanyaan. Gestur tubuh adalah komunikasi nonverbal yang terkadang kita lupakan. 

Selain menilai dari jawaban yang kamu berikan, interviewer juga akan memperhatikan gimana gestur tubuh kamu selama proses wawancara. Bagaimana sorot mata kamu ketika diberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Pastikan kamu menatap lawan bicara ketika kamu menjawab pertanyaan atau juga diberikan pertanyaan, jangan menunduk.

Ini akan memberikan kesan yang kurang sopan dan juga menandakan bahwa kamu tidak yakin dengan jawabanmu sendiri.

“Tunjukkanlah bahwa kita amat sangat menginginkan jabatan tersebut, kan sebel, ya kalau ada wawancara tapi kaya ngga terlalu semangat gitu, padahal ada ribuan orang yang mau jabatan tersebut,” terang Adita.


3. Jawab Pertanyaan dengan Lugas

Jawablah pertanyaan dengan lugas tidak bertele-tele, dan para interviewer bisa menangkap substansi dan esensi dari jawabanmu.

Jangan sampai kamu tidak menjawab pertanyaan, atau juga menjawab pertanyaan berbelit belit namun tidak ada pesan inti yang bisa menjawab pertanyaan. Memang, wawancara adalah salah satu tahap lainnya untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan kamu. Tapi bila seperti itu, kamu hanya akan membuat kamu lelah sendiri tanpa meninggalkan kesan berarti.


4. Tetaplah Jadi Diri Sendiri

Lalu, menurut Adita, agar kamu bisa dengan lancar menghadapi tes wawancara, jadilah diri sendiri. Jangan mencoba menjadi orang lain, hanya untuk memberikan impresi yang baik kepada pewawancara. 

Pewawancara bisa mengetahui apakah kamu berusaha menjadi orang lain, atau tetap menjadi dirimu sendiri selama wawancara. 

Tunjukan juga kepercayaan diri kalian di hadapan pewawancara agar mereka yakin dengan kamu.

“Karena akan keliatan deh kalian itu seperti tidak menjadi diri sendiri jadi, menjadi diri sendiri, tetap jaga self confidence tadi. Supaya  pewawancara yakin bahwa selain manusia, perminat, ada isinya, dan respek juga kepada pewawancara,” kata Adita.


5. Banyak Baca dan Banyak Tanya

Supaya kamu bisa menjawab semua pertanyaan, banyaklah membaca terutama mengenai jabatan dan instansi yang kamu ambil. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada kerabat atau orang terdekat yang sudah terjun langsung ke instansi tersebut agar kamu memiliki referensi.

“Kalau kamu punya temen atau orang deket yang sudah terjun langsung ke instansi, syukur-syukur kalau jabatannya sama, coba tanya deh, siapa tau bisa jadi referensi,” tutur Adita.



Kisi-kisi Wawancara SKB CPNS

Banyak pelamar CPNS yang merasa bahwa tahap wawancara SKB CPNS seperti momok yang menakutkan yang menegangkan. Karena terlalu tegang dan takut inilah para peserta tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik yang berujung kepada kegagalan. 

Tapi, mungkin tidak lagi bila kamu sudah mengetahui terlebih dahulu apa saja kisi-kisi wawancara SKB CPNS. Kisi-kisi ini akan membantu kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan menghilangkan ketegangan. 

Berikut ini beberapa kisi-kisi wawancara SKB CPNS dari beberapa instansi.


SKB CPNS Kemenhub

Bila kamu salah satu yang mendaftar di formasi Kemenhub, ada beberapa kisi-kisi wawancara SKB CPNS yang bisa kamu pelajari. 

Pertama, mulailah mempelajari materi seputar dunia transportasi, jika kamu memang punya keinginan untuk menjadi bagian dari Kemenhub, tunjukan minatmu dalam bidang transportasi, bagaimana kamu melihat perkembangan infrastruktur transportasi yang ada sekarang di Indonesia, bagaimana masa depannya, mulailah mempelajari hal demikian.

Hal ini disampaikan langsung oleh Adita. “Dalam wawancara perlu ada penampilan, pembawaan diri. Itu hal yang berbeda, tapi yang pertama isi dulu kepalanya dengan wawasan tentang dunia transportasi,” tegasnya.


SKB CPNS Kemenkumham

Prof. Dr. Eddy Hiariej, selaku wakil menteri Hukum dalam acara Online Expo KitaLulus membocorkan, mengenai apa yang menjadi penilaian dalam proses wawancara CPNS. 

Setidaknya ada empat hal yang menjadi penilaian oleh Kemenkumham dalam wawancara SKB. Penilaian itu adalah pertama integritas, penilaian kedisiplinan, loyalitas, dan dedikasi. 

Semisalnya nanti, untuk mengetahui integritas, kamu akan diberikan pertanyaan studi kasus apa yang akan kamu lakukan bila melihat teman bekerja tidak sesuai atau ada uang yang dikorupsi. Soal seperti ini mungkin saja akan kamu temui, dimana kamu dihadapkan pada dua hal, di satu sisi menguji kesetiakawanan, namun di lain sisi menguji integritas kita. 


SKB CPNS Kemendikbudristek

Jika kamu ikut dalam sesi ASK ASN Room A saat acara Online Expo, pasti kamu sudah tahu bahwa ada beberapa kisi-kisi yang disampaikan oleh Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D. 

Baca dan pelajarilah undang-undang terkait, setidaknya kamu membaca Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional no 20 tahun 2003.

Selain itu, agar kamu juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan dan strategi yang dilakukan Kemendikbud, kamu bisa mempelajarinya dalam Peraturan Menteri nomor 22 tahun 2020. 

“Yang sekarang ini, tolong dibuka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan,"  jelas Hendarman.

Tidak ketinggalan, kamu juga harus mempelajari unit-unit kerja yang ada di Kemendikbud. 


Persiapan yang matang jadi modal kamu untuk menjawab pertanyaan dengan baik dan tidak gugup. Jika persiapan sudah baik pasti kamu bisa memberikan jawaban yang terbaik. Aplikasi KitaLulus selalu ada untuk membantumu meraih kesempatan menjadi ASN!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play