PPPK

Penasaran Kisi-Kisi Soal PPPK 2021? Simak Materi Resminya Di Sini!

Kisi-Kisi Soal PPPK 2021
Yuk persiapkan dirimu untuk PPPK 2021 mulai sekarang dengan mempelajari kisi-kisi soal PPPK 2021! Cek pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Apakah kamu sudah tahu materi apa saja yang harus dipelajari agar semakin siap menghadapi tes PPPK nanti? Jika kamu belum tahu, jangan khawatir, karena kita punya kisi-kisi soal PPPK 2021 yang bisa jadi panduan kamu untuk belajar. Kisi-kisi PPPK ini lengkap dan sesuai dengan peraturan Kemenpan- RB yang baru saja dikeluarkan, penasaran? Yuk disimak!

Kisi-kisi soal PPPK 2021

Belum lama ini, Kemenpan-RB mengeluarkan 3 peraturan menteri mengenai pelaksanaan seleksi ASN di tahun ini, salah satunya PPPK 2021. Peraturan tersebut terutang dalam Permenpan Nomor 29 tahun 2021, di mana peraturan ini juga sudah disosialisasikan secara luas. 

Dalam peraturan tersebut juga berisikan kisi-kisis soal PPPK 2021. Secara umum, seleksi PPPK jabatan fungsional tetap akan menjalankan tiga jenis tes, yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural. Namun, tentu saja materi yang diujikan ada yang mengalami perubahan. 

Untuk itu agar memudahkan kita belajar, berikut ini kisi-kisi soal PPPK 2021 berdasarkan Permenpan:

1. Kompetensi Teknis

Materi kisi-kisi soal PPPK 2021 untuk kompetensi teknis berisikan penguasaan pengetahuan,keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

2. Kompetensi Manajerial

Penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

a. Integritas;

b. Kerjasama;

c. Komunikasi;

d. Orientasi pada hasil;

e. Pelayanan publik;

f. Pengembangan diri dan orang lain;

g. Mengelola perubahan; dan

h. Pengambilan keputusan.

3. Kompetensi Sosio Kultural

Materi dalam kompetensi ini akan berisikan, penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

a. Kepekaan terhadap perbedaan budaya;

b. Kemampuan berhubungan sosial;

c. Kepekaan terhadap konflik; dan

d. Empati.

Selain itu, setelah kamu melewati tahap tes seleksi kompetensi, kamu juga akan mengikuti tahap seleksi wawancara, di mana tahap ini dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas dan dilaksanakan dengan metode CAT.


Tahap Seleksi PPPK 2021

Seleksi PPPK Non Guru 2021

Tahun ini, formasi PPPK mendapatkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan CPNS. Rincian dari jumlahnya sendiri adalah 531.076 untuk PPPK guru dan 20.960 PPPK non guru.

Seleksi PPPK non guru sendiri diatur dalam Permenpar No.29/2021 yang dijelaskan dalam pasal 11, pengadaan PPPK jabatan fungsional akan melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Perencanaan; 
  2. Pengumuman lowongan; 
  3. Pelamaran; seleksi; 
  4. Pengumuman hasil seleksi; dan 
  5. Pengangkatan menjadi PPPK

Pengadaan PPPK 2021 nantinya akan terdiri dari dua bagian, seperti yang diatur dalam pasal 19 Permenpan No.29/2021, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokan persyaratan administrasi dan kualifikasi pelamar dan dilakukan oleh panitia seleksi instansi. Jika nanti kamu dinyatakan lulus, maka kamu bisa mengikuti seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Seleksi PPPK Guru 2021

Lalu, untuk tahapan seleksi PPPK guru diatur dalam Permenpan No.28/2021 dalam pasal 12 ayat 2. Aturan tersebut menyebutkan bahwa pengadaan PPPK JF guru tahun 2021 dilaksanakan melalui tahapan: 

  1. Perencanaan; 
  2. Pengumuman lowongan; 
  3. Pelamaran; seleksi; 
  4. Pengumuman hasil seleksi; dan 
  5. Pengangkatan menjadi PPPK.

Tidak jauh berbeda dengan tahap seleksi PPPK nonguru, tahap seleksi PPPK guru juga akan melewati tahap seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi akan menggunakan sistem CAT-UNBK Kemendikbud Ristek, bukan CAT BKN.

Seleksi kompetensi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan pengumuman hasil seleksi di setiap tahap. Untuk tahap seleksi kompetensi I hanya bisa diikuti THK-II dan guru non ASN di sekolah negeri.

Seleksi kompetensi II, boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi I, dan guru swasta dan lulusan PPG. Sementara untuk seleksi kompetensi III boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus di tahap seleksi kompetensi II. 

Dengan adanya seleksi kompetensi 3 tahap ini diharapkan memperbesar peluang peserta untuk lolos sehingga bisa memenuhi kuota dari PPPK guru karena hingga saat ini masih banyak sekolah yang kekurangan guru.


Belajar Persiapan PPPK

Untuk menghadapi seleksi PPPK 2021, tentunya kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Salah satu caranya adalah dengan menemukan formula belajar yang asik dan efektif yang bisa kamu lakukan di tengah-tengah kesibukan kamu tentunya. 

Sebagai tips untuk Dik Lulus, mungkin kamu bisa mulai belajar latihan soal PPPK yang sesuai dengan kisi-kisi soal PPPK 2021 dari sekarang, atau juga bisa belajar melalui video-video pembelajaran yang bisa kamu temukan di Youtube. 


Selain itu, kamu juga bisa download aplikasi KitaLulus di smartphone-mu agar bisa belajar melalui gadget, jadi bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Aplikasi KitaLulus punya ribuan soal PPPK lengkap dengan materi pembahasan yang mudah dipahami. Tidak hanya ada latihan soal, kamu juga bisa mengikuti try out atau juga kelas online bersama para pengajar profesional. Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play