CPNS

Sederet Keuntungan Menjadi PNS Kementerian yang Pasti Buat Tergiur

Close Pop up
keuntungan menjadi PNS kementerian
Profesi menjadi PNS kementerian adalah idaman banyak orang. Apakah Dik Lulus salah satunya? Yuk cari tahu keuntungan menjadi PNS kementerian di artikel ini!

Profesi menjadi PNS kementerian adalah idaman banyak orang. Apakah Dik Lulus salah satunya? Ada banyak keuntungan menjadi PNS kementerian yang bisa kamu dan juga keluarga rasakan.  Oleh karena itu, setiap pembukaan seleksi CPNS, pendaftaran selalu membludak. 

Keuntungan menjadi PNS Kementerian

Bisa menjadi PNS di kementerian adalah hal yang luar biasa. Sudah bukan rahasia lagi, jika banyak orang yang mengidam-idamkan posisi untuk mengabdi di kementerian. Selain menjadi pekerjaan yang membanggakan, ini juga tidak terlepas dari berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.

1. PNS Kementerian Terkenal dengan Tunjangan yang Besar

Keuntungan menjadi PNS Kementerian yang pertama adalah kamu bisa mendapatkan tunjangan yang besar. Pasti kamu juga sudah sering mendengar bukan? Bahwa beberapa kementerian memberikan tunjangan kinerja yang besar.

Beberapa kementerian yang diketahui memberikan tunjangan kinerja yang besar, antara lain:

1. Kementerian Pertanian

2. Kementerian Ketenagakerjaan

3. Kementerian Kesehatan

4. Kementerian Agama

5. Kementerian Pemuda dan olahraga

6. Kementerian Perhubungan

7. Kementerian Pertahanan

8. Kementerian Agraria dan Tata Ruang

9. Kementerian Koperasi dan UKM

10. Kementerian Keuangan

11. Kementerian Hukum dan HAM

Besarnya tunjangan kinerja ini juga dibedakan berdasarkan kelas jabatan yang kamu dapatkan. Sebagai gambaran untuk kamu, jika kamu menjadi PNS di Kementerian Keuangan, untuk tunjangan dengan kelas terendah akan mendapatkan Rp2.575.000 dan untuk kelas jabatan tertinggi yaitu kelas 27 akan mendapatkan Rp46.950.000.

2. Jaminan Uang Pensiun

Salah satu yang menjadi daya tarik yang membuat mengapa semua orang berlomba-lomba untuk menjadi PNS adalah karena adanya jaminan uang pensiun setelah masa tugas selesai.

Tidak tanggung-tanggung, tunjangan pensiun ini akan didapatkan sampai meninggal dunia dan selanjutnya akan diberikan pada pasangan atau juga keluarga.

3. Tidak Ada PHK

Mengalami PHK adalah mimpi buruk yang paling ditakutkan oleh para pekerja. Tapi tidak bila kamu menjadi PNS. Ini adalah keuntungan menjadi PNS kementerian, kamu tidak perlu takut akan di PHK. 

Selama kamu menaati peraturan dan kamu punya kinerja yang baik. Namun, bila ternyata kamu tidak menaati peraturan dan kinerjamu ternyata kurang, kamu juga harus siap mendapatkan sanksi.

4. Dapat Merasakan Perjalanan Dinas

Untuk kementerian, karena kamu harus mengurus seluruh Indonesia, kamu akan sering melakukan perjalanan dinas. Tidak hanya keluar kota, kamu juga mungkin akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan misalnya, mungkin kamu akan sering melakukan perjalanan dinas ke pelosok Indonesia. Atau kalau kamu menjadi PNS di Kemenlu, maka kamu mungkin akan sering berpindah-pindah negara.

Tentunya dalam perjalanan dinas ini kamu akan mendapatkan uang tunjangan. Ini sering disebut dengan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Komponen yang termasuk dalam tunjangan ini adalah uang makan, uang saku, uang transportasi, hingga biaya penginapan. Untuk besarnya tunjangan sendiri tergantung pada tujuan.

5. Punya Jenjang Karir yang Jelas

Keuntungan menjadi PNS kementerian selanjutnya adalah kamu bisa punya jenjang karir yang jelas.

Tidak seperti pekerjaan swasta yang mungkin kamu tidak mengalami kenaikan jabatan padahal kamu sudah mengabdi bertahun-tahun pada perusahaan tersebut, menjadi PNS tidak demikian. Kamu bisa punya jenjang karir, di mana setiap 4 tahun kamu akan naik golongan, dan menduduki jabatan fungsional dan struktural.

Bahkan, untuk kamu yang bisa dengan cepat melakukan penyesuaian diri, pekerja keras dan menempati kementerian baru, di mana akan ada perluasan tupoksi (tugas pokok dan fungsi), maka karir kamu bisa cepat melejit.

6. Mendapatkan Kesempatan untuk Mengembangkan Potensi

Pengembangan potensi ini sendiri adalah hak yang akan Dik Lulus dapatkan ketika sudah menjadi PNS kementerian. Bentuk dari pengembangan potensi ini sendiri ada 2 jenisnya, yaitu melalui pelatihan atau juga pendidikan.

Untuk pendidikan, nantinya kamu akan diberikan tugas belajar formal dalam jenjang pendidikan tinggi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sedangkan untuk pelatihan, dibagi lagi kedalam 2 jenis yaitu pelatihan klasikal dan nonklasikal. 

Pelatihan klasikal menekankan pada pelatihan yang dilakukan dengan cara tatap muka, sementara untuk nonklasikal menekankan pada praktik kerja dan pembelajaran di luar kelas.

Formasi Kementerian di CPNS 2021

Tahun ini, seleksi CPNS kembali dilaksanakan. Untuk Dik Lulus yang mungkin semakin menggebu semangatnya setelah mengetahui apa saja keuntungan menjadi PNS kementerian pasti penasaran kementerian mana saja yang membuka formasi di CPNS tahun ini.

Nah, untuk tahun ini sendiri, akan diikuti 56 kementerian dengan total akan ada 61.129. 

Waw, formasi yang sangat banyak ya? Ets, tapi jangan sampai formasi yang banyak justru membuat kamu lengah, karena setiap tahunnya ada jutaan orang yang memperebutkan posisi untuk menjadi PNS kementerian.

Persiapkan diri kamu dengan matang ya, kamu bisa mulai mengikuti try out soal-soal HOTS, atau belajar dengan mengikuti bimbel kelas online. Semua itu bisa kamu lakukan dalam satu aplikasi KitaLulus. Kamu juga bisa menjadi Agen KitaLulus dan mendapatkan komisi dengan cara membagikan link referral kepada temanmu. Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play