CPNS

CPNS Dosen, Ketahui Hal Berikut Sebelum Terlambat

cpns dosen diminati banyak orang
Hai Dik Lulus, tahukah kamu, dosen juga bisa jadi PNS lho! Ya, CPNS dosen juga dibuka oleh Kemendikbud. Apa saja syarat CPNS Dosen? Yuk, simak pembahasannya!

Hai Dik Lulus, tahukah kamu, dosen juga bisa jadi PNS lho!
Ya, CPNS dosen juga dibuka oleh Kemendikbud. Tahun 2019 lalu, formasi yang dibutuhkan untuk CPNS dosen juga sangat banyak. 

Ingin tahu seperti apa formasi dan persyaratan untuk ikut seleksi CPNS untuk dosen? Mari simak penjelasannya di bawah ini!


CPNS Dosen

Pada CPNS 2019, Kemendikbud membuka formasi yang cukup banyak untuk dosen. Dari alokasi 1.994 formasi, dosen mendapatkan jumlah 1.891 formasi sisanya adalah untuk pranata laboratorium pendidikan sebanyak 88 dan formasi analis kepegawaian sebanyak 15 formasi.

Jumlah yang banyak bukan? Hal ini tentu bukan tanpa alasan, dibukanya formasi CPNS dosen dengan jumlah yang begitu banyak sendiri adalah sebagai bentuk upaya pemerintah pusat dalam peningkatan sumber daya manusia dalam industri yang unggul, kompeten dan berdaya saing di era industri 4.0.

Lalu, bagaimana dengan tahun 2021? Apakah formasi dosen masih akan terbuka dengan jumlah yang banyak? Jawabannya, tentu saja masih. Ini disampaikan langsung oleh menteri Tjahjo Kumolo yang mengatakan bahwa formasi terbanyak penerimaan CASN 2021 untuk pemerintah pusat salah satunya adalah untuk jabatan dosen.


Formasi Dosen

Dalam formasi ini, lulusan S2 dengan batas usia di bawah 35 tahun masih diberikan kesempatan untuk mendaftar. Sedangkan untuk S3 diberikan kebebasan sesuai dengan Keppres 19/2019, dengan usia maksimal 40 tahun.

Sedikit informasi untuk kamu, pada 2019 lalu, beberapa formasi untuk CPNS dosen yang dibuka terbilang sepi peminat. 

Berikut ini beberapa formasi CPNS Dosen pada tahun 2019 yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan diri, antara lain:

1. Asisten Ahli Dosen Arkeologi

Formasi ini dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag), dengan penempatan di IAIN Ternate. Pelamar formasi ini harus memiliki kualifikasi S2 Arkeologi.

Formasi ini dibuka untuk 1 lowongan saja dan dibuka untuk pelamar dari kategori umum. Selain itu penyandang disabilitas juga bisa melamar di posisi ini.

2. Asisten Ahli Dosen Asas-asas Kebudayaan Islam

Jumlah untuk formasi ini hanya satu yang dibuka oleh Kemenag untuk penempatan di IAIN Ternate. Formasi dibuka untuk umum dan bisa dilamar oleh penyandang disabilitas.

Untuk kualifikasi pendidikan dosen asas-asas kebudayaan islam, kamu harus setidaknya seorang lulusan S2 Sejarah Peradaban Islam.

3. Asisten Ahli Dosen Audit Perbankan Syari’ah

Formasi ini dibuka oleh Kemenag untuk ditempatkan di UIN Raden Intan Lampung.

Lowongan ini hanya berisikan satu formasi, dibuka untuk umum dan penyandang disabilitas. Untuk bisa melamar di lowongan ini, kamu haruslah memiliki kualifikasi pendidikan S2 Akuntansi Islam/ S2 Akuntansi Perbankan/ S2 Akuntansi Syari’ah.

4. Asisten Ahli Dosen Bahasa Cina

Formasi CPNS dosen berikutnya masih dibuka oleh Kemenag untuk penempatan di IAIN Pontianak. Kualifikasi pendidikan harus S2 Sastra Mandarin/S2 Bahasa Mandarin/S2 Pendidikan Bahasa Mandarin.

Formasi ini hanya dibuka untuk 1 pelamar umum.

5. Asisten Ahli Dosen Diksi

Lokasi penempatan di STAKN Kupang. Formasi ini terbuka bagi kamu dengan kualifikasi pendidikan S2 Musik/S2 Musik Gejerawi/S2 Seni Musik. Posisi ini terbuka untuk pelamar kategori umum dan dapat disini penyandang disabilitas.

Tahap Seleksi CPNS Dosen

Setelah kamu mengetahui formasi mana saja yang tersedia, selanjutnya mari sama-sama kita lihat ada berapa tahap yang akan kamu jalani dalam seleksi nantinya.

Ada tiga tahapan seleksi, yaitu:

1. Seleksi administrasi

Dilaksanakan untuk kamu yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran. 

2. Seleksi kompetensi dasar (SKD)

Dilaksanakan untuk pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi. SKD dilaksanakan dengan Computer Asisted Test (CAT) dengan beberapa cakupan materi seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegesi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Seleksi kompetensi bidang (SKB)

Dilaksanakan bagi pelamar yang MP seleksi kompetensi dasar (SKD). Jenis tes SKB dibagi menjadi 3 (tiga) kriteria sesuai jenis jabatan, yaitu: 

  • SKB bagi Jabatan Fungsional Dosen 
  • SKB bagi Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan 
  • SKB bagi Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian (Ahli dan Terampil).


Syarat Pendaftaran CPNS Dosen

Berikut ini syarat pendaftaran CPNS Dosen:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
3. Kriteria usia sebagaimana berikut (terhitung per tanggal pelamar melakukan pendaftaran online di SSCASN). 

  • Pelamar lulusan S-1/D-IV s.d. S-2/Spesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 35 tahun 0 bulan 0 hari. 
  • Pelamar lulusan S-3/Subspesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 40 tahun 0 bulan 0 hari. 

4. Sehat jasmani dan rohani/jiwa/mental (dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan surat keterangan sehat rohani/jiwa/mental dari dokter spesialis jiwa Rumah Sakit Pemerintah. Surat ini wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS. 
5. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya. (Surat keterangan bebas narkoba/NAPZA ditandatangani oleh dokter rumah sakit pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat dimaksud. Surat keterangan ini wajib diserahkan setelah pelamar tersebut dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS).
6. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
8. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota Polri, dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
9. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik untuk melamar CPNS dosen? Jangan sampai lewatkan proses pendaftarannya ya di bulan Mei! 

Jika kamu masih belum tahu ingin belajar di mana untuk persiapan seleksi CPNS, kamu bisa ikut Try Out Spekta CPNS KitaLulus, lho!
Download aplikasi KitaLulus yang tersedia di Play Store, daftarkan dirimu dengan e-mail, dan langsung kerjakan Try Out nya.
Kamu bisa mengecek skor kamu dan mempelajari video pembahasannya. Selain itu, ada hadiah menarik berupa 1 buah Samsung A71 dan 2 Samsung A21S untuk 3 peraih skor tertinggi.

Tunggu apa lagi? Yuk ikut Try Out Spekta CPNS KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play