CPNS

Fungsi Sertifikat SKD CPNS dari BKN, Ini Cara Unduhnya

sertifikat bkn
Bagi peserta seleksi CASN 2023 yang sudah mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKB) bisa mengunduh sertifikat BKN. Ini caranya.

Isi Artikel

Kamu sudah mengikuti tes kompetensi dasar CPNS dan PPPK 2023? Jika sudah, segera unduh sertifikat BKN sebagai bukti bahwa kamu adalah salah satu peserta yang ikuti seleksi CASN 2023. Berikut cara mengunduh sertifikat dari BKN lengkap dengan cara validasi sertifikat asli atau palsu.

Apa Itu Sertifikat-CAT?

Sumber: BKN

Sejak seleksi CASN 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan sertifikat bagi peserta yang mengikuti tes SKD. Sertifikat ini disebut sebagai sertifikat-CAT yang artinya sertifikat SKD dengan CAT BKN. 

Sertifikat tersebut diberikan kepada seluruh peserta tes SKD pada seleksi CASN pada tahun tersebut. Nah, peserta tes SKD seleksi CASN 2023 juga akan mendapatkan sertifikat ini.

Apa sih fungsi dari sertifikat-CAT itu? Sertifikat BKN berfungsi sebagai bukti bahwa kamu adalah salah satu peserta yang mengikuti tes SKD pada seleksi CPNS dan PPPK 2023. 

Baca Juga: RUU ASN Disahkan, Seleksi CPNS dan PPPK Bisa 3 Kali dalam Setahun!

Cara Mengunduh Sertifikat BKN

Bagi kamu yang pada tahun 2023 ini mengikuti tes SKD, segera unduh sertifikat-CAT. Batas waktu pengunduhan adalah 2 tahun setelah mengikuti tes, sehingga setelah dua tahun tersebut, soft file sertifikat akan terhapus dari server BKN.

Nah, berikut langkah-langkah mengunduh sertifikat dari BKN melalui website.

  1. Silakan kunjungi laman https://sertificat.bkn.go.id/
  2. Setelah itu masukkan nomor induk kependudukan (NIK) kamu
  3. Masukkan nomor peserta tes SKD seleksi CASN
  4. Pilih tipe seleksi yang kamu jalani, yaitu:
  • Sekolah Kedinasan
  • Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
  • Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
  1. Lalu klik “unduh” untuk menyimpan sertifikat BKN di komputer, laptop, atau handphone

Baca juga: Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang SKB CPNS

Cara Melakukan Validasi Sertifikat BKN

Jika kamu tidak begitu yakin dengan sertifikat-CAT yang baru saja kamu unduh, kamu bisa melakukan validasi untuk mengecek keasliannya. Ikuti cara berikut.

  1. Unduh aplikasi "Validator SertifiCAT" di Play Store atau App Store
  2. Jalankan aplikasi tersebut
  3. Lakukan scan QR code pada sertifikat BKN yang telah kamu unduh
  4. Jika sertifikat BKN asli, maka akan muncul hasil ujian lengkap dengan total skor yang kamu dapatkan sesuai data asli

Skor tes SKD sendiri bisa langsung kamu lihat secara live di akun YouTube Official CAT untuk pusat atau akun masing-masing instansi yang kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan skor yang tertera di sertifikat untuk melakukan validasi datanya.

Baca Juga: Gambaran Tes Kesamaptaan CPNS dan PPPK 2023, Siapkan Dirimu!

Itulah informasi mengenai cara mengunduh dan mengecek validasi sertifikat BKN. Bagi kamu yang lolos pada tes SKD 2023 ini, selamat ya! Persiapkan diri untuk tahap seleksi berikutnya.

Namun, untuk kamu yang saat ini belum lolos, tidak apa-apa, kamu bisa mencoba lagi di seleksi CASN tahun 2024. Info seleksi CPNS dan PPPK bisa kamu pantau terus di blog KitaLulus.

Kamu juga bisa melamar loker lain untuk opportunity baru. Tidak perlu bingung tentang loker trusted karena KitaLulus memiliki banyak loker dari berbagai perusahaan bonafit di Indonesia. Kamu cukup mengunduh aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store lalu buat akun dengan mudah untuk kemudian mencari loker sesuai klasifikasi kamu.

Semua loker bisa kamu lamar secara mudah dan gratis!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!