CPNS

Simak Jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021! Apa Saja Ketentuannya?

Close Pop up
Jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021
Bagaimana jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021? Ayo, simak tanggal pentingnya, untuk memantapkan persiapanmu!

Hasil seleksi administrasi sudah diumumkan. loloskah kamu ke tahap selanjutnya? Bang Lulus ingin mengucapkan selamat, ya, untuk kamu yang sudah berhasil lolos seleksi administrasi. Nah, untuk selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan diri untuk SKD CPNS dan PPPK 2021. Langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mempersiapkan diri adalah dengan mencari tahu tentang jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021. Yuk, langsung saja, simak jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021 di artikel ini!

Jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021

Berdasarkan keterangan yang diberikan secara langsung oleh Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono, pelaksanaan akan dilakukan sesuai jadwal selama belum ada perubahan.

Itu artinya, jika dilihat dari Surat Kepala BKN Nomor 5587/BKS.04.01/SD/K/2021 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Non Guru Tahun 2021. Jadwal SKD CPNS dan PPPK Non Guru akan dilakukan pada 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021.

Sedangkan jadwal SKD PPPK guru karena akan dibagi menjadi tiga kesempatan. Kesempatan pertama dilakukan pada pada bulan Agustus, kesempatan kedua akan dibuka pada bulan Oktober, dan seleksi kesempatan ketiga akan dilangsungkan pada bulan Desember.


Kisi-Kisi Terbaru SKD 2021

Jika tidak ada perubahan jadwal seperti yang sudah-sudah. Waktu kamu untuk mempersiapkan diri tinggal sedikit lagi. Wadaw, panik gak tuh, panik gak tuh? Nggak usah panik lah, kalau kamu tahu kisi-kisi terbaru SKD 2021, jadi gampang deh belajarnya. Berdasarkan kisi-kisi ada beberapa penambahan materi baru dalam SKD tahun ini.

Berikut ini kisi-kisi terbaru SKD 2021 sesuai dengan ketetapan dari Kemenpan-RB. 


TIU 

Kamu akan mengerjakan 35 soal TIU yang terbagi menjadi 3, yaitu verbal, numerik, dan figural. Di bagian soal verbal kamu akan berbentuk analogi, silogisme, analitis. Kedua, di bagian soal numerik, kamu akan menemukan bentuk soal berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita. Yang terakhir, di bagian figural, kamu akan bertemu dengan soal-soal analogi, ketidaksamaan, dan serial.

TKP

Nah, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah soal TKP bertambah 10. Total jumlah soal TKP SKD CPNS 2021 adalah 45 butir soal. Penambahan soal ini menyusul dengan penambahan materi anti radikalisme. Bentuk soal yang akan kamu temukan adalah seperti pelayanan publik, jenjang karir, sosial budaya, T.I.K, dan profesionalisme.


TWK

Di SKD CPNS 2021, peserta harus mengerjakan soal TWK sebanyak 30 soal. Materi TWK pada tahun ini terbagi menjadi lima, yaitu Bahasa Indonesia, nasionalisme, bela negara, dan pilar negara.

Jika ditotal, jumlah soal yang akan kamu kerjakan pada SKD CPNS 2021 nanti adalah 110 soal yang harus dikerjakan dalam 100 menit. Karena rentang waktu yang cukup sempit, kamu harus menentukan siasat agar kamu bisa menjawab soal-soal dengan baik, sehingga kamu bisa meraih poin di atas passing grade yang telah ditentukan.


Apakah Ada Syarat Khusus untuk Ikut SKD CPNS 2021?

Mengingat pelaksanaan  jadwal SKD CPNS dan PPPK dilakukan saat kondisi pandemi Covid-19, apakah nanti mempunyai syarat khusus? 

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan keterangan Plt  Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, untuk saat ini, BKN tidak mewajibkan bukti vaksinasi untuk mengikuti SKD nanti.

"Kayaknya tidak ada (membawa bukti vaksinasi)," jelasnya.

Ia menambahkan, BKN telah merilis prosedur penyelenggaraan SKD menggunakan metode computer assisted test (CAT) dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Prosedur tersebut tertuang dalam Surat Edaran BKN Nomor 7 Tahun 2021.


Mengingat jadwal SKD CPNS dan PPPK yang semakin dekat, tajamkan kemampuan kamu dengan berlatih soal. Tidak perlu membeli buku tebal, kamu bisa latihan soal CPNS cukup dari handphone saja dengan aplikasi KitaLulus. Ada ribuan soal CPNS lengkap dengan pembahasannya yang bisa menjadi modal kamu mematangkan persiapan. Selain itu kamu juga bisa ikut bimbel online CPNS bersama tentor profesional dengan harga yang ramah di kantong. Tunggu apalagi, yuk download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play