CPNS

Sudah Diumumkan! Formasi CPNS 2021 Kalsel Dibuka Sebanyak 2.612 Formasi

Close Pop up
formasi cpns 2021 kalsel
Salah satu daerah di Indonesia yang sudah membocorkan rincian formasi adalah Kalimantan Selatan atau Kalsel. Ayo cari tahu tentang formasi CPNS 2021 Kalsel di artikel ini!

Isi Artikel

Sejumlah daerah sudah sudah untuk seleksi CPNS 2021, beberapa daerah bahkan sudah mengumumkan jumlah formasi yang dibutuhkan secara rinci. Salah satu daerah di Indonesia yang sudah membocorkan rincian formasi adalah Kalimantan Selatan atau Kalsel. Formasi CPNS 2021 Kalsel jumlahnya sekitar 2000-an lebih lho. 

Formasi CPNS 2021 Kalsel

Pemerintah Kalimantan Selatan telah mendapatkan persetujuan dari Kemenpan-RB terkait dengan jumlah formasi CPNS 2021 Kalsel, yaitu sebanyak 2.327 formasi. Pemprov Kalsel sendiri sebelumnya mengusulkan formasi sebanyak 2.612 formasi namun berkurang sebanyak 285 formasi dari yang ditetapkan oleh Menpan-RB. Jumlah formasi ini sendiri masih belum bisa memenuhi kebutuhan pegawai dilingkungan Pemprov Kalsel.

Tidak jauh berbeda dari beberapa daerah yang sudah mengumumkan formasi CPNS 2021 seperti DKI, Jawa Barat, Jatim, dan lainnya. Untuk formasi CPNS 2021 Kalsel terbanyak adalah untuk formasi guru dan sisanya untuk tenaga kesehatan dan juga teknis.

Selain Pemprov Kalsel, beberapa Kabupaten dan Kota di Kalsel juga sudah mengumumkan jumlah formasi yang mereka butuhkan pada seleksi CPNS 2021, di antaranya:

1. Kabupaten Tabalong

Formasi CPNS 2021 Kalsel untuk Kabupaten Tabalong berdasarkan Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP), untuk tahun ini disetujui alokasi CPNS 29 formasi dan PPPK 813 formasi.

Dengan rincian, formasi CPNS 2021 Kalsel Kabupaten Tabalong sebanyak 29 terdiri dari 3 formasi tenaga kesehatan, dan 26 formasi untuk tenaga kesehatan lainnya. Sedangkan untuk formasi PPPK sebanyak 813 formasi terdiri atas guru SD 522 formasi, guru SLTP 244 formasi, guru Agama Islam 31 formasi, tenaga kesehatan 15 formasi dan tenaga teknis lainnya ada 1 formasi.

Untuk formasi PPPK, tenaga pendidik, sepenuhnya nanti akan dilaksanakan oleh Kemendikbud. Mulai dari tahapan pelaksanaan pendaftaran, seleksi hingga hasilnya sepenuhnya oleh Kemendikbud, daerah hanya diminta untuk pengumuman

Sedangkan untuk formasi nonguru, pendaftaran, pelaksanaan seleksi dan hasil sepenuhnya dilakukan BKN, sedangkan daerah hanya memfasilitasi tempat dan pelaksanaan.

Hingga saat ini BKPP Tabalong  masih menunggu Permenpan RB terkait juknis pelaksanaan pengadaan CPNS dan PPPK. Junkis sendiri dibutuhkan untuk mengetahui apa saja syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh para pelamar. 


2. Kabupaten Tanabu

Pada seleksi CPNS 2021, Kabupaten Tanabu mendapatkan jumlah formasi keseluruhan sebanyak 991. Namun belum ada informasi terkait pembagian secara rinci dari formasi tersebut, yang pasti BKD Kabupaten Tanabu memastikan bahwa jumlah tersebut adalah formasi untuk CPNS dan PPPK baik untuk guru dan tenaga kesehatan, dan teknis. Pemkab Tanabu masih menunggu instruksi  BKN.


3. Kota Banjarbaru

Kota Banjarbaru juga sudah mengumumkan jumlah formasi CPNS 2021 Kalsel, sebanyak 810 formasi dengan rincian tenaga guru sejumlah 429 tenaga kesehatan sejumlah 118, tenaga teknis sebesar 263. 


4. Kabupaten Balangan

Penetapan rincian kebutuhan CASN di Kabupaten Balangan ada sebanyak 557 formasi. Dengan rincian 420 formasi untuk tenaga guru, 68 untuk tenaga kesehatan, dan 69 formasi tenaga teknis. 


5. Kabupaten Barito Kuala

Jumlah yang ditetapkan Kemenpan-RB untuk formasi CPNS 2021 Kalsel Kabupaten Barito Kuala ada sebanyak 1.433 formasi. Dengan rincian pembagian formasi 1.222 untuk guru, tenaga kesehatan sebanyak 94 formasi, tenaga teknis sebanyak 117 formasi.


6. Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Untuk formasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan ada sebanyak 1.101, dimana formasi terbesar adalah untuk formasi guru sebanyak 681, selanjutnya 273 formasi untuk kesehatan, dan teknis ada 147 formasi teknis.


7.  Kabupaten Tanah Laut

Pada seleksi CPNS 2021, Kabupaten Tanah Laut mendapatkan jumlah formasi sebanyak 550 untuk formasi guru, tenaga kesehatan, dan teknis.

Untuk formasi guru dibuka sebanyak 391 formasi, 118 untuk formasi tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sebanyak 41 formasi.


8. Kabupaten Tabin

Formasi CPNS 2021 Kalsel Kabupaten Tabin sebanyak 298 formasi, dengan rincian ada sebanyak 235 untuk formasi guru, 44 formasi tenaga kesehatan, 19 untuk formasi tenaga teknis.


Untuk informasi lebih rinci mengenai formasi CPNS 2021 Kalsel bisa kamu akses di sini.


Kamu bisa perbarui informasi seputar formasi CPNS 2021 Kalsel dengan mengakses bkd.kalselpemprov.go.id. Dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri kamu dengan berlatih soal CPNS dan PPPK. Tidak sulit untuk kamu menemukan latihan soal CPNS, kamu bisa langsung download aplikasi KitaLulus di Play Store. Temukan ribuan soal, pembahasan materi hingga kelas online di satu aplikasi.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play