CPNS

Tips Memilih Bimbel CPNS yang Berkualitas untuk Hadapi Seleksi CPNS

Close Pop up
tips memilih bimbel CPNS
Banyak orang yang memutuskan untuk ikut bimbel untuk menyiapkan diri terhadap seleksi CPNS. Tapi apa saja ya yang harus diperhatikan dalam memilih bimbel? Simak tips memilih bimbel CPNS berikut ini!

Biasanya, menjelang dibukanya pendaftaran CPNS, akan banyak sekali bimbel CPNS yang bermunculan. Jika Dik Lulus mempunyai keinginan untuk mengikuti bimbel CPNS dalam waktu dekat. Simak tips memilih bimbel CPNS berikut ini yuk, agar bisa lebih selektif lagi dalam menentukan bimbel mana yang harus dipilih.

Tips Memilih Bimbel CPNS

Setiap orang yang melamar CPNS pasti punya harapan yang besar untuk bisa lulus dan kemudian berhasil menjadi PNS. Tentu kamu juga, bukan?

Salah satu caranya adalah mengikuti bimbel CPNS. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan bimbel CPNS, tapi tentunya setiap layanan bimbel tidak sama. Bila kamu tertarik untuk mengikuti bimbel, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak salah pilih. 

Untuk kamu yang berniat mengikuti bimbel, coba perhatikan tips memilih bimbel CPNS berikut ini agar kamu bisa mendapatkan bimbel yang tepat. 

1. Memberi Jaminan yang Masuk Akal

Tips memilih bimbel CPNS pertama adalah perhatikan jaminan yang diberikan pihak bimbel. Banyak sekali pastinya akan kamu temui, program-program bimbel yang memberikan jaminan kelulusan untuk kamu. 

Nah, kalau Dik Lulus menemukan bimbel yang menawarkan seperti ini, jangan langsung tergiur, ya! Lembaga bimbel yang menawarkan jaminan seperti ini tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

Jika tempat bimbel memberikan berbagai jaminan untuk kamu, pertimbangakan jaminan tersebut apakah masuk akal atau tidak agar kamu tidak merasa tertipu di kemudian hari.

2. Pengajar/ Tentor yang Kompeten

Selanjutnya, saat kamu memilih bimbel CPNS, pastikan tenaga pengajar atau tentor kompeten. 

Tentor ini adalah faktor penting dalam bimbel, oleh karena itu sebelum kamu memilih lembaga bimbel, pastikan tentor-tentor yang mereka miliki adalah orang-orang berpengalaman. Bimbel yang baik adalah yang memiliki tenaga pengajar merupakan orang yang berpengalaman lulus seleksi CPNS.

Dengan tentor berpengalaman, proses memahami segala materi maupun soal akan lebih maksimal. Tidak hanya dalam hal memahami materi, tapi juga menjaga semangat dan mental kamu saat belajar.

Kamu bisa bertanya secara langsung tentang background dari tenaga pengajar. Lalu, kalau masih baru bagaimana? Tenang…kamu juga bisa bertanya berapa persentase kelulusan dari tentor tersebut sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

3. Fasilitas yang Diberikan

Tips memilih bimbel CPNS yang satu ini tidak boleh kamu abaikan, yaitu fasilitas. Fasilitas inilah yang akan mendukung proses belajar kamu. Pastikan fasilitas bimbel tersebut lengkap dan mendukung.  

Beberapa fasilitas yang harus kamu cermati di antaranya, modul CPNS yang lengkap, pengayaan materi, simulasi try out lengkap dengan metode terbaru juga harus kamu dapatkan dari layanan bimbel. 

Misalnya saja saat ini untuk seleksi CPNS menggunakan sistem CAT, kamu bisa tanyakan kepada pihak bimbel apakah memberikan dukungan laptop atau komputer.

4. Lihat Reputasi Bimbel

Ketika kamu mau mengikuti bimbel, perhatikan juga reputasi dari layanan bimbel CPNS tersebut. Semakin baik reputasi bimbel maka semakin direkomendasikan, dan sebaliknya, jika reputasi buruk makan sedikit sekali yang akan merekomendasikan.

Bimbel yang punya reputasi baik biasanya telah punya pengalaman dalam menyediakan program untuk seleksi CPNS. Untuk hal ini, kamu bisa loh bertanya kepada orang terdekatmu yang sudah pernah mengikuti bimbel CPNS sebelumnya. Atau juga mencari review bimbel tersebut di internet.

Jika kamu menemukan banyak review negatif, tentu saja kamu harus menyingkirkan layanan bimbel tersebut dari daftar pilihan kamu.

5. Suasana Belajar

Suasana belajar ini juga harus masuk dari pertimbangan kamu ketika memilih bimbel. Hal ini karena suasana belajar akan menentukan bagaimana kamu bisa mengikuti proses belajar, menerima materi, dan lainnya. 

Jika suasana belajar tidak menyenangkan, sudah pasti kamu akan merasa setengah hati dalam mengikuti bimbel, padahal tujuan mengikuti bimbel CPNS ini adalah untuk membuat kamu semakin siap dalam seleksi.

Kamu bisa tanyakan berapa jumlah siswa dalam satu kelas di setiap programnya, apakah lembaga bimbel membatasi jumlah siswa untuk setiap program kelas atau tidak? 

Jumlah siswa dalam satu kelas yang terlalu banyak akan mempengaruhi suasana belajar, jika dalam satu kelas, jumlahnya terlalu banyak, bisa dipastikan suasana belajar tidak efektif.

6. Program yang Jelas 

Pilihlah bimbel yang punya program jelas. Lembaga bimbel harus terbuka kepada kamu tentang informasi program yang mereka tawarkan. Misalnya apa saja yang dilakukan dalam program tersebut. Sekalipun kamu harus menginap atau program eksklusif lainnya, pastikan lagi bahwa program tersebut jelas. 

Jangan pernah ragu juga untuk bertanya jika kamu merasa kebingungan dengan program yang ditawarkan.

7. Kemudahan Mendaftar

Jangan sampai kamu kehilangan semangat untuk mengikuti bimbel hanya karena proses pendaftaran yang sulit. Baik mengenai biaya pendaftaran atau juga administrasi, jangan sampai itu menyulitkan kamu.

8. Biaya

Faktor biaya tentu menjadi hal yang kamu pertimbangkan bukan? Ketika kamu memilih bimbel CPNS, kamu juga harus mempertimbangkan masalah harga, jangan sampai justru memberatkan keunangan kamu.

Tips memilih bimbel CPNS dari biaya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan adalah apakah biaya yang kamu keluarga akan sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan dan ditawarkan. Jangan sampai, kamu sudah membayar mahal tapi tidak mendapatkan fasilitas yang memadai.

9. Lokasi Bimbel

Tips selanjutnya adalah mengenai lokasi bimbel. Pertimbangkan juga masalah lokasi, jangan sampai lokasi bimbel terlalu jauh dari rumahmu. Lokasi yang terlalu jauh ditakutkan akan membuat kamu kelelahan dan mempengaruhi proses belajar jadi kurang maksimal. Atau karena terlalu jauh, kamu jadi sering telat sehingga kamu banyak ketinggalan materi. 

Cek terlebih dahulu lokasi bimbel tersebut di internet, cari tahu masalah jarak dan akses menuju ke lokasi. 

10. Pengalaman

Perhatikan pengalaman tempat bimbel tersebut, pengalaman inilah yang juga bisa menandakan bahwa lembaga bimbel tersebut baik. Misalnya, banyak dari peserta yang telah berhasil lulus CPNS.

Nah, itulah sepuluh tips memilih bimbel CPNS yang bisa kamu ikuti agar mendapatkan layanan bimbel yang tepat dan tujuan kamu mengikuti bimbel tercapai. Jika kamu masih bingung memilih bimbel berkualitas, kelas online di KitaLulus bisa menjadi pilihan terbaik. Didukung dengan pengajar profesional dan terbaik dan juga materi-materi terbaru, kelas-kelas KitaLulus akan mempersiapkan kamu untuk seleksi CPNS. Yuk daftar sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play