CPNS

Wow, Ternyata Ini Segudang Keuntungan Menjadi PNS Pusat!

Close Pop up
keuntungan menjadi pns pusat
Setiap pembukaan seleksi CPNS, salah satu yang banyak jadi incaran oleh para peserta adalah PNS pusat. Apakah Dik Lulus salah satunya? Simak keuntungan menjadi PNS pusat di artikel ini!

Setiap pembukaan seleksi CPNS, salah satu yang banyak jadi incaran oleh para peserta adalah PNS pusat. Apakah Dik Lulus salah satunya? Ya, dari banyaknya formasi yang dibuka, PNS pusat selalu jadi primadona karena berbagai keuntungannya. Memang apa sih keuntungan menjadi PNS pusat? Mari kita kupas bersama-sama, yuk!

Apa Itu PNS Pusat

Pasti masih banyak dari Dik Lulus yang belum mengetahui sebenarnya, apa itu PNS pusat? Pegawai Negeri Sipil pusat biasanya akan bekerja pada pemerintahan pusat dan dalam kegiatan kesehariannya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Biasanya akan bekerjasama dengan departemen dan nondepartemen, kesekretariatan lembaga tertinggi/tinggi Negara, dan kepaniteraan pengadilan.

Jenis pekerjaan di lingkup PNS pusat antara lain seperti hakim di pengadilan negeri atau pengadilan tinggi, bekerja pada perusahaan umum, atau lainnya seperti kereta api atau pegadaian.

Selain itu, bila kamu menjadi PNS pusat, kamu juga dapat mengisi posisi yang cukup tinggi seperti sekretaris jenderal, direktur jenderal, kepala biro, dan berbagai posisi staf ahli.

Jika kamu pikir PNS pusat akan ditempatkan di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, anggapan itu salah, karena walaupun disebut PNS pusat, kamu akan memiliki cakupan kerja yang luas di berbagai wilayah di Indonesia. Kamu juga bisa menjadi PNS pusat yang diperbantukan atau dipekerjakan pada daerah otonom.

PNS pusat juga sering dikenal dengan instansi vertikal. Maksudnya adalah segala kewenangan yang dimiliki PNS pusat tidak boleh sembarangan diambil alih oleh pemerintahan daerah tanpa adanya peraturan khusus.

Keuntungan Menjadi PNS Pusat

Berikut ini berbagai keuntungan menjadi PNS pusat yang akan kamu rasakan saat berhasil lolos seleksi nanti.

1. Kebijakan yang Berlaku

Keuntungan menjadi PNS pusat yang pertama yang akan kamu rasakan adalah mengenai kebijakan, Kebijakan yang ditetapkan oleh PNS pusat umumnya akan berlaku ke cakupan wilayah yang luas di berbagai daerah di Indonesia.

Misalnya adalah masalah kebijakan jam kerja, hari libur, perayaan hari besar dan lain sebagainya.

2. Penghasilan Gaji Pokok dan Tunjangan Besar 

Seperti yang sudah sedikit kita bahas di atas, PNS pusat dipimpin langsung oleh lembaga atau kementerian sehingga dari segi penghasilan PNS pusat akan berpenghasilan besar.

Selain penghasilan besar PNS pusat juga mendapatkan banyak tunjangan. Maka tidak mengherankan kalau PNS pusat menjadi idaman saat seleksi CPNS.

Keuntungan menjadi PNS pusat dari tunjangan juga berbagai macam. Biasanya PNS pusat akan mendapatkan tunjangan makan hingga tunjangan kinerja. Tunjangan ini juga cukup besar.

Seperti contohnya Mahkamah Agung, tunjangan kinerja tertinggi sebesar Rp37.560.000 dan yang terendah Rp1.980.000.

3. Pola Mutasi yang Luas

Menjadi PNS pusat membuka kesempatan untuk kamu dapat merasakan kesempatan bekerja di seluruh daerah di Indonesia asalkan masih dalam satuan unit kerja. Ini karena PNS pusat punya lingkup kerja yang luas sehingga pola mutasi bisa dilakukan di mana saja.

Agar kamu semakin paham dengan pola mutasi, mari simak contoh satu ini. Misalkan, kamu adalah seorang pegawai di Badan Pusat Statistik di Jayapura, kamu bisa mengajukan mutasi atau dimutasikan ke Bandung asalkan masih di lingkup Pusat Statistik.

4.  Kesempatan Abdi Negara

Banyak yang mengatakan, menjadi pegawai negeri sipil adalah kesempatan untuk abdi negara. Ini termasuk juga keuntungan menjadi PNS pusat karena kamu akan secara langsung masuk dalam sistem pemerintahan pusat yang ada. 

5. Risiko Pemecatan Kecil

Pemecatan tentu menjadi momok tersendiri bagi kaum pekerja. Tapi, bila kamu menjadi PNS termasuk PNS pusat, risiko pemecatan sangat rendah. Jika ada pemecatan, biasanya bila seorang PNS sudah melakukan pelanggaran yang amat berat. 

Tapi, tentu kamu akan menjadi PNS pusat yang baik dan juga taat peraturan, bukan?

Formasi CPNS Pusat 

Tahun ini, seleksi CPNS kembali akan digelar, pemerintah juga sudah merilis formasi yang dibuka termasuk juga formasi untuk PNS pusat. Dari total kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil sebanyak 1.275. 384, formasi yang tersedia untuk PNS pusat adalah sebanyak 83.669 dengan 15 jenis bidang yang dibuka antara lain:

1. Dosen

2. Penjaga Tahanan

3. Penyuluhan KB

4. Analisis Perkara Peradilan

5. Pemeriksa

6. Perawat

7. Analis Hukum Pertanahan

8. Jaksa

9. Dokter

10. Statistisi

11. Pranata Komputer

12. Pranata Barang Bukti

13 Pengawas Farmasi dan Makanan,

14. Penyuluh Perikanan

15. Perencanaan

Bila kamu tertarik untuk menjadi PNS pusat, persiapkanlah dirimu dari sekarang karena kamu akan bersaing dengan jutaan orang. Persiapan dari mulai terus memperbaharui informasi seputar CPNS, mempersiapkan berkas, dan yang terpenting juga mempersiapkan diri dengan berlatih soal tes.

Dengan rajin latihan soal, kamu akan terbiasa bahkan dapat mengerjakan soal dengan lebih rileks dan lancar. Beruntung sekarang ada cara mudah untuk latihan soal dengan mengunduh aplikasi KitaLulus di Play Store. Di aplikasi KitaLulus kamu bisa ikut program Try Out, kelas online, dan mengerjakan soal HOTS secara gratis lengkap dengan video pembahasan.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play