6 Manfaat Headhunter bagi Perusahaan

Kamila Fakhra Fahima

Kamila Fakhra Fahima adalah seorang HR lead dengan pengalaman profesional di bidang HRBP, rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia, employer branding, yang juga memiliki passion di bidang bisnis dan kreatif.

hrd
Isi Artikel

Di tengah sulit dan kompetitifnya menemukan kandidat potensial, headhunter bisa menjadi solusi praktis perusahaan saat melakukan proses rekrutmen.

Manfaat headhunter bagi perusahaan pun terbilang banyak, terutama saat melakukan perekrutan khusus di mana mereka dapat menghubungkan perusahaan dengan kandidat yang ideal untuk posisi yang dibuka.

Lebih jauh, dalam artikel KitaLulus ini akan sama-sama kita bedah apa saja manfaat headhunter bagi perusahaan. Mari simak!

Manfaat Headhunter bagi Perusahaan

Headhunter memiliki kemampuan khusus untuk menemukan orang dengan keahlian khusus, yang cocok untuk mengisi posisi strategis untuk perusahaan. Tentu saja ada banyak manfaat headhunter bagi perusahaan, seperti berikut ini:

1. Pengetahuan Khusus dan Networking Luas

Headhunter biasanya fokus pada industri atau fungsi pekerjaan tertentu. Dengan pengetahuan khusus mereka, mereka memiliki pemahaman mendalam tentang pasar kerja, peran yang mereka rekrut, dan di mana menemukan talenta terbaik.

Selain itu, didukung dengan networking yang luas, akan membantu mereka mengidentifikasi kandidat bahkan kandidat yang tidak secara aktif mencari kerja.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

Merekrut bisa menjadi proses yang memakan waktu dan mahal. Dengan mengalihdayakan proses rekrutmen ke headhunter, perusahaan dapat menghemat banyak waktu dan uang.

Headhunter dapat menyederhanakan proses rekrutmen, dengan menyediakan kandidat terbaik yang memenuhi syarat, sehingga mengurangi durasi dan biaya proses perekrutan.

3. Akses ke Pasif Kandidat

Perlu disadari beberapa talenta terbaik tidak secara aktif mencari pekerjaan. Mereka tidak akan ditemukan di job board, inilah yang disebut dengan pasif kandidat.

Headhunter, dengan jaringan mereka yang luas, dapat memanfaatkan kumpulan kandidat pasif ini yang mungkin terbuka terhadap peluang baru namun tidak secara aktif melamar.

4. Keahlian Negosiasi

Manfaat headhunter bagi perusahaan lainnya adalah keahlian mereka dalam melakukan negosiasi gaji dan tunjangan yang terkadang rumit.

Headhunter, dengan wawasan dan pengalaman industri mereka, dapat memfasilitasi proses negosiasi untuk memastikan bahwa kedua belah pihak mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

5. Mendapatkan Wawasan Pasar Tenaga Kerja

Headhunter dituntut untuk selalu selalu mengikuti perkembangan pasar kerja, para headhunter dapat memberikan wawasan berharga mengenai tolok ukur gaji saat ini, tren industri, dan pergerakan pesaing. Informasi ini sangat penting bagi perusahaan yang ingin tetap kompetitif di pasar tenaga kerja.

6. Mengurangi Turnover

Dengan kecocokan yang lebih tepat antara perusahaan dan kandidat, kemungkinan karyawan baru untuk bertahan di perusahaan akan meningkat. Artinya, tingkat turnover pun bisa menurun.

Ketika tingkat turnover menurun, maka ini dapat menghemat biaya perekrutan dan pelatihan ulang yang signifikan bagi perusahaan.

Itulah beberapa manfaat dari headhunter bagi perusahaan. Segala kemudahan dalam menemukan kandidat saat ini juga sudah bisa didapatkan dengan mengotomatisasi proses seleksi.

Merekrut kandidat bisa saja menjadi hal yang melelahkan, kini tidak perlu repot lagi karena bisa serahkan pada KitaRekrut. Tidak perlu khawatir, KitaRekrut dapat melakukan perekrutan untuk posisi apapun.

cari karyawancari karyawan