Contoh Tes Kemampuan Manager Lengkap!

Kamila Fakhra Fahima

Kamila Fakhra Fahima adalah seorang HR lead dengan pengalaman profesional di bidang HRBP, rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia, employer branding, yang juga memiliki passion di bidang bisnis dan kreatif.

hrd
Isi Artikel

Setiap posisi yang ada di perusahaan tentu saja perlu diisi oleh orang-orang yang tepat. Apalagi untuk posisi manager yang krusial. Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda tidak salah dalam memilih kandidat calon manager ada dengan tes kemampuan manager.

Bentuk dari tes ini dapat beragam, mulai dari studi kasus atau juga tes kemampuan umum. Mari ketahui selengkapnya dalam artikel ini!

Kemampuan yang Harus Dimiliki Manager

Posisi manager adalah jabatan penting di perusahaan yang memiliki peran krusial. Kehadirannya sangat berpengaruh pada pencapaian tim serta perusahaan.

Maka dari itu, seorang manajer perlu memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang berbeda dari jabatan di bawahnya. Kecakapan manajer ini akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana mereka memimpin dan menjalankan tugas-tugasnya.

Ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh manajer dan sangat penting bagi HR untuk memperhatikan hal ini. Berikut ini beberapa kemampuan manager.

1. Kemampuan Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik adalah sebuah keharusan seorang manajer. Mereka harus mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan kepada para staf atau juga manajemen yang lebih tinggi di perusahaan.

Kemampuan komunikasi ini akan membantu manajer dalam memberikan arahan, berkolaborasi, serta menyampaikan umpan balik kepada seluruh anggota tim.

2. Kemampuan Leadership

Leadership menjadi salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki manajer. Kemampuan satu ini akan membantu mereka memotivasi tim dalam bekerja sama dengan anggota tim.

Tidak hanya itu, kemampuan kepemimpinan ini juga membantu manager dalam mengalokasikan tugas, problem solving dan menyusun strategi.

Baca Juga: 15 Pertanyaan tentang Kepemimpinan dan Contoh Jawabannya

3. Interpersonal Skill

Manajer yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik akan mampu untuk membuat anggota tim merasa nyaman dalam bekerja. Anggota tim pun menjadi tidak segan untuk menjadikan manager sebagai titik kontak pertama mereka ketika mereka mengalami masalah terkait tugas.

4. Kemampuan Manajemen Sumber Daya

Kemampuan yang tidak kalah penting yang perlu dimiliki seorang manajer adalah bagaimana mereka mengelola sumber daya.

Manajer yang mampu mengelola sumber daya dengan baik akan dapat memaksimalkan hasil dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi yang penting bagi perusahaan.

Di sini manajer harus dapat mengelola sumber daya manusia, keuangan, serta alat-alat.

Mengapa Penting untuk Memberikan Tes Kemampuan Manager?

Memberikan tes kemampuan manager menjadi bagian penting untuk memastikan bahwa kandidat yang akan mengisi posisi tersebut memang kompeten.

Dari tes yang diberikan, HR dan manajemen perusahaan bisa menilai bagaimana kandidat akan mampu menjalankan perannya baik itu sebagai pemimpin serta menilai kekuatan dan kekurangan kandidat.

Tes kemampuan juga membantu dalam memastikan manajer ditempatkan di tempat yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman mereka.

Secara keseluruhan, memberikan tes kemampuan kepada manager akan membantu perusahaan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada, kemampuan manager akan mampu  pada efisiensi, inovasi, dan keberlanjutan perusahaan.

Contoh Tes Kemampuan Manager

Memberikan tes kemampuan manager akan sangat berguna sebagai bahan penilaian yang objektif untuk menilai seberapa layak kandidat. Hal ini juga membantu untuk memastikan bahwa kandidat memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk bidang tersebut.

Berikut ini beberapa tes kemampuan yang bisa Anda berikan kepada kandidat manager. Tes ini bisa berupa soal pertanyaan studi kasus, atau juga yang sifatnya teknikal. Anda sendiri yang nantinya menentukan, jenis tes seperti apa yang cocok untuk digunakan.

1. Studi Kasus

Cobalah berikan para kandidat manajer sebuah studi kasus yang melibatkan masalah atau tantangan dalam konteks bisnis. Minta mereka untuk menganalisis situasi tersebut, merumuskan strategi, dan memberikan solusi.

2. Role Play

Role play bisa Anda gunakan sebagai tes kemampuan manager di mana mereka harus berinteraksi dengan anggota tim, atasan, atau pihak-pihak eksternal dalam situasi harian bisnis.

Tes ini akan menguji kemampuan interpersonal dan leadership mereka.

3. Tes Kemampuan Komunikasi

Mintalah manajer untuk menyusun presentasi atau laporan tertulis mengenai suatu topik tertentu. Dari sini Anda bisa menilai keterampilan komunikasi mereka, kemampuan menyusun ide dan merangkum informasi.

4. Tes Kemampuan Analitis

Berikan serangkaian data atau laporan bisnis. Mintalah kandidat untuk menganalisisnya. Dari sini Anda akan dapat menilai bagaimana kemampuan calon manager dalam membaca tren, mengidentifikasi tren, serta memformulasikan rekomendasi dan strategi berdasarkan data.

5. Tes Kemampuan Teknis

Tes ini akan mengukur kemampuan teknis kandidat dalam industri atau atau fungsi manajerial tertentu, seperti keterampilan keuangan, teknologi informasi, atau pemasaran.

Dari tes ini Anda dapat menilai seperti apa nantinya manajer dalam menjalankan tugas hariannya.

Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan saat Interview Kandidat Manager

Selain melakukan tes keterampilan, ada baiknya Anda juga mengajukan beberapa pertanyaan spesifik kepada kandidat manager. Pertanyaan ini bisa bersifat kompetensi atau juga pertanyaan untuk menilai sifat dan sikap mereka.

Adapun beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah sebagai berikut:

  1. Menurut apa kontribusi seperti apa yang perlu diberikan oleh seorang manager?
  2. Jika Anda ditempatkan sebagai manajer, berdasarkan pengalaman Anda, bagaimana cara membangun hubungan saling pengertian dengan para staf?
  3. Bagaimana Anda memastikan bahwa keputusan yang Anda ambil sejalan dengan tujuan perusahaan?
  4. Bagaimana Anda memprioritaskan tugas dan mengelola waktu untuk memastikan pencapaian tujuan?
  5. Bisa berikan contoh situasi di mana Anda dihadapkan pada tantangan besar dalam pekerjaan Anda. Bagaimana Anda mengatasinya?

Itulah beberapa tes kemampuan yang bisa Anda jalankan untuk menilai dan mengidentifikasi kandidat manager terbaik.

Selain mengandalkan tes kemampuan, untuk dapat menemukan manager terbaik juga perlu didukung dengan job portal andal dengan kemampuannya menyaring dan menemukan kandidat terbaik dengan cepat dan tepat.

Kemampuan itulah yang akan Anda dapatkan dalam Premium Rekrutmen KitaLulus. Di mana Anda bisa memasang lowongan posisi manager dan memanfaatkan fitur unggul untuk menemukan dan menyaring kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ayo daftarkan perusahaan Anda sekarang!

cari karyawancari karyawan