Right Issue adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Kerugiannya

Rabbani Haddawi

Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.

Isi Artikel

Right issue adalah salah satu mekanisme pendanaan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan modalnya. Melalui right issue, perusahaan dapat menawarkan saham baru kepada para pemegang saham yang sudah ada dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saat itu. 

Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail tentang apa itu right issue dalam saham, serta keuntungan dan kerugian dari right issue dalam saham.

Apa itu Right Issue dalam Saham?

Right issue adalah suatu tawaran saham yang dikeluarkan oleh perusahaan yang sudah terdaftar di bursa saham kepada pemegang saham yang sudah ada. Dalam right issue, perusahaan menawarkan saham baru kepada pemegang saham yang sudah ada dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saat itu. 

Pemegang saham yang sudah ada memiliki hak untuk membeli saham baru tersebut dalam jumlah tertentu sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki. Right issue biasanya dilakukan oleh perusahaan yang membutuhkan modal tambahan untuk melakukan ekspansi bisnis atau investasi lainnya.

Baca Juga: Stock Split adalah: Pengertian, Tujuan, dan Dampaknya

Keuntungan Right Issue dalam Saham

Melakukan right issue dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah:

1. Meningkatkan Modal Perusahaan

Salah satu keuntungan utama dari right issue adalah dapat meningkatkan modal perusahaan. Dengan melakukan right issue, perusahaan dapat mengumpulkan modal tambahan dari pemegang saham yang sudah ada. 

Modal tambahan ini dapat digunakan untuk melakukan ekspansi bisnis atau investasi lainnya yang dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

2. Meningkatkan Likuiditas Saham

Selain dapat meningkatkan modal perusahaan, keuntungan right issue juga dapat meningkatkan likuiditas saham. Hal ini terjadi karena dengan adanya tawaran saham baru, pemegang saham yang sudah ada memiliki kesempatan untuk membeli saham baru tersebut. 

Jika pemegang saham yang sudah ada membeli saham baru tersebut, maka akan terjadi penambahan jumlah saham yang beredar di pasar. Hal ini dapat meningkatkan jumlah saham yang tersedia untuk diperdagangkan dan meningkatkan likuiditas saham.

3. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Dalam jangka panjang, melakukan right issue juga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Dengan adanya modal tambahan yang diperoleh dari right issue, perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis atau investasi lainnya yang dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan. 

Jika pertumbuhan perusahaan meningkat, maka nilai perusahaan juga akan meningkat.

Baca Juga: Cara Investasi Saham untuk Pemula Paling Mudah dan Aman

Kerugian dari Right Issue dalam Saham

Selain keuntungan, melakukan right issue juga memiliki beberapa kerugian yang perlu diperhatikan. Beberapa kerugian tersebut antara lain adalah:

1. Pen Dilusi Saham

Salah satu kerugian utama dari right issue adalah terjadinya pen dilusi saham. Pen dilusi saham terjadi ketika jumlah saham yang beredar di pasar bertambah. Hal ini dapat mengakibatkan pemegang saham yang sudah ada memiliki persentase kepemilikan yang lebih rendah dari sebelumnya. 

Sebagai contoh, jika seorang pemegang saham memiliki 10% saham sebelum adanya right issue, maka persentase kepemilikan mereka dapat berkurang jika mereka tidak membeli saham baru yang ditawarkan melalui right issue.

2. Terjadinya Tekanan Jual

Right issue juga dapat mengakibatkan terjadinya tekanan jual di pasar saham. Hal ini terjadi karena pemegang saham yang sudah ada memiliki hak untuk membeli saham baru dengan harga yang lebih murah dari harga pasar saat itu. 

Jika pemegang saham yang sudah ada tidak membeli saham baru tersebut, maka mereka dapat menjual saham yang mereka miliki di pasar saham dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pelaksanaan. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya tekanan jual di pasar saham.

3. Perubahan Nilai Saham

Melakukan right issue juga dapat mengakibatkan perubahan nilai saham. Jika jumlah saham yang beredar di pasar bertambah, maka permintaan terhadap saham tersebut dapat berkurang. 

Hal ini dapat mengakibatkan harga saham menurun dan nilai perusahaan menjadi turun. Jika nilai perusahaan turun, maka dapat mengakibatkan kehilangan kepercayaan dari investor dan menurunkan nilai pasar perusahaan.

Cara Kerja Right Issue

Proses right issue dimulai ketika perusahaan yang terdaftar di bursa saham mengeluarkan tawaran saham baru kepada pemegang saham yang sudah ada. 

Tawaran saham tersebut biasanya dilakukan dengan cara memberikan hak kepada pemegang saham yang sudah ada untuk membeli saham baru dengan harga yang lebih murah dari harga pasar saat itu. Harga yang lebih murah tersebut dikenal sebagai harga pelaksanaan.

Setelah pemegang saham yang sudah ada menerima tawaran tersebut, mereka memiliki hak untuk membeli saham baru dengan harga pelaksanaan tersebut dalam jumlah tertentu sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki. 

Jumlah saham yang ditawarkan biasanya sesuai dengan rasio tertentu, misalnya 1 saham baru untuk setiap 5 saham yang sudah dimiliki.

Jika pemegang saham yang sudah ada memutuskan untuk membeli saham baru tersebut, mereka harus membayar harga pelaksanaan sesuai dengan jumlah saham yang mereka beli. Setelah proses pembelian selesai, saham baru tersebut akan menjadi milik pemegang saham yang sudah ada.

Baca Juga: 16 Aplikasi Saham Terbaik yang Aman dan Mudah Digunakan

Persyaratan untuk Melakukan Right Issue

Sebelum melakukan right issue, perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh bursa saham dan otoritas regulasi. Beberapa persyaratan tersebut antara lain adalah:

  • Menetapkan harga pelaksanaan yang wajar dan tidak merugikan pemegang saham yang sudah ada.
  • Menyampaikan proposal right issue kepada regulator dan mendapatkan persetujuan dari regulator.
  • Memperoleh persetujuan dari pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham.

Melakukan right issue dapat menjadi salah satu alternatif bagi perusahaan yang membutuhkan modal tambahan untuk melakukan ekspansi bisnis atau investasi lainnya. Dalam right issue, perusahaan menawarkan saham baru kepada pemegang saham yang sudah ada dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saat itu. 

Melakukan right issue dapat memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan modal perusahaan, meningkatkan likuiditas saham, dan meningkatkan nilai perusahaan. Namun, melakukan right issue juga memiliki beberapa kerugian seperti pen dilusi saham, terjadinya tekanan jual, dan perubahan nilai saham. 

Oleh karena itu, sebelum melakukan right issue, perusahaan harus mempertimbangkan dengan matang tentang keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi.

Demikianlah artikel mengenai informasi seputar right issue dalam saham. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jika kamu tertarik dengan tips dan informasi seputar keuangan seperti artikel di atas, selalu kunjungi laman KitaMapan untuk mendapatkan update terbarunya.

Kamu juga bisa berlangganan newsletter-nya hanya dengan memasukkan alamat email. Yuk, mulai terapkan tips mengelola keuangan dari KitaMapan sekarang!

Jangan Sampai Ketinggalan!
Subscribe info dan berita financial dari kami sekarang.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Close Pop up