Contoh Template Excel Laporan Keuangan Pribadi. Gratis!

Rabbani Haddawi

Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.

Isi Artikel

Pengelolaan keuangan pribadi yang baik merupakan kunci untuk mencapai stabilitas finansial. Namun, seringkali sulit untuk mengatur dan memantau semua aspek keuangan secara efektif. Untungnya, template Excel laporan keuangan pribadi dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu mengelola keuanganmu dengan lebih terstruktur dan efisien. 

Dalam artikel ini, mari ketahui alasan pentingnya menggunakan template excel laporan keuangan pribadi dan juga cara membuatnya, yuk!

Mengapa Memilih Template Excel Laporan Keuangan Pribadi?

Dalam era di mana pengelolaan keuangan pribadi menjadi semakin penting, template Excel laporan keuangan pribadi telah menjadi alat yang sangat berharga bagi individu yang ingin mengambil kendali penuh atas keuangan mereka. 

Dengan memberikan kerangka kerja terstruktur dan terorganisir, template ini memudahkan siapa pun untuk mencatat dan melacak pendapatan, pengeluaran, investasi, dan aset mereka dengan lebih efisien. Namun, mengapa begitu banyak orang memilih template Excel laporan keuangan pribadi sebagai solusi mereka?

Simak jawaban selengkapnya di bawah ini!

1. Terstruktur dan Terorganisir

Template Excel laporan keuangan pribadi menyediakan kerangka kerja yang terstruktur dan terorganisir untuk mencatat dan melacak semua aspek keuangan pribadi milikmu. Dengan menggunakan template ini, kamu dapat mengatur pendapatan, pengeluaran, investasi, dan asetmu dengan lebih efisien.

Baca juga: Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi untuk Kelola Finansial

2. Mudah Dikustomisasi

Template Excel laporan keuangan pribadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadimu. Kamu dapat menambahkan atau menghapus kategori, mengubah format tanggal, atau menyesuaikan tata letak sesuai dengan preferensimu.

3. Memonitor Pengeluaran

Template ini membantu memantau pengeluaran secara lebih terperinci. kamu dapat dengan mudah melihat pola pengeluaran dari waktu ke waktu, mengidentifikasi area pengeluaran yang berlebihan, dan membuat keputusan keuangan yang lebih bijak.

4. Perencanaan Anggaran yang Lebih Baik

Dengan menggunakan template Excel laporan keuangan pribadi, kamu dapat membuat dan memantau anggaran pribadi dengan lebih efektif. Template ini dapat membantumu mengalokasikan dana untuk berbagai kategori, seperti makanan, transportasi, hiburan, dan tabungan, sehingga memudahkan kamu untuk mencapai tujuan keuangan.

5. Analisis Keuangan yang Mendalam

Template Excel laporan keuangan pribadi memungkinkan kamu menganalisis keuangan dengan lebih mendalam. Kamu dapat menggunakan fungsi dan rumus Excel untuk menghitung rasio keuangan, melacak pertumbuhan investasi, atau mengidentifikasi tren pengeluaran jangka panjang.

Baca: Tabel Menabung Harian, Cara Efektif Capai Tujuan Finansial

Download Template Excel Laporan Keuangan Pribadi

Microsoft Excel dapat menjadi solusi yang tepat untuk membuat laporan keuangan pribadi yang gratis namun dapat dilakukan dengan mendetail dan terstruktur. Dengan menggunakan microsoft excel sebagai pencatat laporan keuangan pribadi, kamu bisa melacak jumlah pendapatan maupun pengeluaran dalam sehari-hari.

Data yang kamu dapatkan juga tak hanya bisa berupa angka, tetapi juga bisa ditampilkan dalam bentuk persentase ataupun diagram. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu untuk menyortir pengeluaran mana yang terbesar dan pengeluaran mana yang bisa dikurangi.

Jika kamu bingung harus mulai membuat template excel laporan keuangan pribadi dari nol, tak perlu khawatir, kami punya template yang bisa kamu gunakan secara gratis, lho! Kamu bisa mengaksesnya disini:

Lalu, sebagai cara untuk menggunakannya, mari simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Buka file google sheet di atas, lalu pilih opsi File dan klik “Buat Salinan” agar kamu bisa bebas mengedit milikmu.
  1. Pastikan rumus di dalam sheet Budgeting Plan (bagian Income & Spending) JANGAN DIGANTI. Sebab, rumus tersebut sudah terkoneksi dengan semua sheet dan cell yang ada di dalam file laporan keuangan pribadi tersebut. Kamu dapat menyusun kondisi pengeluaran dan pendapatanmu di tabel di bawahnya (bebas diganti sesuai situasi personal).
  1. Data pada bagian sheet Tracker dapat diganti atau dihapus, namun pastikan untuk menghapus datanya saja dan jangan menghapus tabelnya.
  1. Data maupun tabel pada bagian sheet Data from Tracker JANGAN DIGANTI ataupun dihapus satupun, sebab sudah terkoneksi dengan sheet Tracker yang akan kamu isi.
  1. Kamu dapat melihat diagram persentase pengeluaran dan pemasukanmu di tab sheet SUMMARY. Setiap ada data baru yang ditambahkan pada tab sheet Tracker, sheet SUMMARY ini juga akan otomatis berubah mengikuti data yang kamu miliki.

Apabila kamu memiliki rencana atau tujuan keuangan yang ingin dicapai (seperti membeli barang atau merencanakan liburan), pencatatan keuangan akan sangat membantu dalam menemukan cara untuk mencapainya. 

Baca Juga: Cek Skor Kredit: Cara Cek dan Pentingnya Memahami

Dengan melihat catatan keuangan bulanan, kamu dapat mengidentifikasi pengeluaran yang dapat dikurangi untuk dialihkan ke tujuan keuangan tersebut tanpa mengganggu arus kas bulananmu.

Karena alasan ini, sangat penting untuk secara rutin mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu agar dapat memaksimalkan kemajuan menuju tujuan atau rencana keuangan kamu. Ingatlah, meskipun kamu memiliki pendapatan yang besar, penting untuk menjaga agar pengeluaranmu tidak melebihi pendapatanmu.

Demikianlah cara yang dapat kamu ikuti dalam membuat template excel laporan keuangan pribadi, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat, ya

Jika kamu tertarik dengan tips dan informasi seputar keuangan seperti artikel di atas, selalu kunjungi laman KitaMapan untuk mendapatkan update terbarunya.

Kamu juga bisa berlangganan newsletter-nya hanya dengan memasukkan alamat email. Yuk, mulai terapkan tips mengelola keuangan dari KitaMapan sekarang!

Jangan Sampai Ketinggalan!
Subscribe info dan berita financial dari kami sekarang.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.