Job Desk & Tugas Admin Sosial Media Template Gratis

job desk admin sosial media

Admin Sosial Media adalah pekerjaan di mana seseorang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoptimalkan kehadiran suatu merek atau perusahaan di platform media sosial. Seorang Admin Sosial Media bertugas untuk menciptakan, mengelola, dan menyebarkan konten yang relevan dan menarik kepada audiens target melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini melibatkan berbagai tugas terkait strategi, pengelolaan konten, interaksi dengan pengguna, analisis kinerja, dan pengembangan merek melalui media sosial.

Tanggung Jawab

  1. Membuat konten yang menarik, informatif, dan relevan untuk diposting di platform sosial media perusahaan.
  2. Merencanakan dan menjadwalkan posting konten secara teratur di platform sosial media.
  3. Menentukan waktu dan frekuensi posting yang tepat untuk mencapai audiens target dan meningkatkan keterlibatan pengguna.
  4. Berinteraksi dengan pengikut dan pengguna sosial media dengan menanggapi komentar, pertanyaan, dan pesan pengguna secara proaktif dan cepat.
  5. Merencanakan, meluncurkan, dan mengelola kampanye iklan yang ditargetkan melalui platform sosial media.
  6. Melacak dan menganalisis data dan statistik terkait aktivitas sosial media. Menggunakan alat analisis sosial media untuk memahami kinerja konten, pertumbuhan pengikut, tingkat keterlibatan, dan konversi.
  7. Menyusun laporan dan memberikan wawasan kepada tim pemasaran dan manajemen.

Kualifikasi

  1. Pendidikan minimal S1
  2. Mengikuti tren, perkembangan, dan perubahan dalam platform sosial media
  3. Dapat bekerjasama dengan tim
  4. Memiliki kreatifitas dan jiwa seni dalam membuat konten
  5. Berpengalaman mengelola sosial media terutama branding
  6. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik
  7. Memiliki pengetahuan tools pendukung sosial media

Seputar Pekerjaan Admin Sosial Media

Bagaimana cara menilai kandidat Admin Sosial Media?

  1. Penilaian Keterampilan Teknis: Evaluasi keterampilan teknis kandidat dalam hal penggunaan alat-alat sosial media dan perangkat lunak terkait. Pertimbangkan apakah mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang platform sosial media yang relevan, kemampuan dalam mengelola kampanye iklan, analisis data sosial media, dan kemahiran dalam penggunaan alat manajemen sosial media.
  2. Wawancara Kompetensi: Gunakan wawancara untuk menilai kompetensi kandidat dalam bidang sosial media. Ajukan pertanyaan yang menguji pemahaman mereka tentang tren terkini dalam industri, strategi pemasaran sosial media, penanganan krisis, manajemen konten, dan pengukuran kinerja. Pertimbangkan juga kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan baik dan berinteraksi dengan pengikut dan pengguna sosial media.
  3. Latihan atau Studi Kasus: Berikan kandidat tugas latihan atau studi kasus yang relevan dengan pekerjaan Admin Sosial Media. Ini dapat mencakup membuat rencana konten untuk kampanye tertentu, menganalisis data sosial media, atau merancang strategi pemasaran sosial media. Melalui latihan ini, Anda dapat melihat kemampuan kandidat untuk berpikir kreatif, mengorganisir informasi, dan menghasilkan solusi yang efektif.
  4. Referensi: Minta kandidat memberikan referensi dari pekerjaan sebelumnya, klien, atau rekan kerja yang dapat memberikan informasi tambahan tentang kualitas kerja dan kinerja mereka sebagai Admin Sosial Media. Hubungi referensi ini untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kemampuan dan sikap kandidat.

Job Deskripsi Terpopuler