Job Desk & Tugas Barista Beserta Template Gratis

jobdesk barista

Seorang barista adalah individu yang memiliki peran dalam menyajikan minuman kopi dan minuman lainnya kepada pelanggan di kedai kopi atau kafe. Mereka bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan menyajikan minuman dengan kualitas yang tinggi, memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan, serta menjaga kebersihan dan kerapihan area kerja.

Tanggung Jawab

1. Memahami menu kopi dan minuman lainnya yang ditawarkan, termasuk bahan-bahan yang digunakan dan metode penyajiannya.

2. Memilih biji kopi yang berkualitas dan menggiling kopi sesuai kebutuhan.

3. Mempersiapkan berbagai jenis minuman kopi, seperti espresso, cappuccino, latte, dan lain-lain, sesuai dengan pesanan pelanggan.

4. Menjaga kebersihan dan kerapihan area kerja, termasuk mesin kopi, peralatan, dan tempat penyimpanan bahan.

5. Menerima pesanan pelanggan dengan ramah, memberikan rekomendasi, dan menjawab pertanyaan tentang menu.

6. Mengoperasikan mesin kopi, penggiling kopi, dan peralatan kafe lainnya dengan baik dan aman.

7. Mengelola stok bahan kopi, susu, sirup, dan bahan lainnya, serta melakukan inventarisasi dan pemesanan ulang sesuai kebutuhan.

Kualifikasi

1. Pendidikan minimal SMK/SMA sederajat.

2. Memiliki pengetahuan tentang kopi, jenis biji kopi, dan metode penyajian yang berbeda.

3. Memiliki keterampilan dalam membuat minuman kopi, termasuk teknik penggilingan, ekstraksi espresso, dan latte art (jika diperlukan).

4. Kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan sopan dan ramah.

5. Penampilan yang rapi dan bersih.

6. Pemahaman dasar tentang prinsip kebersihan dan sanitasi makanan.

Seputar Barista

Apa saja yang dikerjakan oleh Barista?

  1. Persiapan dan Pemeliharaan Mesin Kopi: Seorang barista bertanggung jawab untuk mempersiapkan mesin kopi sebelum memulai aktivitas. Ini melibatkan membersihkan dan mengisi ulang mesin dengan air dan biji kopi segar, serta memastikan mesin dalam kondisi yang baik untuk menghasilkan kualitas minuman yang optimal.
  2. Pembuatan Minuman: Barista memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai metode penyeduhan kopi, seperti espresso, pour-over, french press, dan lainnya. Mereka menggiling biji kopi dengan tepat, mengukur proporsi yang benar, dan menyeduh minuman dengan cara yang sesuai untuk menghasilkan rasa dan aroma yang sempurna. Mereka juga menguasai teknik pengukusan susu untuk membuat minuman seperti cappuccino, latte, macchiato, dan sebagainya.
  3. Pengaturan Rasa: Seorang barista dapat menyesuaikan rasa minuman sesuai dengan preferensi pelanggan. Mereka dapat menyesuaikan proporsi kopi, air, dan gula, serta menggabungkan sirup atau topping lainnya untuk menciptakan minuman yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
  4. Pelayanan Pelanggan: Barista juga berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang ramah dan profesional. Mereka menerima pesanan, memberikan rekomendasi minuman, menjawab pertanyaan pelanggan, dan memastikan kepuasan pelanggan dengan minuman yang disajikan.
  5. Menjaga Kebersihan dan Keamanan: Barista menjaga kebersihan dan keamanan di area kerja mereka. Mereka membersihkan peralatan, seperti mesin kopi, alat seduh, dan wadah penyimpanan dengan benar. Mereka juga memastikan kebersihan permukaan kerja, menyimpan bahan-bahan dengan aman, dan mematuhi standar kebersihan dan protokol keamanan pangan.
  6. Pengembangan Minuman: Barista dapat terlibat dalam pengembangan menu minuman baru atau variasi pada minuman yang ada. Mereka dapat menguji dan mencoba berbagai kombinasi rasa, bahan tambahan, dan presentasi minuman untuk menciptakan minuman yang inovatif dan menarik bagi pelanggan.
  7. Pengetahuan Produk: Seorang barista harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai jenis biji kopi, proses pemanggangan, karakteristik rasa, dan profil cita rasa kopi dari berbagai wilayah atau merek. Mereka juga harus mengenal berbagai jenis teh, susu, sirup, dan bahan-bahan lain yang digunakan dalam minuman kafe.

Apa skill yang dibutuhkan untuk posisi Barista?

Berikut adalah beberapa keterampilan yang penting untuk posisi Barista:

1. Pengetahuan Kopi: Memahami berbagai jenis biji kopi, proses penggilingan, teknik ekstraksi espresso, dan cara penyajian yang berbeda.

2. Keterampilan Pembuatan Minuman: Mampu mempersiapkan minuman kopi dengan baik, termasuk penggilingan yang tepat, ekstraksi espresso yang sempurna, pembuatan busa susu yang baik, dan kemampuan latte art jika diperlukan.

3. Kemampuan Komunikasi: Berkomunikasi dengan baik dan ramah kepada pelanggan, mendengarkan pesanan dengan teliti, memberikan rekomendasi yang sesuai, dan menjawab pertanyaan dengan jelas.

4. Kebersihan dan Kerapihan: Menjaga kebersihan area kerja, peralatan kopi, dan mengikuti standar kebersihan makanan dan minuman yang berlaku.

5. Kecepatan dan Ketelitian: Bekerja dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas minuman, mengikuti instruksi dengan teliti, dan menjaga konsistensi dalam penyajian minuman.

6. Pelayanan Pelanggan: Melayani pelanggan dengan baik, memberikan pengalaman yang menyenangkan, dan mengatasi keluhan atau masalah dengan profesional.

Bagaimana cara menilai kandidat untuk posisi Barista?

1. Peninjauan Lamaran dan Resume: Evaluasi resume dan lamaran kandidat untuk melihat pengalaman sebelumnya sebagai barista, pengetahuan tentang kopi, pelatihan terkait, dan keterampilan komunikasi yang relevan.

2. Wawancara: Lakukan wawancara untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang pengalaman kerja kandidat, pengetahuan tentang kopi, keterampilan dalam membuat minuman, dan kemampuan komunikasi.

3. Uji Praktik: Berikan kesempatan kepada kandidat untuk melakukan uji praktik di lingkungan kerja nyata. Observasikan kemampuan mereka dalam membuat minuman, memenuhi pesanan pelanggan, dan menjaga kebersihan area kerja.

4. Uji Rasa: Berikan kesempatan kepada kandidat untuk membuat minuman kopi yang diuji rasa oleh panel penilai. Evaluasi kualitas rasa, konsistensi, dan keahlian dalam menciptakan minuman yang baik.

5. Referensi: Mintalah referensi dari kandidat sebelumnya atau tempat kerja sebelumnya. Hubungi referensi untuk mendapatkan informasi tentang kinerja kandidat, kemampuan dalam membuat minuman kopi, dan interaksi dengan pelanggan.

Job Deskripsi Terpopuler