Job Desk & Tugas Performance Marketing Specialist

job deskripsi performance marketing

Performance marketing adalah seorang individu yang bekerja dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran online, seperti iklan di media sosial, mesin pencari, atau email. Mereka menggunakan data dan analisis untuk memantau kinerja kampanye dan membuat perbaikan untuk meningkatkan hasilnya. Performance marketing sering melibatkan penggunaan platform periklanan digital seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan platform lainnya yang memungkinkan pengukuran dan optimasi kinerja secara real-time. Dengan melacak dan menganalisis data, perusahaan dapat mengoptimalkan kampanye mereka, mengalokasikan anggaran dengan lebih efisien, dan mencapai hasil yang lebih baik sesuai dengan tujuan pemasaran yang ditetapkan.

Ringkasan pekerjaan

Kami sedang mencari Performance Marketing untuk melakukan pengiklanan produk. Performance marketing bertugas untuk mengembangkan strategi dan melaksanakan kampanye pemasaran digital yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis yang terukur seperti meningkatkan traffic website, memperoleh lead atau konversi penjualan.

Tanggungjawab

  • Menentukan tujuan kampanye pemasaran digital yang jelas dan spesifik, dan mengembangkan rencana taktis untuk mencapainya.
  • Mengidentifikasi audiens target dan membuat strategi pemasaran yang relevan dan efektif untuk menjangkau mereka.
  • Menerapkan teknik SEO dan PPC untuk meningkatkan visibilitas dan pengunjung website, serta meningkatkan jumlah lead dan penjualan.
  • Menganalisis data dan kinerja kampanye untuk menemukan peluang dan memperbaiki kinerja kampanye di masa depan.
  • Mengelola anggaran pemasaran digital dan memastikan penggunaannya secara efektif untuk mencapai tujuan bisnis.
  • Mengelola hubungan dengan agen pemasaran, perusahaan teknologi pemasaran, dan mitra untuk mencapai hasil yang optimal.
  • Mengembangkan konten pemasaran yang menarik dan bermanfaat untuk audiens target dan mempromosikannya melalui berbagai saluran media digital.
  • Mengukur dan melaporkan kinerja kampanye secara teratur, dan berkoordinasi dengan tim internal dan eksternal untuk mengoptimalkan kinerja kampanye.

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal S1 di bidang ekonomi, komunikasi, dan bidang terkait
  • Pengalaman 1 tahun menggunakan Google Ads, Facebook Ads, dan TikTok Ads
  • Kemampuan analisis yang kuat dalam menginterpretasikan data secara efektif
  • Kreatif dalam pembuatan kampanye yang efektif
  • Kemampuan komunikasi yang baik

Seputar Performance Marketing

Apa skill yang dibutuhkan untuk posisi Performance Marketing?

  1. Analitis: Kemampuan untuk menganalisis data dan mengambil wawasan dari angka-angka. Seorang ahli performance marketing harus dapat memahami dan menginterpretasikan metrik kinerja seperti konversi, ROI, CTR, dan lainnya untuk mengoptimalkan kampanye.
  2. Pengetahuan Platform Periklanan: Memahami platform periklanan digital seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, LinkedIn Ads, dan lainnya adalah penting. Ini termasuk pemahaman tentang pengaturan kampanye, penargetan, pengelolaan anggaran, dan alat analisis yang tersedia di setiap platform.
  3. Strategi Pemasaran: Memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip pemasaran dan strategi pemasaran digital. Ini termasuk penargetan audiens yang tepat, pesan yang efektif, dan pemilihan saluran pemasaran yang relevan.
  4. Copywriting: Mampu menulis teks iklan yang menarik dan menggugah minat pengguna. Copywriting yang baik dapat mempengaruhi tingkat klik, konversi, dan kesuksesan kampanye secara keseluruhan.
  5. Keterampilan A/B Testing: Mampu merancang dan melaksanakan tes A/B untuk menguji berbagai elemen kampanye seperti judul, gambar, teks iklan, atau penempatan tombol panggilan tindakan. Menggunakan A/B testing membantu untuk meningkatkan konversi dan kinerja kampanye.

Bagaimana cara menilai kandidat untuk posisi Performance Marketing?

  1. Evaluasi Keterampilan Analitis: Performance marketing melibatkan penggunaan data dan analisis. Berikan latihan atau studi kasus yang melibatkan analisis data dan minta kandidat menjelaskan bagaimana mereka akan menggunakan data untuk mengoptimalkan kampanye. Evaluasi kemampuan mereka dalam memahami metrik kinerja dan membuat keputusan berdasarkan wawasan yang diperoleh.
  2. Tes Kreativitas dan Copywriting: Berikan tes atau permintaan untuk menunjukkan kemampuan kreatif dan copywriting kandidat. Ini dapat melibatkan meminta mereka untuk menulis iklan pendek atau memberikan contoh kreativitas mereka dalam menghadapi tantangan pemasaran.
  3. Analisis Kasus Nyata: Berikan kandidat sebuah kasus nyata atau masalah yang relevan dengan performance marketing dan minta mereka untuk menganalisis situasi, merencanakan strategi, dan memberikan solusi yang mereka rasa tepat. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang kemampuan mereka dalam merumuskan strategi dan mengatasi tantangan.
  4. Pengujian Kemampuan Platform Periklanan: Jika perusahaan Anda menggunakan platform periklanan khusus seperti Google Ads atau Facebook Ads, Anda dapat memberikan tes atau pertanyaan yang melibatkan penggunaan platform tersebut. Ini akan membantu Anda menilai sejauh mana kandidat menguasai alat-alat ini dan apakah mereka memiliki pemahaman yang baik tentang cara mengoptimalkan kampanye menggunakan platform tersebut.

Job Deskripsi Terpopuler