Job Desk dan Tugas Social Media Specialist

job deskripsi social media specialist

Social Media Specialist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi media sosial untuk meningkatkan visibilitas, interaksi, dan kesadaran merek atau brand suatu perusahaan di media sosial. Seorang Social Media Specialist harus menguasai berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok, dan platform lainnya, serta dapat membuat konten yang menarik dan efektif untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target audiens.

Ringkasan pekerjaan

Kami sedang mencari Social Media Specialist yang bertugas membuat konten, mengelola, dan memantau akun media sosial perusahaan dan kampanye pemasaran media sosial. Anda juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan pengikut dan penggemar merek atau brand perusahaan, memantau dan menanggapi umpan balik dari konsumen, serta mengelola iklan media sosial dan mengawasi pelaksanaan acara atau kegiatan promosi melalui media sosial.

Tanggungjawab

  • Menyusun dan membuat content plan untuk media sosial yang sesuai dengan identitas brand atau perusahaan.
  • Mengembangkan strategi media sosial dengan melakukan riset media sosial, cara penyampaian pesan, dan memahami audiens.
  • Membuat konten digital yang menarik untuk semua media sosial, termasuk menulis, mengedit postingan di media sosial, meningkatkan keterlibatan audiens, dan mempromosikan campaign yang sedang dijalankan di media sosial.
  • Berkomunikasi dengan audiens di media sosial, termasuk menanggapi pertanyaan yang masuk baik melalui kolom komentar atau pesan.
  • Berkolaborasi dengan tim pemasaran dan grafik desainer untuk mengembangkan konten
  • Menggunakan tools seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights untuk memantau dan mengevaluasi kinerja media sosial
  • Membuat laporan terkait traffic setiap sosial media dan memberikan rekomendasi strategi baru untuk hasil yang lebih maksimal
  • Up to date dengan perkembangan trend dan fitur media sosial

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal S1 di bidang Ekonomi, Komunikasi, atau bidang terkait
  • Memiliki pengalaman 1 tahun dalam bidang media sosial
  • Menguasai berbagai platform sosial media, kemampuan menulis konten yang efektif dan analisis data
  • Kreatif dalam pembuatan konten yang menarik dan efektif untuk menjangkau target audience
  • Dapat cepat beradaptasi dengan tren terbaru
  • Memiliki kemampuan komunikasi baik lisan dan tulisan

Seputar Social Media Specialist

Apa saja tools yang harus dikuasai Social Media Specialist?

  1. Pengelolaan dan Penjadwalan Posting: Alat seperti Hootsuite, Buffer, atau Sprout Social dapat membantu untuk mengelola dan menjadwalkan posting di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.
  2. Analitik Media Sosial: Alat analitik seperti Facebook Insights, Twitter Analytics, dan Instagram Insights memungkinkan untuk melacak dan menganalisis kinerja posting dan kampanye Anda. Anda dapat memantau statistik seperti jumlah pengikut, interaksi, tingkat keterlibatan, dan banyak lagi. Pemahaman tentang alat analitik ini penting untuk mengukur keberhasilan kampanye dan membuat keputusan yang didasarkan pada data.
  3. Monitoring Media Sosial: Alat seperti Mention, Brand24, atau Hootsuite Streams dapat membantu Anda memantau dan mengelola percakapan dan mencari mencari kata kunci atau merek Anda di berbagai platform media sosial. Ini memungkinkan Anda untuk merespons dengan cepat terhadap interaksi dan mengelola reputasi merek Anda secara efektif.
  4. Alat Pengedit Video: Video semakin populer di media sosial, dan menguasai alat pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau iMovie dapat membantu Anda membuat konten video yang menarik dan berkesan.
  5. Alat Pelaporan dan Presentasi: Untuk melaporkan hasil dan mempresentasikan kinerja media sosial, Anda dapat menggunakan alat pelaporan seperti Google Data Studio, Microsoft Excel, atau Keynote/PowerPoint. Ini membantu Anda menyusun laporan yang informatif dan menarik untuk pemangku kepentingan.

Bagaimana cara menilai Social Media Specialist?

  1. Pengetahuan Industri dan Platform: Tanyakan kepada kandidat tentang pengetahuan mereka tentang industri media sosial dan platform yang relevan. Apakah mereka mengikuti perkembangan terbaru dalam media sosial? Apakah mereka memiliki pemahaman yang baik tentang platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya? Kandidat yang berpengetahuan luas dan up-to-date dapat menjadi aset berharga.
  2. Kreativitas dan Kemampuan Desain: Pertimbangkan kemampuan kandidat dalam merancang konten yang menarik dan visual yang menonjol. Tanyakan kepada mereka tentang pendekatan kreatif mereka dalam membuat konten yang memikat audiens. Meminta contoh karya mereka atau memberikan tugas sederhana untuk menguji kemampuan desain mereka dapat membantu menilai kemampuan kreatif mereka.
  3. Kemampuan Copywriting: Kemampuan menulis yang baik adalah aset penting bagi seorang Social Media Specialist. Tinjau sampel tulisan kandidat, seperti caption sosial media atau artikel blog, untuk mengevaluasi kualitas tulisan mereka. Pertimbangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan gaya penulisan dengan merek atau target audiens yang berbeda.
  4. Analitik dan Pengukuran Kinerja: Tanyakan kepada kandidat tentang pemahaman mereka tentang alat analitik media sosial dan kemampuan mereka dalam mengukur kinerja kampanye. Penting bagi seorang Social Media Specialist untuk dapat menganalisis data dan menggambarkannya menjadi wawasan yang bermanfaat. Pertanyakan bagaimana mereka menggunakan metrik kinerja, seperti keterlibatan, pertumbuhan pengikut, dan konversi, untuk mengoptimalkan kampanye.
  5. Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi: Komunikasi yang baik dan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim adalah keterampilan yang penting dalam peran ini. Tinjau kemampuan kandidat dalam berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Pertimbangkan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dengan departemen atau tim lain yang terlibat dalam strategi pemasaran.
  6. Riset dan Rasa Inisiatif: Tanyakan kepada kandidat tentang pendekatan mereka dalam melakukan riset untuk mengidentifikasi tren dan peluang di media sosial. Apakah mereka memiliki rasa inisiatif untuk mencari peluang baru dan ide-ide kreatif? Pertimbangkan kemampuan mereka untuk menghasilkan strategi yang didukung oleh riset yang baik.

Job Deskripsi Terpopuler