4 Cara Menampilkan PPT di Zoom dan di Google Meet dengan Mudah

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Selama masa pandemi COVID-19, banyak aktivitas kantor yang harus dilakukan melalui online, termasuk salah satunya presentasi. Entah itu melalui aplikasi Zoom atau Google Meet. Tentu ini semua adalah hal yang baru untuk kita, sehingga terkadang kita bingung tidak tahu cara menampilkan PPT di Zoom.

Bila mungkin pengalaman meeting di Zoom atau Google Meet adalah pengalaman pertama kamu dan mungkin saja kamu akan diminta untuk menyajikan presentasi, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara melakukannya agar tidak dianggap pekerja gaptek. Berikut ini beberapa cara untuk menampilkan PPT di Zoom dan Google Meet. 


Cara Menampilkan PPT di Zoom

Zoom adalah salah satu aplikasi video conference yang banyak digunakan dalam meeting online oleh banyak perusahaan. Aplikasi ini membungkinkan peserta rapat yang menjadi host atau yang diberikan akses untuk membagikan screen untuk dipresentasikan. 

Cara share screen di Zoom bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik itu di komputer/laptop atau juga smartphone. 


1. Cara Menampilkan PPT di Zoom Melalui PC/Laptop

Bila kamu meeting menggunakan PC atau laptop dan ingin menampilkan PPT untuk dipresentasikan, cobalah untuk ikuti cara berikut ini!


1. Pertama, siapkan file PPT yang akan kamu tampilkan lewat Zoom. 

2. Selanjutnya, buka aplikasi Zoom dan login menggunakan akunmu. 

3. Bila sudah berhasil login kamu bisa membuat Meeting Room atau bisa juga langsung masuk ke room meeting yang sudah ditentukan ID dan password nya sebelumnya.

4. Jika sudah berada di Meeting Room agar bisa menampilkan PPT di Zoom, pastikan kamu sudah diberikan akses atau sudah menjadi co-host. Namun bila kamu sudah menjadi host kamu bisa langsung menampilkan PPT, karena pada aplikasi Zoom, hanya mereka yang menjadi host, co-host atau yang diberikan akses yang dapat share screen. 

5. Jika sudah, klik tombol Share Screen pada bagian bawah yang terletak di bagian tengah dan berwarna hijau dengan ikon panah ke atas.

6. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan beberapa screen yang sedang aktif di layarmu, silakan langsung kamu pilih PPT dan klik tombol Share. 



7. Nantinya, secara otomatis PPT yang akan dipresentasikan akan terlihat oleh peserta Zoom meeting. 

8. Jika sudah, kamu dapat langsung melakukan presentasi sambil membuka slide presentasi. 

9. Jika sudah selesai melakukan presentasi PPT di Zoom, kamu dapat langsung menekan tombol Stop Share untuk berhenti membagikan layar.



2. Cara Menampilkan PPT di Zoom Custom Slide 

Kamu bisa menampilkan PPT di Zoom dengan membuat custom slide show. Caranya adalah kamu perlu mengubah slide show yang biasanya full screen menjadi window. Nah, window slide show inilah yang akan kamu bagikan kepada peserta Zoom meeting. Sebelum kamu share screen, kamu perlu mengubah pengaturan di Power Point terlebih dahulu. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file PPT
  2. Klik tab Slide Show
  3. Pilih Browse by an individual (window)
  4. Klik Ok


Setelah itu, lakukan slide show dan atur tampilannya agar slidenya memenuhi window. Setelahnya barulah lakukan Share screen.


3. Menampilkan PPT di Zoom dengan Tampilan Slide dan Tampilan Presenter

Jika kamu ingin menampilkan PPT di layar monitor ganda dan layar monitor satu ingin sambil melihat catatan, coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini.


1. Buka aplikasi Zoom, kemudian klik tombol setting berupa ikon roda gigi di sebelah kanan atas tampilan Zoom.


2. Kemudian, pada bagian menu General aktifkan pilihan Use dual monitors

3. Jika sudah, kamu juga perlu melakukan pengaturan di file PPT yang akan dipresentasikan dengan menonaktifkan fitur presenter view. Caranya klik menu slideshow di bagian atas tengah tampilan layar. 

Kemudian, non aktifkan pilihan “use presenter view”.


4. Jika sudah, selanjutnya hubungkan perangkat laptop dengan layar monitor kedua, bisa berupa layar monitor PC, bisa juga dihubungkan ke layar TV LCD. Kamu bisa langsung hubungkan port HDMI pada laptop dengan menggunakan kabel HDMI ke port HDMI TV LCD.


5. Jika sudah terhubung, biasanya kamu sudah bisa melihat tampilan desktop kamu di layar TV.



Kemudian, klik tombol presentasi di laptopmu, biasanya kamu perlu tekan secara bersamaan tombol Fn + F8 namun ini tergantung pada merek laptop.



6. Kemudian kamu akan melihat tampilan menu pilihan keluaran tampilan layar, kamu bisa pilih opsi Extend display.


Maka tampilan monitor dan laptop akan menjadi seperti ini:


7. Buka lagi file PPT yang akan dipresentasikan. Kemudian klik tombol Minimize windows di sebelah kanan atas.


8. Selanjutnya, klik dan tahan jendela aplikasi PPT, dan geser ke bagian kanan layar hingga aplikasi Power Point muncul di tampilan layar LCD TV seperti gambar di bawah.

ini.


9. Geser aplikasi PPT sampai jendela aplikasi powerpoint sepenuhnya berada di layar kedua atau layar LCD TV.


10. Klik kembali tombol menu maximize tombol yang sama yang sebelumnya kita gunakan untuk mengecilkan jendela aplikasi.




11. Geser pointer mouse ke kiri untuk mengembalikan pointer mouse ke layar laptop atau layar utama. Kemudian kita buka aplikasi Zoom. Jika kamu ingin membagikan PPT klik tombol Share Screen.


12. Pilih tampilan layar kedua atau “Screen 2”, aktifkan opsi “use computer sound” dan “optimize screen sharing for video clip” apabila kita hendak menampilkan video kepada peserta rapat daring. kemudian klik Share.



13. Peserta online meeting akan mendapatkan tampilan yang terdapat di LCD TV atau layar kedua yang berisi powerpoint, sedangkan pada layar laptop kamu bisa membuka catatan.


4. Menampilkan PPT di Zoom Melalui Handphone

Aplikasi Zoom juga sudah tersedia bagi pengguna smartphone. Di aplikasi Zoom versi handphone kamu juga masih bisa menampilkan PPT. Caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan versi PC/laptop. Bila kamu belum tahu caranya, ikuti langkah-langkah berikut:


1. Buka aplikasi dan login akun Zoom seperti biasanya.

2. Kemudian, masuk ke dalam room yang ada atau membuat room baru jika belum tersedia.

3. Kemudian kamu tekan tombol Share Screen.

4.  Lalu, buka aplikasi dan file PPT yang telah dibuat

5. Nantinya file presentasi PPT akan langsung ditampilkan kepada pengguna Zoom lain

6. Untuk berhenti membagikan layar, cukup klik Stop Screen.


Cara Menampilkan PPT di Google Meet

Selain Zoom, aplikasi Gmeet juga jadi pilihan untuk berbagai kegiatan online terkait pekerjaan, termasuk menampilkan PPT di Google Meet. Sama halnya seperti Zoom, kamu dapat menampilkan PPT melalui PC/laptop atau juga smartphone. 


1. Cara Menampilkan PPT di Google Meet Melalui PC/Laptop

Menggunakan Google Meet di PC atau laptop sudah menjadi hal umum karena praktis dan tidak perlu menginstal aplikasi apapun, cukup melalui browser saja. Jika kamu ingin menampilkan PPT di Gmeet, coba ikuti langkahnya berikut ini.


1. Buka file PPT yang akan dipresentasikan.

2. Lalu minimize terlebih dulu. Buka browser di komputer/laptop dan bergabunglah atau buat rapat Google Meet.

3. Klik Join Now untuk memasuki rapat, maka kamu akan berada di ruang Google Meeting.

4. Jika ingin melakukan presentasi, maka klik “Share Now”, button tersebut ada di pojok kanan bawah.

5. Kamu akan melihat tiga opsi – Your entire screen, A Window, dan A Chrome tab. Karena kamu akan menampilkan PPT, maka kamu pilih A Window. Klik pada jendela Power Point dan tekan tombol Share.

6. Kurangi ukuran jendela Power Point jika kamu  ingin melihat peserta lain di Google Meet atau melihat jendela chat.

7. Untuk berhenti presentasi, klik tombol Stop Sharing.


BACA JUGA: Cara Menjadwalkan Meeting di Google Meet


2. Cara Menampilkan PPT di Google Meet Melalui Smartphone

Jika mungkin kamu sedang tidak membawa laptop dan ada meeting mendadak, tenang kamu masih bisa menampilkan PPT di Gmeet melalui smartphone namun pertama-tama kamu perlu menginstal aplikasinya di handphone. Setelah terinstal, bila ingin membagikan PPT ikuti cara ini.


1. Buka aplikasi Google Meet di handphonemu dan masuk ke meeting room. 

2. Lalu, setelah berhasil masuk klik ikon titik 3 di bagian bawah sebelah kanan dan pilih "Bagikan Layar atau Share Screen".

3. Lalu pilih mulai berbagi dan buka file manager.

4. Cari dan pilih PPT yang akan kamu presentasikan di Gmeet.

5. Buka file tersebut dan selanjutnya maka peserta rapat akan bisa melihat PPT yang kamu tampilkan. Selanjutnya kamu hanya tinggal mempresentasikannya.


3. Menampilkan PPT di Gmeet Sambil Melihat Peserta Meeting

Sudah tahu belum? Saat kamu melakukan presentasi, kamu juga tetap bisa lho memerhatikan peserta meeting apakah masih kondusif atau tidak. Jika belum tahu, begini caranya.


1. Pertama, kamu perlu melakukan setting di file PPT terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka file dan pilih Tab Slide Show,  Klik ikon Set Up Slide Show, lalu pada kotak dialog Setup Show, klik Browsed by an individual (window), kemudian langsung OK.


2. Selanjutnya, kamu bisa masuk ke Gmeet, dan melakukan Share Screen. 

3. Saat membuka file PPT, kamu dapat mengecilkan jendela Power Point, dan Klik Slide Show.  Maka tampilannya akan menjadi seperti berikut ini.


Selanjutnya kamu bisa menampilkan PPT dengan dinamis. 


Bisa menampilkan PPT di Zoom atau Gmeet ini bisa menjadi bekal kamu dalam mencari kerja remote atau WFH lho. Lowongan kerja remote atau WFH bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. 


Di sana ada banyak lowongan yang bisa kamu lamar sesuai dengan keahlianmu. Kamu juga bisa memilih lowongan yang dekat dengan domisili kamu. Cara melamarnya juga mudah, kamu cukup download dan install aplikasi KitaLulus, kemudian buat akun dengan akun Google, lengkapi beberapa data diri. Selesai, kamu bisa langsung melamar. Yuk, download aplikasinya di Play Store!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.