Admin Support Adalah Pekerjaan Penting Di Perusahaan, Ketahui Apa Saja Tugasnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Admin support adalah pekerjaan yang tidak bisa dilepaskan dari keberlangsungan kegiatan manajemen perusahaan. Ia mempunyai peran besar dalam men-support segala yang dibutuhkan karyawan lainnya di perusahaan. Makanya tidak jarang perusahaan membuka beberapa lowongan untuk pekerjaan admin support.

Bila kamu punya ketertarikan untuk melamar di posisi ini, tapi masih belum mempunyai bayangan seperti apakah pekerjaan yang satu ini, coba yuk cari tahu lebih dalam di artikel ini!


Admin Support Adalah Pengelola Aspek Manajemen

Mungkin dari namanya kamu sudah sedikit bisa mengerti kalau admin support adalah pekerjaan yang akan mendukung manajemen perusahaan. Jika kamu berpikir demikian, kamu tidak salah, karena memang pekerjaan admin support tidak begitu jauh dari itu.

Admin support adalah seseorang yang punya tugas untuk membantu segala aspek manajemen administrasi, memelihara, dan mengelola inventaris aset dan persediaan barang. Tidak hanya itu, ia juga mengirim dan menerima e-mail, membuat laporan dan memberikan support kepada karyawan lain yang membutuhkan.


Pekerjaan Admin Support dan Tanggung Jawabnya

Pekerjaan admin support adalah memastikan semua tata kelola kegiatan perusahaan berjalan dengan lancar. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang admin support, sebagai berikut.


1. Memberi Support Manajemen

Dalam tugasnya, seorang admin support harus mampu memberikan support kepada semua aspek manajemen administrasi. Biasanya seorang admin support akan membantu dalam hal kesekretarisan dan administrasi.


2. Mengecek Persediaan Logistik

Kegiatan perusahaan tentu tidak akan berjalan lancar bila tidak didukung dengan persediaan logistik yang memadai. Sebagai admin support, bertanggung jawab untuk mengecek apakah persediaan logistik masih memadai. Kamu juga harus melakukan pemeliharan direktori dari logistik yang masih ada. 


3. Melakukan Pemetaan Sumber Pemasok

Pekerjaan admin support juga berkaitan dengan pihak eksternal perusahaan. Di mana kamu harus melakukan pemetaan pemasok yang digunakan oleh perusahaan. Ini adalah bagian dari tugas memberikan support pengelolaan inventaris aset dan persediaan barang.

Kamu harus tahu dari mana saja pasokan persediaan barang dan bagaimana kualitasnya. Jika kualitas buruk atau harga terlalu mahal, kamu dapat mengajukan pergantian vendor kepada atasan.


4. Menjadwalkan dan Mengkoordinasi Pertemuan

Membuat jadwal rapat dan mengkoordinasikan pertemuan dari berbagai divisi di perusahaan menjadi pekerjaan admin support. Ini adalah bagian dari membuat agenda kantor. Biasanya kamu akan berkoordinasi dengan bagian unit operasional atau unit lainnya sebelum menjadwalkan pertemuan.


5. Administrasi dan Surat Menyurat

Sebagai admin support pekerjaan kamu juga tidak lepas dari surat menyurat dan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi lainnya. Seperti mempersiapkan korespondensi bisnis, mengelola file, membuat dan merekap penjualan, data entry, dan lainnya. 


Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Admin Support

Jadi admin support sebenarnya pekerjaan yang susah susah gampang, lho! Kamu dituntut untuk memiliki ketelitian, detail, dan cekatan.

Selain itu, kamu juga perlu menguasai beberapa skill untuk mendukung pekerjaan admin support. Setidaknya berikut ini beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi admin support. 


1. Menguasai Microsoft Office

Pekerjaan admin tidak akan lepas dari mengorganisir dan memasukan data-data perusahaan. Untuk itu sudah wajib hukumnya kamu bisa menguasai Ms.Office atau setidaknya dasar Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

2. Kemampuan Menulis

Keahlian lainnya yang perlu dikuasai adalah kemampuan menulis, karena admin support adalah pekerjaan yang juga tidak lepas dari surat menyurat dan mencatat. Maka diperlukan keahlian menulis yang baik. 

Jika kamu masih belum percaya diri dengan kemampuan menulis mu, mulailah belajar dengan membaca, memperbanyak referensi kosa kata.


3. Komunikasi yang Baik

Admin support adalah pekerjaan yang akan banyak berinteraksi dengan berbagai orang baik itu internal dan eksternal dari perusahaan. Untuk berkoordinasi dengan banyak orang tentu dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif agar pesan yang disampaikan jelas dan membangun kesepahaman. 


4. Manajemen Waktu 

Menjadi admin support juga harus memiliki manajemen waktu yang baik. Kamu akan dituntut untuk dapat bekerja cepat dan tepat, ini semua tidak akan bisa tanpa kemampuan kamu dalam memanajemen waktu. Kamu harus bisa menyusun skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. 


5. Persyaratan Melamar Admin Support 

Setiap perusahaan tentu memiliki persyaratan yang berbeda-beda ketika mereka mencari admin support. Tapi pada umumnya, mereka setidaknya mencari kandidat dengan minimal pendidikan SMK Akuntansi atau D3 Akuntansi. 

Mereka juga suka kandidat yang memahami pembukuan ringan, menyusun dan mengorganisasikan dokumen. 

Beberapa perusahaan juga mencari kandidat yang punya keterampilan bahasa asing, baik itu Inggris, Mandarin atau Jepang. Bila kamu menguasai bahasa asing tersebut, kamu bisa jadi kandidat yang kuat untuk dipilih. 



Jika kamu merasa admin support adalah posisi yang pas untukmu, tunggu apa lagi yuk segera masukan CV mu di lowongan admin support. Aplikasi KitaLulus ada banyak lowongan admin support yang bisa kamu pilih. Baik itu dari perusahaan yang ada di Jabodetabek, atau luar kota seperti Makassar atau Surabaya, semuanya ada. Tinggal download aplikasinya di Play Store sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!