Apa Itu Insecure dan Bagaimana Pengaruhnya dalam Karier Seseorang?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Belakangan ini istilah apa itu insecure banyak sekali kita temui. Baik itu di media sosial maupun juga obrolan. Biasanya kata insecure ini diungkapkan ketika melihat pencapaian seseorang yang sebaya dengan kita. Lalu kita jadi merasa gelisah dan merasa tidak cukup baik dengan diri sendiri. 

Insecure ini bisa terjadi pada banyak situasi kehidupan kita sehari-hari, baik di sekolah, di pekerjaan. Bahkan dalam dunia kerja, perasaan ini bisa mempengaruhi performa kita. Agar kamu bisa tahu lebih jelas, baca penjelasannya di bawah ini, ya!


Apa Itu Insecure?

Insecure adalah sebuah perasaan di mana diri kita merasa tidak mampu atau tidak cukup baik dari orang lain.  Perasaaan ini membuat seseorang merasa "tidak aman", dengan kata lain, seseorang yang mengalami insecure merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara. 

Menurut WebMD, apa itu insecure membuat seseorang mengalami kecemasan, gelisah tentang tujuan dalam hidup, hubungan hingga kemampuan mengatasi situasi tertentu

Beberapa orang menjadi insecure tentang citra dirinya, misalnya terhadap bentuk tubuh, warna kulit, atau perbedaan fisik lainnya. Perasaan insecure bisa dialami siapa saja, bahkan artis yang kamu idolakan seperti Cinta Laura dan Emma Stone juga pernah merasa insecure.   

Penyebab perasaan ini bisa datang dari kejadian yang menimbulkan trauma, pengalaman masa lalu, kondisi sosial, hingga lingkungan di sekitar kita, seperti sekolah, pekerjaan, hingga rumah.

Secara umum, perasaan insecure berasal dari ketidakstabilan. Orang yang mengalami gangguan tak terduga dalam kehidupan sehari-harinya cenderung mengalami perasaan insecure tentang sumber daya dan rutinitasnya. 


Dampak Dari Insecure di Dunia Kerja

Dampak dari perasaan insecure tidak hanya cemas atau gelisah terhadap diri sendiri. Akibat lainnya yang bisa ditimbulkan adalah seseorang bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa disebabkan karena segala perbedaan sehingga timbul rasa tidak aman untuk berinteraksi.

Mereka akan berpikir, apakah mereka cukup baik untuk bisa masuk ke lingkungan ini? Bagaimana kalau mereka tidak diterima di sini? Dan semua pikiran negatif lainnya. Mereka akan menilai diri sendiri rendah dan tidak percaya diri.

Ketidakpercayaan diri yang kamu rasakan jika bisa berdampak dengan pekerjaan. Beberapa dampak insecure di dunia kerja antara lain:


1. Mengganggu Performa Kerja

Perasaan insecure membuat kamu jadi sulit untuk mengerjakan tugas harian dengan maksimal. Ini karena kamu menganggap diri kamu tidak mampu melakukannya.


2. Tidak Berani Mengambil Tantangan

Rasa insecure menciptakan pikiran negatif tentang kemampuan diri. Misalnya dalam menyesuaikan diri, mencapai tujuan atau menemukan dukungan, dan penerimaan dari orang lain. Akibatnya, kamu cenderung merasa cemas dan takut ketika berhadapan dengan tantangan baru.


3. Menghambat Perkembangan Karier

Dampak insecure di dunia kerja juga bisa membuat karier kamu tidak berkembang. Hal ini karena terlalu merasa cemas dan takut untuk menunjukkan kemampuan, pengetahuan, atau lainnya. Pada akhirnya ini bisa menghambat perkembangan karier seperti mendapatkan promosi kerja. 


4. Hubungan dengan Rekan Kerja Terganggu

Insecure juga memengaruhi cara kamu menjalin hubungan dengan orang lain termasuk rekan kerja. Kamu jadi malu bahkan takut untuk berhadapan dengan rekan kerja dan tanpa sadar kamu pun jadi menjaga jarak dengan mereka. 


BACA JUGA: Punya Niat Resign? Ini Alasan Anti Drama yang Bisa Dipakai


Tanda-Tanda Kalau Kamu Insecure

Seringkali, kita tidak sadar bahwa kita mengalami insecure. Namun, biasanya ada sejumlah tanda umum yang kita lihat, di antaranya:


1. Merasa Percaya Diri Rendah

Rasa percaya diri yang rendah dan selalu melihat sisi negatif diri adalah salah satu tanda kamu mengalami insecure. Kepercayaan diri rendah maksudnya adalah kamu kerap berpikir buruk tentang diri sendiri dan meragukan kemampuan sendiri. Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan masalah lain, terutama menyangkut kesehatan mental. 

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu kenali diri sendiri dan mencoba self love agar bisa sedikit demi sedikit menghilangkan perasaan ini. 


2. Mengalami Rasa Takut Berlebihan

Rasa takut ini tidak hanya pada hal-hal besar, tapi termasuk hal-hal kecil. Jika rasa takut yang muncul mulai mengganggu dan terasa tidak sehat, cobalah untuk segera mencari bantuan ahli.



3. Perfeksionis

Semua harus sempurna, kamu menjadi sulit merasa puas terhadap proses dan ingin mengontrol semuanya hingga menghasilkan sempurna juga menjadi tanda insecure. Hal ini bisa jadi karena kamu merasa performa mu tidak pernah cukup

Tanda insecure ini bisa terjadi di berbagai bidang kehidupan, namun seringkali di bidang pekerjaan dan citra diri. Biasanya ketika kamu mengalami ini, kamu juga mengalami gangguan makan yang bisa membahayakan diri. 


4. Mengisolasi Diri

Perasaan insecure yang dialami terhadap lingkungan sekitar bisa membuat seseorang menghindari interaksi sosial dan mengisolasi diri mereka. Mereka terkadang lebih suka berinteraksi secara virtual karena merasa lebih memiliki kontrol.


Apa Penyebab Insecure?

Hal yang menyebabkan kamu bisa merasa insecure berbeda-beda dan sifatnya pribadi pada setiap orang. Kamu juga perlu tahu, bahwa tidak ada penyebab pasti dari insecure. Namun biasanya hal ini disebabkan oleh pengalaman buruk, cara pandang negatif terhadap diri sendiri atau akibat memiliki prinsip yang ingin segala sesuatunya sempurna

Beberapa faktor dapat mengarahkan kita pada perasaan insecure adalah sebagai berikut:


1. Takut akan Kegagalan dan Penolakan

Ini adalah penyebab utama dari rasa insecure. Pengalaman ditolak atau gagal mencapai apa yang diinginkan, dapat membuat seseorang melihat dirinya sendiri dan orang lain dari sudut negatif. 


2. Mendapatkan Penilaian Kurang Baik dari Orang Lain

Rasa tidak aman juga bisa muncul karena kita pernah dinilai kurang atau tidak baik oleh orang lain. Hal ini menjadi faktor kita mengalami insecure dan kurang percaya diri. 

Banyak dari kita mungkin mengalami tidak dalam situasi sosial, seperti berada di pertemuan keluarga, wawancara, kantor, hingga kencan. Akibatnya, kamu akan menghindari situasi sosial.



3. Menginginkan Segala Sesuatu Sempurna

Terkadang tanpa disadari kita memiliki standar yang sangat tinggi untuk semua hal yang kita lakukan. Misalnya nilai tinggi, atau pekerjaan terbaik. Ketika hal ini tidak berjalan sesuai keinginan mereka, maka mereka akan menyalahkan diri sendiri dan rasa insecure muncul.


Contoh Insecure yang Sering Dialami dalam Dunia Kerja

Sadar atau tidak, insecure membuat kita tidak bisa fokus mengerjakan apa yang menjadi tugas kita. Ini karena kita jadi cenderung berfokus pada perasaan tersebut. Jadinya kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Contoh insecure yang paling sering dialami dalam dunia kerja adalah saat rekan kerja kita yang lain berhasil melalui tanggung jawab yang diberikan dengan baik. Sementara kita gagal, di situ kita mulai merasa insecure dan merasa tidak layak. Selain itu, contoh lainnya yang mungkin membuat kamu merasa insecure di dunia kerja antara lain.


1. Tidak Dihargai

Kamu sudah bekerja keras dan memberikan yang terbaik, tapi rekan kerja atau atasan tidak menghargai semua itu. Ini bisa membuat insecure dan bertanya-tanya apa yang salah dari pekerjaanku, apa aku bekerja kurang keras, dan sebagainya.


2. Tidak Memiliki Ide

Datang ke rapat tapi kamu tidak memiliki ide di kepalamu adalah contoh insecure karyawan. Padahal ini jadi momen kamu untuk mendapatkan nilai tambah di mata atasan dan rekan. Karena kamu begitu ingin melihat menonjol dengan ide tersebut, kamu jadi insecure ketika ide itu tidak keluar dari kepala mu, akhirnya kamu justru tidak bisa mengikuti rapat dengan baik.


3. Tidak Memahami Pembicaraan Rapat

Ikut rapat tapi kamu merasa bingung dan gak “konek” dengan apa yang sedang dibicarakan. Alhasil kamu hanya ikut menganggukkan kepala. Lalu dirimu pun menjadi insecure. 



Cara Agar Tidak Insecure di Tempat Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, apa itu insecure pernah dirasakan semua orang. Namun, bukan berarti kamu jadi larut dalam perasaan tersebut dan menghalangi kamu mencapai banyak hal terutama dalam pekerjaan. Cobalah untuk dapat mengatasi rasa insecure tersebut dengan beberapa hal berikut ini.


1. Coba Terima Perasaan Insecure

Terimalah jika memang kamu sedang merasa ada satu hal di tempat kerja yang membuatmu merasa insecure. Jangan terus mengkritik atau menyalahkan diri sendiri karena kamu merasa insecure. Cobalah untuk mengubah persepsimu. Lihatlah apa itu insecure bukan sebagai kelemahan, tapi dorongan dan motivasi untuk berusaha lebih baik.


2. Kenali Nilai Diri

Perasaan insecure yang kamu rasakan bisa jadi karena kamu menganggap dirimu tidak mampu, tidak berharga, atau bahkan tidak layak duduk di posisi sekarang. Bila mungkin ini yang kamu rasakan. 

Coba ingat kembali alasan dan nilai dalam diri kamu seperti apa sehingga bisa dipercaya di pekerjaan sekarang. Tentu perusahaan tidak akan mempekerjakan kamu tanpa alasan, bukan. 


3. Fokus pada Kewajiban Kerja

Hindari membandingkan dirimu dengan rekan kerja lainnya. Di dunia kerja, setiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing, termasuk kamu. Kamu hanya perlu fokus pada apa yang jadi tanggung jawab dan melaksanakannya sebaik mungkin. 


4. Coba Identifikasi Situasi

Cara agar tidak insecure bisa dengan mengidentifikasi apa yang membuat kamu tidak nyaman dan membuatmu meragukan kemampuan diri di tempat kerja. Apakah itu ketika kamu mengikuti rapat, melakukan presentasi, memimpin proyek, atau ketika harus menunjukkan skill

Dengan mengidentifikasi situasi tersebut, kamu jadi bisa tahu mana yang perlu kamu kembangkan agar kepercayaan dirimu kembali saat harus menghadapi situasi tersebut.


5. Temukan Seorang Mentor

Dalam beberapa hal, masalah insecure tidak bisa diselesaikan sendiri, melainkan butuh bantuan orang lain seperti mentor. Kamu bisa menemukan mentor yang tepat sesuai dengan keterampilan yang ingin kamu kuasai. 

Mentor bisa menjadi kekuatan dan pembimbing positif bagimu. Sehingga saat menghadapi masalah, kamu bisa mendapatkan bantuan dari mentor dan termotivasi untuk bangkit dan kuat menghadapi masalah.



Kata-Kata Motivasi untuk Menghilangkan Insecure

Jika kamu sedang mencari motivasi untuk orang yang insecure, beberapa kata ini mungkin akan membantu dan membuat kamu bangkit kembali.

1. “Hati-hati jangan sampai salah mengartikan insecure dan ketidakmampuan untuk rendah hati! Kerendahan hati tidak ada hubungannya dengan insecure. Sama seperti kesombongan tidak ada hubungannya dengan kebesaran! ” – C. JoyBell C

2. “Jangan biarkan rasa takut atau insecure menghentikanmu untuk mencoba hal-hal baru. Percaya pada dirimu sendiri. Lakukan apa yang kamu sukai, dan yang terpenting, bersikap baiklah pada orang lain, bahkan jika kamu tidak menyukai mereka.”- Stacy London

3 ."Tidak ada orang yang sempurna. Bahkan, orang yang paling percaya diri pun memiliki rasa insecure. Di beberapa titik dalam hidup, kita mungkin merasa kekurangan sesuatu. Itulah kenyataannya. Kita harus mencoba hidup sesuai kemampuan kita."- Anil Sinha



Apa itu insecure juga kerap datang pada fresh graduate yang belum juga dapat kerja. Namun kamu tidak perlu khawatir, aplikasi KitaLulus bisa menunjukan titik cerah kariermu. Fitur baru “Hanya untuk Kamu” memungkinkan kamu menemukan lowongan yang paling kamu banget! Sehingga kamu tidak merasa insecure untuk melamarnya. Caranya cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store, lengkapi data diri kamu. Setelah selesai, KitaLulus akan merekomendasikan kamu lowongan fresh graduate yang sesuai dengan pendidikan dan pengalamanmu. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.