Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Di era yang serba cepat seperti saat ini, kebutuhan akan kemampuan bahasa asing terus berkembang. Banyak perusahaan yang mewajibkan para calon pekerjanya untuk bisa berbahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Inggris. Bahkan kini sudah banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang beredar di Play Store atau App Store.

Dulu jika kita ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, pasti kita akan pergi ke lembaga bahasa untuk belajar seperti di kelas. Tapi kini, semenjak ada aplikasi belajar bahasa Inggris, kita tidak perlu repot lagi untuk datang ke tempat kursus.

Tahukah kamu, menurut Eton Institute, dengan belajar bahasa Inggris kamu dapat meningkatkan kemampuan otak dan memori. Bahkan kamu jadi lebih mudah dalam melakukan pekerjan dan akan menjadi lebih fokus bahkan sampai bisa mengerjakan pekerjaan multitasking. Selain itu, bahasa Inggris akan mengantarkanmu ke peluang karir yang lebih banyak dan menjanjikan.

Dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris, kita bisa belajar dimana saja dan kapanpun yang kita mau. Bahkan beberapa aplikasi didesain dengan sederhana, sehingga memudahkan para penggunanya untuk belajar. Dan beberapa aplikasi memiliki fitur offline. Tapi bagaimana cara belajar bahasa Inggris dari awal agar semakin percaya diri?

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Awal

Sebetulnya, belajar bahasa Inggris tidaklah sesulit yang dikira. Selama kita ada niat dan mau belajar, maka segalanya akan menjadi mudah. Jika kamu masih merasa susah dan sulit untuk memulai, kamu bisa mengikuti tips cara belajar bahasa Inggris dari awal di bawah ini:

Buat Kamus Berisi Kosakata

Terdapat banyak kosakata bahasa Inggris yang beragam artinya. Jika kamu merasa sulit memahaminya, kamu bisa membuat kamus yang berisi kosakata bahasa Inggris yang ingin kamu pelajari dan pahami. Tuliskan kosakata beserta dengan artinya. Tambahkan banyak kosakata sehingga pemahamanmu akan bahasa Inggris juga bertambah. Jangan lupa untuk menambahkan kosakata baru setiap harinya.

Belajar Bahasa Inggris dari Film

Kamu senang menonton film? Sudah berlangganan aplikasi layanan streaming? Kalau sudah, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton film tanpa ada subtitle. Cara belajar bahasa Inggris dari awal yaitu dengan memahami percakapan dari tokoh-tokohnya. Jika kamu masih merasa sulit, kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dari Lagu

Jika kamu salah satu penggemar dari lagu bahasa Inggris, kamu bisa belajar dari lirik lagu tersebut, lo. Cara belajar bahasa Inggris dari awal yaitu dengan memutar-mutar lagunya, hafalkan liriknya, cari artinya. Jika dirasa perlu, tambahkan kosakata yang tidak kamu pahami ke dalam kamus. Jadi semakin banyak kosakata yang kamu pelajari, maka akan semakin banyak juga pemahaman yang kamu terima.

Berbincang dengan Orang Asing

Salah satu cara belajar bahasa Inggris dari awal adalah berbincang dengan orang asing. Jika kamu terus melatihnya, kamu pun akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa Inggris. Dengan lebih banyak praktik, maka keterampilan berbahasa Inggris kamu pun akan meningkat. Tidak hanya meningkatkan keahlian dalam berbicara (speaking), tapi juga akan meningkatkan keahlian dalam mendengar (listening).

Belajar Bahasa Inggris dari Buku atau Menulis

Cara belajar bahasa Inggris dari awal selanjutnya adalah dengan membaca buku atau menulis kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kamu terbiasa membaca buku bahasa Indonesia, kamu bisa ganti dengan buku bahasa Inggris. Kamu bisa melihat dan memahami struktur penulisan, grammar, pengejaaan, dan sebagainya. Lalu, lanjutkan dengan menulis.

Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk mengasah kemampuanmu. Dengan menggunakan aplikasi, kamu juga bisa belajar secara otodidak dengan lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu, aplikasi belajar bahasa Inggris cenderung mudah digunakan dan lebih praktis. Jadi bisa menghemat waktu untuk pergi ke tempat kursus, deh.

Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu masih merasa kurang percaya diri setelah belajar bahasa Inggris secara otodidak, kamu bisa mendatangi lembaga pendidikan bahasa. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu bisa belajar secara teratur dan lebih disiplin dalam mencari ilmu dan pemahaman baru. Ada banyak lembaga bahasa yang membuka kursus bahasa Inggris. Kamu bisa mencari dan memililih mana yang lebih sesuai dengan gaya belajarmu.

Jangan Takut Salah

Perlu diketahui dan diingat, bahwa dalam setiap proses pembelajaran kita tidak perlu takut salah. Melakukan kesalahan adalah hal wajar dan siapa saja bisa melakukannya. Nah, dari kesalahan itulah kita belajar untuk memahami dan lebih menguasai diri. Begitu pun dengan belajar bahasa Inggris.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Di era modern seperti saat ini, sudah banyak aplikasi yang beredar secara gratis. Beberapa diantaranya adalah:

Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang banyak digunakan. Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini bisa kamu download di iOs atau di Android. Duolingo menawarkan pembelajaran dari level dasar sampai dengan level fasih. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa memasang pengingat untuk waktu belajar.

Duolingo juga menawarkan fitur untuk melatih kemampuan berbicara (speaking), membaca (reading), mendengarkan (listening) dan menulis (writing). Kamu juga bisa menentukan target belajar bahasa yang diinginkan setiap hari. Selain itu, aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga memberikan fitur user interface yang tidak membosankan, sehingga kamu tertarik untuk belajar terus.

Babbel

Secara keseluruhan, aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini memiliki keunggulan dan fitur yang sama dengan Duolingo. Hanya saja, di aplikasi Babbel lebih menekankan pada kosakata (vocabulary) dan percakapan (conversation). Kamu bisa mengikuti pembelajaran yang singkat, interaktif, dan informatif.

Aplikasi Babbel bisa kamu install di ponsel iOS atau pun Android. Tidak hanya bahasa Inggris, aplikasi ini juga memberikan pelajaran dalam bahasa lain. Bahkan kamu bisa mengetahui sejarah dari sebuah bahasa, resep masak, lagu, sampai bertemu dengan orang baru.

Beelinguapp

Salah satu keunggulan dari aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini adalah konsep pembelajaran dengan menggunakan story telling. Kamu diajak untuk belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris, yang disampingnya juga ada arti dari bahasa kita.

Selain itu, Beelinguapp juga menawarkan fitur karaoke style, yang memudahkan kamu dalam memahami pengucapan kata yang sedang dibacakan. Konsep ceritanya pun dibuat semenarik mungkin, sehingga membuat kita membaca bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store atau di App Store.

Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis selanjutnya adalah Busuu. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dalam berbagai aspek. Seperti kosakata (vocabulary), grammar, sampai berbicara (speaking).

Hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah kita bisa mendapatkan umpan balik atau feedback dari pembicara native bahasa Inggris. Sehingga kita bisa lebih mudah mengevaluasi kekurangan kita dan bisa segera diperbaiki. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Busuu di Android ataupun di iOS.

Grammarly

Grammarly adalah salah satu apllikasi yang bisa membantumu dalam membetulkan grammar, kosakata, dan pemilihan kata. Singkatnya, aplikasi ini bisa membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris secara tertulis. Kamu bisa install keyboard grammarly di gadget apapun. Nantinya, grammarly akan membenarkan kesalahan dalam penulisanmu secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur gaya bahasa yang diinginkan sesuai target penerima pesan. Seperti formal, informal, informative, netral, sampai friendly. Dalam dunia kerja, grammarly bisa menolong kamu dalam menulis dan mengirim email dengan benar. Dapatkan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini di Play Store dan di App Store.

Rosetta Stone

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis kali ini lebih fokus pada pembelajaran berbicara (speaking) dengan konsep perbincangan. Keunggulan dari Rosetta Stone adalah pengguna bisa belajar bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan waktu pembelajaran sekitar 10 menit.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang suka traveling atau dinas ke luar negeri dan ingin mempersiapkan diri untuk memulai percakapan saat belanja. Metode pembelajaran yang ditawarkan pun secara kontekstual dan interaktif. Download aplikasi ini di Android dan iOS.

HelloTalk

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis HelloTalk bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memperlancar kemampuan dalam berbicara (speaking). Aplikasi ini digunakan oleh pengguna di berbagai penjuru dunia, sehingga bisa meningkatkan kemampuan kamu dengan melakukan perbincangan dengan pengguna lainnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu harus mengajarkan bahasa Indonesia sebagai imbalannya. Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini bisa digunakan sebagai portal penghubung jutaan orang yang ingin belajar bahasa baru, lo. Jadi pengguna bisa mempelajari banyak bahasa dengan orang yang ahli di bahasa tersebut. HelloTalk bisa kamu install di ponsel iOS dan Android kamu.

BBC Learning English

BBC Learning English merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang cocok buat kamu yang ingin belajar percakapan sehari-hari. Konsep pembelajaran yang ditawarkan adalah dengan metode video learning.

Kamu bisa belajar dengan menonton video materi pengajaran dalam waktu 3 menit. Aplikasi ini akan mengasah keterampilan mendengar (listening) dan pelafalan dengan mudah. BBC Learning English bisa kamu download di Play Store dan App Store.

FluentU

FluentU merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang mempunyai konsep berbeda dengan aplikasi lainnya. FluentU menawarkan fitur pembelajaran dengan menggunakan video musik, trailer film, berita, hingga talkshow. Kamu juga bisa memilih materi yang ingin dipelajari duluan.

Bahkan kamu juga bisa menguasai kosakata sulit dengan mempelajarinya secara berulang. Keunggulan dari aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini adalah metode pembelajaran yang dipersonalisasi. Dapatkan aplikasi FluentU di Android dan iOS.

Nah, itulah beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang bisa kamu unduh langsung di ponsel. Dengan adanya aplikasi seperti ini, maka bisa memudahkan penggunanya untuk belajar bahasa Inggris dimana pun dan kapan pun sesuai yang kita mau. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mau belajar bahasa Inggris, ya!

Cari Pekerjaan Impianmu di Aplikasi KitaLulus

Sudah merasa fasih dalam berbahasa Inggris? Tunggu apa lagi? Manfaatkan keahlian bahasa yang kamu miliki untuk melamar pekerjaan impianmu. Coba cek di aplikasi KitaLulus. Ada beragam jenis pekerjaan yang tentunya membutuhkan keahlian bahasa sebagai salah satu kriterianya.

Nah, sudah download aplikasi KitaLulus di Play Store? Kalau belum, download sekarang juga, dan rasakan betapa mudahnya melamar pekerjaan melalui aplikasi KitaLulus. Selamat mencoba!


Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!