Close Pop up

Canvassing Adalah Metode Meningkatkan Penjualan, Ketahui Kelebihan, Kekurangannya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sebagai tim sales, kamu punya tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan penjualan produk. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah canvassing. Canvassing adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Secara sederhana metode ini bekerja dengan meningkatkan minat dari pembeli terhadap suatu produk yang diinginkannya.

Lantas, apa sebenarnya canvassing itu? Sejauh apa ia dapat berguna membantu tim sales atau tim marketing dalam meningkatkan penjualan? Bagi kamu yang mungkin masih asing mendengarnya, mari kita bahas bersama!


Pengertian Canvassing

Canvassing adalah salah satu aktivitas penjualan dengan melakukan komunikasi terhadap pembeli. Komunikasi yang dilakukan dapat berupa kontak langsung ataupun juga berhubungan dengan media lain. 

Pada dasarnya, canvassing adalah aktivitas terencana yang dilakukan seseorang untuk menawarkan, mendistribusikan, mencari pesanan penjualan atas produk atau jasa. Selain itu juga termasuk penyampaian dan pengumpulan informasi tertentu dari pihak pengecer atau konsumen. 

Pihak atau orang yang melakukan kegiatan canvassing disebut dengan istilah canvasser.

Dalam melakukan canvassing, canvasser bekerja dengan menjual produk secara langsung ke pembeli baik melalui telepon, email, atau kunjungan langsung. Misalnya, secara door to door menawarkan barang dari perusahaan. Biasanya canvasser dibebankan dengan tanggung jawab dan target lebih besar dari sisi pemasaran.


Kelebihan Metode Canvassing

Metode canvassing bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan suatu produk, tapi ada beberapa kelebihan lainnya dari metode ini, seperti:


1. Mengembangkan Potensi Pasar

Penjualan dengan metode canvassing dapat mengembangkan potensi pasar. Hal ini karena perusahaan dapat menentukan target dari pembeli sesuai dengan keinginan. Apabila perusahaan kamu sudah membangun komunikasi yang baik dengan target pasar baru, hal ini bisa menjadi target pasar yang potensial.


2. Mampu Bersaing di Pasaran

Canvassing juga dapat mempercepat kemampuan produk untuk dapat bersaing di pasaran. Proses penetrasi produk akan lebih menghemat waktu, karena cara penjualan dilakukan dengan kegiatan penawaran, distribusi, dan penjualan dilakukan secara langsung diwaktu yang bersamaan. 

Dengan cara seperti ini, perusahaan bisa menghemat biaya tambahan dan memperluas cakupan wilayah jika penjualan bisa dijalankan dengan maksimal.


3. Distribusi Produk 

Canvassing adalah sebuat metode yang mendukung pemerataan distribusi produk. Dengan cara ini, perusahaan melalui canvasser akan menyebarkan produk secara merata untuk dijual secara langsung. Namun, untuk merealisasikan hal ini, perusahaan perlu perencanaan distribusi yang matang supaya pembeli dapat mendapatkan produk dengan cepat dan tepat.


Mengetahui Bagaimana Cara Kerja Sales Canvassing dalam Perusahaan

Salah satu cara kerja dari canvasser adalah dengan melakukan penjualan secara langsung kepada pelanggan. Secara umum, canvasser lebih sering melakukan distribusi dan pemasaran pada target yang lebih besar daripada sales pada umumnya. 

Biasanya, mereka akan melakukan distribusi produk dan pemasaran pada pelanggan yang berada di daerah pelosok atau daerah yang kurang mampu dijangkau oleh pihak distributor. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang melakukan investasi dalam hal ini. Bahlan perusahaan banyak yang mencoba memberikan berbagai fasilitas dan juga bonus yang besar bagi seorang canvasser.



Karakteristik dari Sales Canvasing

Ada beberapa karakteristik dari sales canvassing yang membedakannya dengan metode penjualan sales pada umumnya, yaitu.


1. Memanfaatkan Operasional Perusahaan

Aktivitas pemasaran ini akan memanfaatkan operasional dari perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus melancarkan proses penjualan yang dilakukan. Sebagai contoh, perusahaan menggunakan kendaraan komersialnya untuk membantu canvasser melakukan aktivitas penjualan secara langsung.


2. Menjual Barang Sesuai Jenis

Canvasser cenderung menawarkan produk yang tergolong slow and fasting moving goods adalah istilah yang digunakan untuk barang yang bisa dijual secara cepat atau lambat. Contoh produk yang termasuk fast moving antara lain minuman dan makanan ringan, kosmeting, dan berbagai keperluan pokok.

Sedangkan barang yang tergolong slow moving antara lain seperti meja, kursi, tv, dan lainnya. Selain menawarkan produk yang tergolong slow moving, sales canvasing juga harus menjual produk fast moving dengan tingkat ­repeat order yang tinggi.


3. Menjual dengan Harga yang Sesuai Target

Metode canvassing memudahkan perusahaan untuk menentukan harga. Ini dikarenakan sales canvasing harus terlebih dahulu merencanakan harga jual produk atau jasa. Biasanya perusahaan menetapkan harga rendah agar tujuan meningkatkan penjualan tercapai.


BACA JUGA: Bahas Tuntas Peluang Kerja Marketing 


Kekurangan Metode Canvassing

Meskipun teknik canvassing dapat memberikan keuntungan dari sisi penjualan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kekurangan metode ini.


1. Proses Panjang dan Melelahkan

Metode canvassing dilakukan melalui tiga kegiatan, yaitu penawaran, distribusi, dan penjualan. Mengingat semua kegiatan tersebut harus dilakukan secara langsung kepada pembeli. Perusahaan harus bisa memastikan proses berjalan baik agar tidak jadi sia-sia dan hanya memakan waktu dan tenaga saja.


2. Pembekakan Biaya Operasional

Canvassing menggunakan lebih banyak biaya operasional karena proses yang komprehensif. Selain itu, perusahaan juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk para canvasser yang terjun langsung.


3. Tingkat Keberhasilan Rendah

Kekurangan lainnya dari canvassing adalah rendahnya tingkat kesuksesan yang mampu dihasilkan. Canvasser mungkin bisa saja menghubungi ataupun mengunjungi puluhan calon pelanggan, namun walau sudah melakukan secara maksimal belum tentu ada calon pelanggan yang tertarik.

Metode canvassing ini adalah salah satu dari banyak metode penjualan yang perlu kamu ketahui. Tentunya ini akan sangat membantu kamu dalam pekerjaan sebagai seorang sales. Kamu bisa menerapkan metode ini di kantor mu atau bisa juga di kantor barumu. 


Jika kamu mencari peluang baru untuk karirmu, coba temukan di aplikasi KitaLulus. Di sana ada banyak posisi marketing dan sales yang bisa kamu lamar. Untuk tiap lowongan sudah terverifikasi jadi dijamin aman 100%. Yuk, download langsung aplikasinya di Play Store.


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!